Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 ADA KESEPAKATAN BERSAMA DI PZU DI KOTA BOGOR TENTANG BESARAN ZAKAT FITRAH UNTUK SETIAP JIWA.  BILA ZAKAT FITRAH DENGAN UANG, MAKA BESARAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " ADA KESEPAKATAN BERSAMA DI PZU DI KOTA BOGOR TENTANG BESARAN ZAKAT FITRAH UNTUK SETIAP JIWA.  BILA ZAKAT FITRAH DENGAN UANG, MAKA BESARAN."— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10  ADA KESEPAKATAN BERSAMA DI PZU DI KOTA BOGOR TENTANG BESARAN ZAKAT FITRAH UNTUK SETIAP JIWA.  BILA ZAKAT FITRAH DENGAN UANG, MAKA BESARAN ZAKAT FITRAH SESUAI DENGAN HARGA BERAS YANG BIASA DIMAKAN.  BESARANNYA RATA-RATA RP ,-/JIWA (?)  PALING RENDAH ATAU PALING BESAR DIKEMBALIKAN LAGI KEPADA KEBIASAAN HARGA BERAS YANG BIASA DI MAKAN.

11  BESAR BAGIAN ZAKAT FITRAH YANG DITERIMA UNTUK SETIAP JIWA DARI KELUARGA FAKIR MISKIN DIUSAHAKAN SAMA DI LINGKUP KERJA PZU UNIT.  PERBEDAAN TERJADI KARENA BEBAN KELUARGA FAKIR MISKIN (ADA 1 JIWA, 2 JIWA, 3 JIWA DST).  MISAL : UNTUK 1 JIWA MEMPEROLEH BAGIAN ZAKAT FITRAH SEBESAR RP ,-. APABILA KELUARGA FAKIR MISKIN ADA 1 ORANG AKAN MENDAPAT RP ,- DAN KALAU 2 ORANG, AKAN DAPAT RP ,- DST.

12  ZAKAT FITRAH DIKELOLA OLEH PZU UNIT.  KEGIATAN PENGHIMPUNAN DIMULAI PADA PERTENGAHAN RAMADHAN SAMPAI MALAM IDUL FITRI JAM WIB.  UNTUK MENGHIMPUN ZAKAT DITINGKAT JAMA’AH PZU MEMBERDAYAKAN PIMPINAN JAMA’AH SEBAGAI KEPANJANGAN TANGAN DARI PZU UNIT MELALUI SURAT KEPUTUSAN DAN ATAU MENUGASKAN TASYKIL PZU UNIT YANG BERDOMISILI DI JAMA’AH YBS.  PIMPINAN JAMA’AH ATAU TASYKIL YANG DITUGASKAN BERKEWENANGAN UNTUK MENGHIMPUN DAN MENYALURKAN ZAKAT FITRAH KE MUSTAHIQ (FAKIR MISKIN) SETELAH :

13  MENYETORKAN PEROLEHAN PENERIMAAN ZAKAT FITRAH DI JAMA’AH  MENGAJUKAN MUSTAHIQ ZAKAT FITRAH (SEBAIKNYA PENDATAAN MUSTAHIQ DILAKUKAN DENGAN MEMPERHATIKAN JUMLAH TANGGUNGAN YANG ADA DI DALAM KELUARGA, SEHINGGA DIPUTUSKAN MENDAPAT BAGIAN 1 JIWA, 2 JIWA, 3 JIWA DST)  MEMBAGIKAN ZAKAT FITRAH KE MUSTAHIQ SETELAH SHALAT SHUBUH SEBELUM SHALAT IDUL FITRI. (BAGIAN UNTUK FAKIR MISKIN SUDAH DITERIMA DARI PZU UNIT PADA PUKUL WIB DI MALAM IDUL FITRI).

14 FORMAT PENGAJUAN MUSTAHIQ ZAKAT FITRAH NO. NAMA KEPALA KELUARGA JUMLAH TANGGUNGAN (KEPALA KELUARGA DAN TANGGUNGAN) ALAMAT/JAMA’ AH 1.ADA 1 WARUNG JAMBU 2.ADI 3 WARUNG JAMBU 3.ADE 10 WARUNG JAMBU 4.ADU 2 WARUNG JAMBU 5.ADO 4 WARUNG JAMBU JUMLAH SELURUH 20

15 DAFTAR PENERIMAAN ZAKAT FITRAH OLEH MUSTAHIQ JAMA’AH : WARUNG JAMBU NO. NAMA KEPALA KELUARGA JUMLAH TANGGUNGAN (KEPALA KELUARGA DAN TANGGUNGAN) BESAR UANG (RP) TANDA TANGAN 1.ADA ,- 1. ……………. 2.ADI ,- 2. ………….. 3.ADE ,- 3. ……………. 4.ADU ,- 4. ………….. 5.ADO ,- 5. ……………. JUMLAH SELURUH ,-

16  PZU UNIT MEMPERSIAPKAN PROGRAM PENGOLAHAN SEDERHANA DARI EXCEL UNTUK MEMUDAHKAN DALAM PENGHITUNGAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT DAN PELAPORAN KE JAM’IYYAH MAUPUN KE PZU.  MEMBUAT KEPUTUSAN BESAR BAGIAN YANG DAPAT DITERIMA OLEH FAKIR MISKIN (SUPAYA TIDAK LARUT MALAM, MAKA KEPUTUSAN SUDAH DIAMBIL PADA PUKUL WIB DI MALAM IDUL FITRI).

17  APABILA TELAH DIPUTUSKAN, KEMUDIAN DATANG LAGI MUZAKI UNTUK MENYERAHKAN ZAKAT FITRAH, MAKA ZAKAT FITRAH TSB DIDISTRIBUSIKAN KE ASNAF YANG LAIN.  UNTUK ANTISIPASI, SEBAIKNYA DILAKUKAN JEMPUT BOLA KE PARA MUZAKI (TERUTAMA KE MUZAKI YANG BIASA MENYERAHKAN DI ATAS PUKUL WIB).  PEMBULATAN UANG UNTUK FAKIR MISKIN DIBULATKAN KE ATAS

18  PZU PERWAKILAN BERUSAHA MELAKUKAN KEGIATAN KONSULTASI, KOMUNIKASI DAN MEMFASILITASI KELANCARAN KEGIATAN DI PZU UNIT.  PZU PERWAKILAN MENDAPAT TUGAS UNTUK MENERIMA TITIPAN ZAKAT UNTUK BAGIAN JAM’IYYAH ATAU PZU DARI PZU UNIT.  PZU PERWAKILAN MENUGASKAN TASYKILNYA UNTUK BERADA DI PZU UNIT UNTUK MELAKSANAKAN FUNGSI DI ATAS.

19  SEBAIKNYA DI PZU PERWAKILAN MAUPUN DI PZU UNIT MEMILIKI REKENING DI BANK SYARIAH DENGAN DITANDATANGANI OLEH KETUA DAN DIVISI ADMINISTRASI & KEUANGAN ATAU OLEH KETUA NAMUN BUKU TABUNGAN DISIMPAN DI DIVISI ADMINISTRASI & KEUANGAN.  MEMILIKI KARTU ATM UNTUK MEMUDAHKAN DALAM TRANSFER UANG TERUTAMA UNTUK LAPORAN KE PZU PUSAT.  LAPORAN ZAKAT KE PZU SEBAIKNYA SUDAH DITERIMA PADA WAKTU SERAH TERIMA KE PZU PERWAKILAN, AGAR SEGERA DILAPORKAN KE PZU PUSAT MELALUI EMAL KE

20  UNTUK MEMUDAHKAN PEMBAGIAN UANG KE MUSTAHIQ, SEBAIKNYA MELAKUKAN PENUKARAN UANG RECEHAN RP ,- RP 5.000,- RP 1.000,-, RP 500,-, RP 100.  AMPLOP SUDAH DISIAPKAN DAN DIBERI NAMA.  PROGRAM PERHITUNGAN SUDAH DI SIMULASIKAN.  PENGAJUANMUSTAHIQ SUDAH DIBUAT DAN DIAJUKAN KE PZU UNIT.  LAIN-LAIN DI SIAPKAN.

21  PZU UNIT MENGHIMPUN ZIS DI WILAYAH KERJA PIMPINAN CABANGNYA.  ZIS DARI MUZAKI YANG BIASA DIHIMPUN OLEH PZU UNIT TIDAK BOLEH DIMINTAI LAGI OLEH PZU PERWAKILAN.  PZU PERWAKILAN BERKEWAJIBAN UNTUK MENCARI MUZAKI BARU DI KOTA BOGOR YANG BELUM TERSENTUH OLEH PZU UNIT.  ……………. ?

22

23

24

25  TERIMA KASIH


Download ppt " ADA KESEPAKATAN BERSAMA DI PZU DI KOTA BOGOR TENTANG BESARAN ZAKAT FITRAH UNTUK SETIAP JIWA.  BILA ZAKAT FITRAH DENGAN UANG, MAKA BESARAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google