Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Komputer Computer Programming. Mengapa Ilmu dan Seni? Pada mulanya belum ada ilmu pemrograman komputer, hanya seni Lama kelamaan muncul dasar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Komputer Computer Programming. Mengapa Ilmu dan Seni? Pada mulanya belum ada ilmu pemrograman komputer, hanya seni Lama kelamaan muncul dasar."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Komputer Computer Programming

2 Mengapa Ilmu dan Seni? Pada mulanya belum ada ilmu pemrograman komputer, hanya seni Lama kelamaan muncul dasar ilmunya (yang bermuara di matematik) Namun kemudian orang lupa aspek seni dari pemrograman

3 Aplikasi Pemrograman Aplikasi umum:  Perkantoran (office), toko Embedded System:  handphone, tool / controller di pabrik / mobil / pesawat Entertainment:  games, musik (midi, mp3, computer music), animasi, rendering, film, video Aplikasi khusus:  kedokteran, visualisasi data, penelitian

4 Belajar Pemrograman Melalui Games Game Maker Corewars Ant wars ICFP contest: hp …

5 Seni Berbentuk Source Code Source code selain bisa dirakit menjadi program juga merupakan karya seni  Enak dibaca  Algoritma (trik, optimasi) yang digunakan juga sering kali menarik  Kadang-kadang ada guyonan (joke) dalam source code  Source code yang buruk sukar dimengerti dan membuat sakit mata

6 Pemrograman Komputer Komputer adalah msin digital Hanya mengenal kondisi ada arus misal : dalam prosesor intel terdapat perintah artinya assembly CMP AL, 0D, bandingkan nilai reg AL dengan 0D CMP adalah CoMPare.

7 3GL (third generation language) Ada yang menyebut HLL (high level language) Contoh : Basic, Pascal, C, C++, COBOL dll. Pascal writeln (‘Industri’); bahasa C printf (*Industri\n\r*); bahasa C++ count << *Industri* << endl:

8 Interpreter dan Kompiler Interpreter, menerjemahkan program baris per baris artinya diterjemehkan dulu kedalam bahasa mesin. Kompiler, menerjemahkan semua kedalam bahasa mesin kemudian menjalankan hasil penerjemahan

9 Langkah-langkah Mendefinisikan masalah Menentukan solusi Memilih algoritma Menulis program Menguji program Menulis dokumentasi Merawat program

10 Algoritma Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika Contoh : Luas lingkaran L=∏.R 2 Algoritma untuk luas lingkaran : 1. Masukkan R 2. Pi L Pi * R * R 4. Tulis L


Download ppt "Pemrograman Komputer Computer Programming. Mengapa Ilmu dan Seni? Pada mulanya belum ada ilmu pemrograman komputer, hanya seni Lama kelamaan muncul dasar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google