Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUTANTO RIHATIN, 6301403089 PENGARUH LATIHAN JUMP SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN AWALAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SERVICE DALAM PERMAINAN BOLAVOLI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUTANTO RIHATIN, 6301403089 PENGARUH LATIHAN JUMP SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN AWALAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SERVICE DALAM PERMAINAN BOLAVOLI."— Transcript presentasi:

1 SUTANTO RIHATIN, PENGARUH LATIHAN JUMP SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN AWALAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SERVICE DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA KLUB PUTRA DIA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2007

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SUTANTO RIHATIN - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - riha_kudus pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. NASUKA, M.Kes. - PEMBIMBING 2 : Drs. TOHAR, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH LATIHAN JUMP SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN AWALAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SERVICE DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA KLUB PUTRA DIA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2007

4 Abstrak Permasalahan dalam skipsi ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan jump service dengan menggunakan awalan tanpa awalan terhadap kemampuan jump service dalam permainan bolavoli pada klub putra DIA kabupaten Kudus tahun ) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan jump service tanpa awalan dengan menggunakan awalan terhadap kemampuan jump service dalam permainan bolavoli dan untuk mengetahui hasil akhir yang lebih baik antara latihan jump service dengan menggunakan awalan tanpa awalan terhadap kemampuan jump service dalam permainan bolavoli. Metodologi penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola mached subyek desigen (M-S) kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda (t-test). Populasi dalam penelitian ini adalah anggota klub bolavoli putra DIA Kabupaten Kudus tahun 2007 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling, karena penelitian ini menggunakan semua atlet bolavoli putra DIA Kudus, kemudian diberikan pre-tes dan hasilnya di rangking dan dipasangkan dengan metode A-BB- A sehingga diperoleh kedua kelompok yang seimbang. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu latihan jump service tanpa awalan dan latihan jump service dengan menggunakan awalan sebagai variabel bebas sedangkan hasil jump service sebagai variabel terikat. Dari perhitungan statistik diperoleh nilai t hitung sebesar Hal ini berarti nilai t yang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% d.b 14, yaitu Dengan demikian ada perbedaan pengaruh latihan jump service dengan menggunakan awalan tanpa awalan terhadap kemampuan jump service dalam permainan bolavoli pada klub putra DIA kabupaten Kudus tahun Selain itu mean dari kelompok eksperimen 1 dengan latihan jump service dengan menggunakan awalan adalah lebih besar dari kelompok eksperimen 2 dengan latihan jump service tanpa awalan sebesar Sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan jump service dengan menggunakan awalan lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan latihan jump service tanpa awalan terhadap kemampuan jump service dalam permainan bolavoli pada klub putra DIA kabupaten Kudus tahun Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan kepada pelatih klub bolavoli DIA atau guru olahraga dalam melatih service atas khususnya jump service dalam permainan bolavoli sebaiknya menggunakan latihan jump service dengan menggunakan awalan dibandingkan latihan jump service tanpa awalan.

5 Kata Kunci Bola Voli, volyball

6 Referensi Amung Ma’mun & Toto Subroto, Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Permainan Bolavoli, Jakarta : Depdiknas. Dieter Beutelstahl, Belajar Bermain Bola Volley. Bandung : Pioneer Jaya. M. Nasution, Dasar-Dasar Pembinaan Fisik Dalam Aktivitas Olahraga. Semarang : FPOK M. Sajoto, Peningkatan Dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang : Dahara Prize. M. Yunus, Olah Raga Pilihan Bola Voli. Jakarta : Departemen pendidikan dan kebudayaan. Nossek, Josef Teori Umum Latihan. Terjemahan M. Furqon. Surakarta : Sebelas Maret University Press. Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Besar Bahasa Indonesia. PP. PBVSI, Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta : PP. PBVSI , Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta : PP. PBVSI. Sekretariat Umum PP.PBVSI, Pelatihan Bolavoli Di Indonesia. Jakarta : PP.PBVSI Suharno HP, Dasar-Dasar Permainan Bolavoli, Yogyakarta : FPOK IKIP Yogyakarta , Ilmu Kepelatihan Olahraga, Yogyakarta : FPOK IKIP Yogyakarta , Metodik Melatih Permainan Bola Voli. Yogyakarta : IKIP Yogyakarta Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Yogyakarta : Rineka Cipta , Prosedur Penelitian, Yogyakarta : Rineka Cipta. Surja Widjaja, Kinesiologi. Jakarta : Balai Penerbit FKUI Sutrisno Hadi, Statistik jilid 1, Yogyakarta : Andi Offset , Statistik jilid 2, Yogyakarta : Andi Offset , Metodologi Research jilid 3. Yogyakarta : Andi Offset.

7 Terima Kasih


Download ppt "SUTANTO RIHATIN, 6301403089 PENGARUH LATIHAN JUMP SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN AWALAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SERVICE DALAM PERMAINAN BOLAVOLI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google