Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Indifference Curve & Budget Line Pertemuan 5. Garis Anggaran Berbagai kemungkinan kombinasi konsumsi yang dapat diperoleh konsumen dengan pendapatannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Indifference Curve & Budget Line Pertemuan 5. Garis Anggaran Berbagai kemungkinan kombinasi konsumsi yang dapat diperoleh konsumen dengan pendapatannya."— Transcript presentasi:

1 Indifference Curve & Budget Line Pertemuan 5

2 Garis Anggaran Berbagai kemungkinan kombinasi konsumsi yang dapat diperoleh konsumen dengan pendapatannya.

3 Kemungkinan-kemungkinan Konsumen

4 Garis Anggaran Konsumen u Berbagai titik pada garis kendala anggaran mengindikasikan kombinasi konsumen atau trade-off antara dua barang. u Contoh, jika konsumen tidak membeli pizza, dia dapat membeli 500 kaleng Pepsi (titik B). Jika dia tidak membeli Pepsi, dia dapat membeli 100 pizza (titik A).

5 Garis Anggaran Konsumen... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 Kendala Anggaran Konsumen 500 B 100 A

6 Garis Anggaran Konsumen u Alternatif lain, konsumen dapat membeli 50 pizza dan 250 kaleng Pepsi.

7 Garis Anggaran Konsumen... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi B C A Kendala Anggaran Konsumen

8 Garis Anggaran Konsumen u Kemiringan kendala anggaran tersebut sama dengan harga relatif dari dua barang yang bersangkutan. Artinya, harga suatu barang yang dinyatakan dalam satuan barang yang lain. u Oleh sebab itu konsumen akan menukarkan satu barang dengan barang yang lain.

9 Preferensi: Apa yang Di Inginkan Konsumen Pilihan konsumen diantara sejumlah konsumsi akan dijelaskan melalui kurva indiferen.

10 Pengungkapan Preferensi Melalui Kurva Indiferen Kurva indiferen memperlihatkan berbagai kemungkinan kombinasi yang memberikan tingkat kepuasan yang sama.

11 Preferensi Konsumen... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 C B A Indifference curve, I 1 D I2I2

12 u Konsumen akan memperoleh kepuasan yang sama kalau ia menikmati beberapa kombinasi konsumsi yang dilambangkan masing-masing oleh titik A, titik B, dan titik C, karena semua titik tersebut berada pada kurva indiferen yang sama Preferensi Konsumen

13 Tingkat Substitusi Marjinal u Besarnya kemiringan di setiap titik pada sebuah kurva indiferen disebut marginal rate of substitution. u Yaitu, tingkatan sejauh mana konsumen bersedia menukarkan suatu barang dengan barang yang lain. u Yaitu tingkatan yang mana konsumen mau menukarkan suatu barang dengan barang lain ditentukan oleh jumlah barang yang sesungguhnya ia konsumsi.

14 Preferensi Konsumen... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 C B A D Indifference curve, I 1 I2I2 1 MRS

15 Empat Sifat Kurva Indiferen ¶ Kurva indiferen yang lebih tinggi lebih disukai daripada yang rendah. · Kurva indiferen melengkung ke bawah. ¸ Kurva-kurva indiferen tidak saling berpotongan. ¹ Kurva-kurva indiferen menghadap ke dalam.

16 Sifat 1: Kurva Indiferen yang lebih tinggi lebih disukai daripada yang rendah u Konsumen biasanya akan lebih suka jika dapat mengkonsumsi barang apa saja dalam jumlah lebih banyak. u Kurva indiferen yang lebih tinggi melambangkan ketersediaan barang lebih banyak daripada kurva indiferen yang berada di bawahnya.

17 Sifat 1: Kurva Indiferen yang lebih tinggi lebih disukai daripada yang rendah Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 C B A D Indifference curve, I 1 I2I2

18 Sifat 2: Kurva Indiferen Melengkung Ke Bawah u Konsumen bersedia menukarkan suatu barang dengan barang lain untuk memperoleh kepuasan yang sama. u Jika jumlah satu barang dikurangi, maka jumlah barang yang lain harus ditambah. u Untuk alasan ini, kurva indiferen selalu melengkung ke bawah.

19 Sifat 2: Kurva Indiferen Melengkung Ke Bawah Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 Indifference curve, I 1

20 Sifat 3: Kurva-kurva Indiferen Tidak Saling Berpotongan u Titik A dan B harus memberikan kepuasan yang sama bagi konsumen. u Titik B dan C harus memberikan kepuasan yang sama bagi konsumen. u Ini berarti Titik A dan C harus memberikan kepuasan yang sama bagi konsumen. u Tapi titik C mengandung lebih banyak barang daripada titik A.

21 Sifat 3: Kurva-kurva Indiferen Tidak Saling Berpotongan Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 C A B

22 Sifat 4: Kurva-kurva Indiferen Menghadap ke Dalam u Seseorang biasanya lebih bersedia menukarkan suatu barang yang mereka miliki dalam jumlah yang melimpah dan akan lebih enggan melepas barang yang mereka miliki dalam jumlah terbatas. u Karena alasan inilah kurva indiferen menghadap ke dalam.

23 1 MRS = Indifference curve A Sifat 4: Kurva-kurva Indiferen Menghadap ke Dalam Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi B 1 MRS = 6 4 6

24 Dua Contoh Ekstrem Kurva Indiferen u Substitusi Sempurna u Komplemen Sempurna

25 Substitusi Sempurna u Dua (pasangan) barang yang memiliki kurva indiferen berbentuk garis lurus disebut substitusi sempurna. u Tingkat substitusi marjinalnya konstan atau tetap.

26 Subtitusi Sempurna Rp Rp I1I1 I2I2 6 3 I3I3

27 Komplemen Sempurna Dua pasangan barang yang memiliki kurva indiferen berbentuk kemiringan siku- siku.

28 Komplemen Sempurna Sepatu kanan0 Sepatu Kiri I1I1 I2I2

29 Optimisasi: Apa yang Dipilih Konsumen u Konsumen akan memilih konsumsi barang yang terletak pada kurva indiferen tertinggi. u Konsumen juga harus memperhatikan kendala anggarannya yang merupakan batas sumberdaya total yang dimiliki.

30 Optimisasi: Apa yang Dipilih Konsumen u Kombinasi kurva indiferen dan kendalan anggaran menentukan pilihan konsumen yang optimum. u Kepuasan konsumen yang optimum terjadi pada titik persinggungan antara kurva indiferen dan kendalan anggaran yang tertinggi.

31 Pilihan Optimal Konsumen Konsumen memilih kombinasi dua barang yang mana tingkat substitusi marjinalnya sama dengan harga relatif.

32 Pilihan Optimal Konsumen... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 I1I1 I2I2 I3I3 Kendala Anggaran A B Optimum

33 Pengaruh Perubahan Pendapatan Terhadap Pilihan Konsumen u Ketika pendapatan bertambah, kendala anggaran akan bergeser ke atas. u Konsumen dapat memilih kombinasi barang yang lebih baik dari kurva indiferen yang tertinggi.

34 Kenaikan Pendapatan... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 I1I1 I2I2 2. …sehingga meningkatkan konsumsi pizza… 3. …dan juga konsumsi pepsi. Titik Optimum Awal Kendala Anggaran Baru 1.Kenaikan pendapatan menggeser Garis kendala anggaran ke atas… Kendala Anggaran Awal Titik Optimum Baru

35 Barang Normal versus Barang Inferior u Jenis barang yang permintaannya akan meningkat kalau pendapatan konsumen bertambah disebut barang normal. u Jenis barang yang permintaannya akan turun kalau pendapatan konsumen bertambah disebut barang inferior.

36 Kendala Anggaran baru 1. Ketika kenaikan pendapatan, menggeser garis kendala ke atas... Barang Inferior... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 Titik Optimum Awal I1I1 Titik Optimum Baru I2I Menyebabkan peningkatan Konsumsi pizza, maka pizza adalah barang normal Tapi konsumsi pepsi turun (inferior). Kendala Anggaran Awal

37 Pengaruh Perubahan Harga Terhadap Pilihan Konsumen Ketika harga turun, kendala anggaran konsumen akan bergeser ke atas dan besaran kemiringan mengalami perubahan.

38 Perubahan Harga... Kuantitas Pizza 100 Kuantitas Pepsi 1, I1I1 Kendala Anggaran baru 3. …dan menaikkan konsumsi pepsi. Kendala Anggaran Awal 2. …pengurangan konsumsi pizza… 1. Penurunan harga pepsi memutar garis kendala anggaran ke atas… Titik Optimum Baru I2I2

39 Efek pendapatan dan Substitusi u Perubahan harga mempunyai 2 pengaruh terhadap konsumsi. u Efek Pendapatan u Efek Substitusi

40 Efek Pendapatan Efek Pendapatan adalah perubahan konsumsi karena adanya perubahan harga menyebabkan pergerakan kurva indiferen ke atas atau ke bawah

41 Efek Substitusi Efek Substitusi adalah perubahan konsumsi karena adanya perubahan harga yang menggerakkan konsumen sepanjang kurva indiferen tersebut dengan tingkat substitusi marjinal yang baru.

42 Efek Pendapatan dan Substitusi... Kuantitas Pizza Kuantitas Pepsi 0 A Titik Optimum Awal I1I1 Kendala Anggaran baru Kendala Anggaran Awal I2I2 CTitik Optimum Baru Income effect Substitution effect B


Download ppt "Indifference Curve & Budget Line Pertemuan 5. Garis Anggaran Berbagai kemungkinan kombinasi konsumsi yang dapat diperoleh konsumen dengan pendapatannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google