Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTERNALISASI MORAL Habibi. Nilai moral merupakan nilai-nilai yang dapat menuntun dan mengarahkan manusia pada sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTERNALISASI MORAL Habibi. Nilai moral merupakan nilai-nilai yang dapat menuntun dan mengarahkan manusia pada sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan."— Transcript presentasi:

1 INTERNALISASI MORAL Habibi

2 Nilai moral merupakan nilai-nilai yang dapat menuntun dan mengarahkan manusia pada sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. nilai moral atau budi pekerti yang berada dalam diri seseorang merupakan suatu sistem kontrol pada diri setiap individu.

3 Nilai moral berada dalam diri manusia sebagai suatu proses bertahap dan tidak berjalan seketika. Bagaimana nilai moral dapat menyatu dengan kepribadian manusia dikenal dengan proses internalisasi manusia.

4 Perilaku moral manusia juga akan menjadi perilaku yang bersifat otomatis jika terus- menerus diberikan reinforcement (penguatan). Penelitian Sears pada tahun 1951 (dalam Kurtines & Gewirtz, 1995) menunjukkan bahwa anak-anak yang berada dalam pengasuhan orang tua yang selalu memberikan hukuman fisik ternyata memiliki perilaku moral yang lebih rendah dari pada anak-anak yang selalu mendapat perlakuan hangat dan hukuman yang tidak menghukum secara fisik namun ke arah perbaikan kesalahan.

5 Teori-teori dalam psikologi perilaku ini dilengkapi oleh teori psikologi sosial yang terutama diteliti dan dikembangkan oleh Bandura dan koleganya

6 Model-model (seperti orang tua, guru, teman) yang mempraktekkan perilaku moral secara konsisten akan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan moral anak. Dengan demikian “mengajari” moral pada anak-anak memiliki dua dimensi pembelajaran yaitu melalui verbal dan juga melalui perilaku yang dicontohkan oleh para pengajar itu sendiri.

7 Secara teoritis, untuk memunculkan perilaku moral secara terus-menerus (konsisten) maka harus terjadi proses integrasi nilai moral yang ada dalam struktur kognitif ke dalam motivasi dan perasaan manusia. Nilai moral yang telah menjadi bagian (terintegrasi) dalam perasaan ini disebut dengan identitas moral (moral identity).

8 Menurut Blazi (1995) proses integrasi terbagi menjadi dua jenis yaitu integrsi alamiah dan integrasi yang ditanamkan (cultivated). Pada integrasi alamiah, nilai-nilai moral akan menjadi bagian dari identity secara otomatis karena proses yang dilakukan oleh seseorang dalam hidupnya (adaptasi terhadap kondisi luar).

9 Sedangkan integrasi yang ditanamkan akan terjadi melalui keseriusan dan kesadaran terhadap nilai-nilai moral yang diajarkan.

10 Internalisasi sebagai proses panjang masuknya nilai moral ke dalam diri seseorang, dan memunculkan perilaku moral sebenarnya dimulai dari suatu kodisi yang disebut sensitivitas moral.

11 Menurut Narvaez dan Rest (1995), perilaku moral sebenarnya memiliki empat komponen yaitu: (1) sensitivitas moral, (2) keputusan moral, (3) motif moral, dan (4) Implementasi.

12 Sensitivitas moral dalam hal ini adalah kepekaan seseorang untuk menangkap nilai moral pada semua peristiwa yang dialaminya. Perkembangan zaman dan tingginya individualisme menurut Rest (1995) membuat sensitivitas moral masyarakat menjadi semakin rendah.

13 TRIMS


Download ppt "INTERNALISASI MORAL Habibi. Nilai moral merupakan nilai-nilai yang dapat menuntun dan mengarahkan manusia pada sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google