Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR SISTEM OPERASI Oleh : Agus Triwidiyanto, S.T STIKOM POLTEK CIREBON.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR SISTEM OPERASI Oleh : Agus Triwidiyanto, S.T STIKOM POLTEK CIREBON."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR SISTEM OPERASI Oleh : Agus Triwidiyanto, S.T STIKOM POLTEK CIREBON

2 Biodata Nama : Agus Triwidiyanto, S.T Alamat : Jl.Jend.A.Yani Kompleks Progasi Kav1. No.22 Telp/Hp : / TTL : Cirebon, 22 Agustus 1978 Status: Menikah Website:

3 DEFINISI Apa sistem operasi ? Kenapa dalam sebuah komputer membutuhkan sistem operasi ? Apa saja jenis sistem operasi pada komputer ?

4 DEFINISI Sistem Operasi atau Operating System (OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem komputer.

5 DEFINISI OS harus diinstalkan pada komputer karena untuk memfasilitasi aplikasi lain pada komputer tersebut. OS harus diinstalkan pada komputer karena bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer (brainware) dengan perangkat keras (hardware).

6 Keterkaitan Sistem Operasi

7 Karena itu, sistem operasi harus memilki kemampuan untuk bertindak sebagai : Coordinator, yaitu menyediakan fasilitas sehingga instruksi yang kompleks dapat dikerjakan dalam tingkatan tertentu. Guardian, memiliki access controls untuk melindungi file dan mengadakan restriksi terhadap reading/writing/executing data dan program Gatekeeper, mengendalikan siapa saja yang dapat masuk ke dalam sistem momputer tersebut Accountant, menjaga kerja CPU, penggunaan memory, termasuk media penyimpan (storage devices) Server, melayani aplikasi yang dibutuhkan oleh user

8 DEFINISI DOS (Disk Operating System) Windows (OS GUI base) Unix / Linux (OS Text base)

9 TUJUAN Menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer. Menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (convenient). Memanfaatkan perangkat keras computer yang terbatas secara efisien (resource manager).

10 PROSES Setiap OS memiliki sketsa dasar partisi (pembentukan arsitektur track/sector) pada harddisk berupa system file, yaitu : FAT (File Alocation Table) NTFS (New Technology File System) EXT (Extended)

11 PROSES Pada saat sebuah komputer dinyalakan terjadi proses berikut ini: Sistem BIOS akan membaca semua periperal yang ada pada komputer kita. Jika terjadi error maka BIOS akan melaporkannya kepada kita dengan mengeluarkan suara-suara ‘beep’ yang masing- masing bunyi yang terjadi memiliki arti masing-masing. Jika tidak ada error maka BIOS akan melanjutkan proses dan membaca harddisk pada sector 0 (sektor awal) yang berisi sistem operasi. Jika BIOS menemukan sistem operasi terinstall pada harddisk tersebut maka BIOS akan melemparkan tugas selanjutnya kepada sistem operasi yang ada. Oleh sistem informasi, semua informasi yang dikirim oleh BIOS akan digunakan untuk melakukan booting selanjutnya sehingga akhirnya sistem komputer kita dapat menyala dengan benar.

12 DOS OS berbasis text murni Perintah ditulis menggunakan command line Dalam generasinya, dikelompokkan berdasarakan versi pembuatan Generasi berikutnya dibuat berdasarkan kelemahan (bug) generasi sebelumnya Memiliki sedikit source memory Misalnya, DOS 3.0, DOS 6.0, etc

13 DOS Dalam pengoperasian DOS terdapat Command-command atau perintah yang dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu: Internal Command Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com External Command Perintah yang membutuhkan file-file khusus.

14 DOS Bagaimana File dan Folder diorganisasikan? Dipindah, dikopi/salin, dihapus, dibuat baru. Perintah : copy, del, move WILDCHAR Wildchar adalah karakter-karakter khusus pada DOS yang memiliki arti khusus. Beberapa karakter Wildchar: *: artinya semua karakter apapun termasuk spasi sebanyak tak terhingga. : artinya karakter titik (.) ? : artinya sembarang karakter sebanyak satu

15 WINDOWS OS berbasis GUI (Grafical User Interface) Perintah berupa ikon-ikon yang terpasang pada desktop dalam bentuk shortcut Dalam generasinya, dikelompokkan berdasarakan model pengembangan fitur desktop dan versi pembuatan Generasi berikutnya dibuat berdasarkan kelemahan (bug) generasi sebelumnya Memiliki banyak source memory Misalnya, Windows 98, Win XP, Win Vista, etc

16 WINDOWS Windows adalah SO yang lebih baru, lebih bagus, dan berbasis GUI. Windows terkenal dengan sistem Desktopnya. - Wallpaper - Start Menu - Quick Lauch - Icon - Taskbar - System Tray Beberapa istilah : Folder, Window, Operasi Setting Windows ada di Control Panel Utility Windows : Find, Backup, Defrag, Accessories, etc

17 LINUX OS berbasis Text dan GUI Perintah berupa command line dan ikon-ikon yang terpasang pada desktop dalam bentuk shortcut Dalam generasinya, dikelompokkan berdasarakan model pengembangan fitur desktop dan versi pembuatan Generasi berikutnya dibuat berdasarkan kelemahan (bug) generasi sebelumnya serta berdasarkan fungsi utama penggunaan OS tersebut Memiliki source memory yang dapat diatur sesuai kebutuhan Misalnya, RedHat, Mandrake, Debian, etc Jenis Unix lainnya, misalnya FreeBSD, Ubuntu, etc


Download ppt "PENGANTAR SISTEM OPERASI Oleh : Agus Triwidiyanto, S.T STIKOM POLTEK CIREBON."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google