Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Sistem dan Sistem Informasi Pertemuan ke-4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Sistem dan Sistem Informasi Pertemuan ke-4."— Transcript presentasi:

1 Konsep Sistem dan Sistem Informasi Pertemuan ke-4

2 Definisi Sistem Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang saling terintegrasi membentuk satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Model umum sebuah sistem terdiri dari masukan, pengolah, dan keluaran. Masukan 1 Masukan 2 Keluaran 2 Keluaran 1 Keluaran n Masukan n Pengolah

3 Klasifikasi Sistem Kemampuan mengendalikan operasi : 1. Closed Loop System (Sistem Tertentu) 2. Open Loop System (Sistem Tak Tentu) Hubungan dengan lingkungan luar : 1. Closed System 2. Open System Wujud: 1. Sistem Fisik 2. Sistem Konseptual

4 Cont. 1. Sistem berdasarkan kemampuan mengendalikan operasinya sendiri:  Closed-Loop System: sistem yang dapat mengendalikan operasinya sendiri.

5 Cont.  sumberdaya input diubah menjadi sumberdaya output melalui elemen transformasi  mekanisme kontrol memantau proses transformasi untuk meyakinkan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya  mekanisme kontrol dihubungkan pada arus sumberdaya memakai lingkaran umpan balik (feedback loop) yang mendapatkan informasi dari output sistem dan meyediakan informasi bagi mekanisme kontrol.

6 Cont  mekanisme kontrol membandingkan sinyal-sinyal umpan balik dengan tujuan dan mengarahkan sinyal pada elemen input jika sistem operasi perlu diubah.  sistem dengan 3 elemen kontrol : Tujuan, Mekanisme kontrol dan Lingkaran umpan balik disebut Clossed Loop System (Sistem Lingkaran Tertutup)  contoh : pada perusahaan manufaktur, sumberdaya input adalah bahan mentah, yang diubah menjadi barang jadi atau jasa melalui proses manufaktur. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan, tujuannya adalah sasaran-sasaran yang ingin dicapai perusahaan dan lingkaran umpan baliknya adalah arus informasi kepada manjaemen maupun dari manajemen.

7 Cont.  Open-Loop System: sistem yang tidak dapat mengendalikan operasinya sendiri. sistem ini tidak memiliki mekanisme kontrol, lingkaran umpan balik dan tujuan contoh : lampu pijar, begitu dihidupkan akan menyala hingga lampu tersebut dimatikan.

8 Cont. 2. Sistem berdasarkan hubungannya dengan lingkungan luar  Sistem terbuka (open system): sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya. Contoh : sebuah sistem pemanas mendapatkan input-nya dari perusahaan listrik dan menyediakan panasnya bagi gedung atau ruangan yang dipanasinya.

9 Cont.  Sistem Tertutup (Clossed system) : sistem yang tidak dihubungakan dengan lingkungannya. Contoh : situasi laboratorium yang dikontrol sangat ketat. 3. Sistem berdasarkan keterwujudannya  Sistem Fisik : sistem yang terdiri dari sumberdaya- sumberdaya fisik. Sistem fisik umumnya adalah citra mental dari pikiran manajer, berupa angka atau tulisan pada selembar kertas atau dalam bentuk elektronik yang disimpan di media penyimpanan komputer.  Sistem Konseptual : sistem yang menggunakan sumberdaya konseptual - informasi dan data - untuk mewakili suatu sistem fisik.

10 Cont. Komputer adalah suatu sistem fisik, tetapi data dan informasi yang disimpan di dalamnya dapat dipandang sebagai suatu sistem konseptual. Sistem fisik penting karena keberadaannya dan sistem konseptual penting karena penggambarannya atas sistem fisik.

11 Subsistem & Supersistem Subsistem : Bagian dari sistem (sistem dalam sistem) Contoh : Mobil adalah suatu subsistem dengan sistem-sistem bawahan : sistem mesin, sistem rangka mobil,dll. Masing-masing sistem ini terdiri dari sistem tingkat yang lebih rendah lagi. Misalnya, sistem mesin adalah kombinasi dari sistem karburator, sistem generator, sistem bahan bakar, dst. Sistem-sistem ini dapat dibagi lagi menjadi sistem tingkat yang lebih rendah atau bagian-bagian elemen.

12 Cont. Supersistem : Sistem yang lebih besar Contoh : pemerintahan kota adalah sistem tetapi bagian dari sistem propinsi. Sistem propinsis adalah bagian dari sistem pemerintahan nasional (supersistem).

13 MANUSIA SEBAGAI PENGOLAH INFORMASI

14 14 Spesialis Informasi : Analis Sistem : bekerja sama dengan pemakai mengembangkan sistem dan memperbaiki sistem yang ada

15 15 Pengelola Database : bekerja sama dengan pemakai dan analis sistem menciptakan basis data yang berisi data yang diperlukan untuik menghasilkan informasi bagi pemakai. Spesialis jaringan : bekerja sama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan Programmer : menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode instruksi-instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai. Operator : mengoperasikan peralatan komputer.

16 16 Rantai Komunikasi End-User Computing :


Download ppt "Konsep Sistem dan Sistem Informasi Pertemuan ke-4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google