Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembekalan Quality Assurance (Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan) Desain Program Berdasarkan Pedoman Workshop Sistem Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembekalan Quality Assurance (Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan) Desain Program Berdasarkan Pedoman Workshop Sistem Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan."— Transcript presentasi:

1 Pembekalan Quality Assurance (Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan) Desain Program Berdasarkan Pedoman Workshop Sistem Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan dari Direktorat Bindiklat Ditjen PMPTK dan Diklat QA di Makassar

2 Tugas pokok dan fungsi LPMP: Membantu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dalam melakukan upaya penjaminan mutu pendidikan. Ditjen PMPTK dan Ditjen Mandikdasmen: Telah merumuskan Sistem Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (SPPMP) atau Educational Quality Assurance and Improvement System (EQAIS) sebagai acuan nasional instansi terkait, termasuk LPMP dalam melakukan penjaminan mutu pendidikan. Saat ini SPPMP masih perlu disosialisasikan dan sejalan dengan itu LPMP sesuai dengan tupoksinya perlu mensosialisasikan SPPMP kepada pemangku kepentingan agar SPPMP dapat dipahami oleh setiap pemangku kepentingan yang selanjutnya dapat mengimplementasikan sesuai perannya dan muaranya dapat meningkatkan mutu pendidikan. LATAR BELAKANG LPMP diharapkan dapat memanfaatkan widyaiswara dan staf untuk memberikan keahlian dan dukungan kepada Dinas Kota/Kabupaten dalam mengimplementasikan SP2MP di tingkat Kota/Kabupaten.

3 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 7 Tahun 2007 tentang Tata Laksana dan Organisasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 50 Tahun 2007 tentang Kewenangan Daerah Dalam Pengelolaan Pendidikan. Dasar Hukum Tujuan 1. Memberikan Pemahaman tentang Sistem Penjaminan dan peningkatan Mutu Pendidikan beserta komponennnya kepada pemangku kepentingan pendidikan tingkat propinsi dan kabupaten/kota. 2. Merancang strategi sosialisasi di instansinya masing-masing. 3. Mengembangkan kapasitas dinas pendidikan dalam melakukan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di daerahnya masing-masing.

4 Waktu dan Tempat: Bulan Juni 2009, selama 5 hari (estimasi tanggal 22 s/d 26 Juni 2009). Bertempat di LPMP Propinsi Sulawesi Tenggara Peserta: 6 orang per Kabupaten/Kota, terdiri atas 2 orang Kepala seksi dan 4 orang Pengawas (Jumlah total peserta 72 orang) Fasilitator/Narasumber: 2 orang Narasumber Pusat 5 orang Fasilitator LPMP Pengarah: Kepala LPMP Propinsi Sulawesi Tenggara Penanggung Jawab: Kepala Seksi PMS LPMP Propinsi Sulawesi Tenggara Panitia: 5 orang Staf LPMP Propinsi Sultra

5 Pembahasan SPPMP dalam masing-masing komponen/sub materi silabi mencakup siklus pengumpulan dan pemetaan data, analisis data, rumusan program perbaikan/peningkatan mutu, pelaksanaan program, pendataan/ evaluasi pelaksanaan program perbaikan kembali mengacu pada pola PDCA dan continuous quality improvement yang dapat menumbuhkan peningkatan mutu yang berkelanjutan. Struktur Program (sesuai Pedoman Bindiklat)

6 Substansi materi alternatif/tambahan: Pengembangan Kapasitas Internal Dinas Pendidikan/Pengawas terkait QC, QA, QI, dan CB, diadopsi dari hasil diklat putaran 1 & 2 di Makassar Bisa disisipkan pada materi Pembahasan Sistem SPPMP

7 Siklus Pembahasan SPPMP Delapan Standar Nasional Pendidikan dan Isu Lokal Pegembangan atau pemilihan instrumen pengumpulan data Identifikasi pencapaian & aspek pengembangan Pengembangan dan implementasi program peningkatan mutu Monitor dan kajian hasil pelaksanaan program peningkatan Perencanaan dan Implementasi Program Laporan temuan Rancangan Penjaminan Mutu & Monitoring Program Pengumpulan & pencatatan data Verifikasi (internal & eksternal) dan analisa data Penggunaan siklus penjaminan mutu untuk mengevaluasi mutu dan keefektifan kinerja kabupaten

8 Jadwal Pembekalan QA (Kondisional)

9 Strategi Pelaksanaan Workshop

10 Monitoring, Evaluasi & Pelaporan

11 Konsekuensi/Langkah yang dapat dilakukan LPMP Sultra: Permen SPPMP keluar (payung hukum) LPMP Terima Modul dan Silabi Komponen-komponen SPPMP Materi dalam modul (komponen-komponen SPPMP) dikaji dan dikembangkan sendiri oleh Tim QA dan LM LPMP Sultra, padukan/sesuaikan dengan substansi pengembangan kapasitas internal LPMP (hasil diklat 1 &2 Makassar) Rancangan final materi QA eksternal Pelaksanaan Pembekalan QA Mei 2009 Juni 2009 Juli 2009 Monev Pelaksanaan SPPMP

12 P E N U T U P Sepanjang tahun 2009 dan 2010 LPMP akan mengembangkan dan mengimplementasikan proses monitoring dan evaluasi (M&E) untuk menilai mutu dan keefektifan proses, data dan temuan SP2MP. Temuan-temuan dari proses M&E ini akan dipergunakan juga untuk meriviu SP2MP dan menyempurnakan proses dan implementasinya. Dengan cara ini SP2MP juga akan menjadi sebuah sistim terpadu antara penjaminan dan peningkatan mutu berkelanjutan Workshop Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan dengan dinas pendidikan propinsi dan Kab/Kota merupakan langkah awal dari serangkaian proses dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan. Kegiatan ini sangat berguna untuk mensosialisasikan program sitem penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan LPMP di masing-masing propinsi/ kabupaten/kota.

13 Alternatif 2: 5 Hari Kegiatan 2 Hari Rakor 3 Hari Pembekalan QA

14 RAKOR Tema: Peningkatan peran Institusi dalam Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Tujuan: a.Mensosialisasikan SPPMP pada stake holder pendidikan di Sultra. b.Meningkatkan kapasitas institusi dalam melakukan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan. c.Mengkomunikasikan, membahas dan mengkoordinasikan program-program penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di setiap institusi. d.Merancang strategi sosialisasi dan pelaksanaan SPPMP di daerah masing- masing.

15 RAKOR Materi Bahasan Rakor:

16 RAKOR JADWAL RAKOR Dilanjutkan dengan 3 hari kegiatan Pembekalan QA Sesuai Jadwal……

17


Download ppt "Pembekalan Quality Assurance (Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan) Desain Program Berdasarkan Pedoman Workshop Sistem Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google