Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Normalisasi. Pengertian “Proses pengelompokkan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya” “proses pengelompokkan atribut-atribut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Normalisasi. Pengertian “Proses pengelompokkan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya” “proses pengelompokkan atribut-atribut."— Transcript presentasi:

1 Normalisasi

2 Pengertian “Proses pengelompokkan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya” “proses pengelompokkan atribut-atribut dari suatu relasi sehingga membentuk struktur relasi yang baik (jumlah kerangkapan datanya sedikit, memberikan kemungkinan user melakukan INSERT, DELETE dan MODIFY terhadap baris-baris data dan tidak terjadi inkonsisitensi data)”

3 Contoh: KodemuridkodePelajaranBiaya 12013NP NP NP NP NP NP Tabel Kursus : Ketentuan: 1. Setiap siswa hanya boleh mengambil satu pelajaran. 2. Setiap pelajaran mempunyai uang kursus yang standar tidak tergantung pada siswa yang mengambil pelajaran tersebut.

4 Dari tabel kursus diperoleh: Akan ditemukan redudansi pada datanya, dimana biaya kursus selalu berulang pada setiap siswa. Besar terjadi error atau inkonsistensi data, bila dilakukan update pada data tersebut akan terjadi anomali.

5 Anomali Merupakan penyimpangan-penyimpangan atau error atau inkonsistensi data yang terjadi pada saat tabel dilakukan insert, delete atau update. Anomali ada 3 macam: 1.Insertion Anomali: error terjadi akubat operasi insert record/tupel pada tabel. Contoh: ada pelajaran baru misal NP-700 yang diajarkan. Mata pelajaran tersebut tidak dapat di insert ke tabel sampai ada siswa mengambil pelajaran tersebut.

6 Hasil Insertion Tabel KodemuridkodePelajaranBiaya 12013NP NP NP NP NP NP NP-700

7 2. Delettion Anomali: error akibat operasi delete record/tupel pada tabel. Contoh: siswa memutuskan batal ikut kursus NP-500 karena murid satu-satunya pada pelajaran itu. Bila record dihapus maka akan berakibat hilangnya informasi bahwa NP- 500 biayanya 300.

8 Hasil Delete Tabel KodemuridkodePelajaranBiaya 12013NP NP NP NP NP NP-700

9 3. Update anomali: error akibat operasi update record/tupel pada tabel kursus. Contoh: biaya kursus untuk pelajaran NP-200 dinaikkan menjadi 175 maka harus beberapa kali dilakukan update terhadap record- record/tupel-tupel yang mengambil mata pelajaran tersebut agar tetap konsisten. Bagaimana jika recordnya ratusan ?

10 KodemuridkodePelajaranBiaya 12013NP NP NP NP NP Hasil Update Tabel

11 Tahap dalam Normalisasi 1.Normal Pertama (1 Normal Form ) Aturan: -Mendefinisikan atribut kunci -Tidak ada atribut mempunyai nilai berulang -Tidak mempunyai baris rangkap/sertiap kolom hanya mempunyai nilai tunggal -Semua atribut bukan kunci tergantung pada atribut kunci

12 KodemuridNama 12013Samsul 12007Momok 12045Gangnam 12077Tejo 12011Suwani 12080Nunung Hasil Update Tabel kodePelajaranBiaya NP NP NP Tabel Siswa : 2. Tabel Pelajaran: KodemuridkodePelajaranBiaya 12013NP NP NP NP NP Tabel Detail Kursus:

13 Tabel-tabel di atas sudah dalam bentuk Normal, tidak usah dilanjutkan ke bentuk normal kedua.

14 2. Normal Kedua (2 Normal Form) Aturan: 1.Sudah memenuhi bentuk normal pertama 2.Tidak ada ketergantungan parsial (dimana seluruh field hanya tergantung pada sebagian field kunci)

15 Contoh: Atribut jenjang dikatakan tergantung fungsional terhadap atribut Progdi dengan konsekuensi bahwa Progdi SI da TI hanya untuk mahasiswa S1 dan MI untuk mahasiswa D3 Nama AwalNama AkhirProgdiJenjang TotokLemabangSIS1 WawanLemabangTIS1 YuyukSekipSIS1 JokoPakjoMID3 JokoPlajuTIS1

16 Penjelasan Tabel di atas memiliki composite key yaitu nama_awal dan nama_akhir dan atribut jenjang tergantung fungsional pada composite key tersebut. Jika jenjang tergantung pada nama_awal atau nama_akhir akan ada nilai sama. Tetapi jika tergantung keduanya (nama_awal dan nama_akhir) maka nilainya unik. Untuk itu ditambahkan atribut NPM pada tabel sehingga tabel hanya mempunyai atribut tunggal(non-composite key).

17 Hasil Normal ke Dua NPMNama AwalNama AkhirProgdiJenjang TotokLemabangSIS WawanLemabangTIS YuyukSekipSIS JokoPakjoMID JokoPlajuTIS1


Download ppt "Normalisasi. Pengertian “Proses pengelompokkan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya” “proses pengelompokkan atribut-atribut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google