Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar Kompetensi Meningkatkan Iman kepada Rasul Allah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar Kompetensi Meningkatkan Iman kepada Rasul Allah."— Transcript presentasi:

1

2 Standar Kompetensi Meningkatkan Iman kepada Rasul Allah

3 Kompetensi Dasar Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan

4 Indikator Siswa dapat memahami pentingnya beriman kepada rasul Allah Siswa dapat menunjukkan daliltentang adanya Rasul Allah Siswa hafal tentang sifat-sifat rasul Allah Siswa mampu mencerminkan perilaku beriman kepada Rasul Allah dan perilaku mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari

5 Materi Dalil tentang pengutusan Rasul وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ “ dan kami tidak mengutus sebelum engkau (muhammad) melainkan orang laki-laki yang kami beri wahyu kepada mereka, maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui (QS An-Nahl: 43) وَمَا جَعَلْنَاهُمْ جَسَدًا لَا يَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَمَا كَانُوا خَالِدِينَ “dan kami tidak menjadikan mereka rasul-rasul suatu tubuh yang tidak memakan makanan, dan mereka tidak pula hidup kekal. (qa. Al-Anbiya`: 8)

6 Dalil tentang kebenaran adanya rasul Allah وَلِكُلِّ أُمَّةٍ رَسُولٌ فَإِذَا جَاءَ رَسُولُهُمْ قُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ “dan setiap umat (mempunyai) rasul, maka apabila rasul mereka telah datang, diberlakukanlah hukum bagi mereka denagn adil dan sedikitpun tidak dizalimi. (QS Yunus: 47)

7 Sifat-sifat Rasul Allah الصدق الامانة تبليغ فطا نة فطا نة

8 Perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul Allah a.Membiasakan diri berlaku jujur terhadap siapapun, sebagaimana sikap jujur para rasul b.Berusaha menyampailkan amanh kepada yang berhak menerimanya, orang meneladani rasul pasti menjaga amanah dengan baik. c.Melaksanakan tugas yang dipikulkan padanya dengan baik. d.Memiliki kepekaan yang baik dalam menghadapi persoalan sehingga dapat mengatasi dengan baik, tepat sesuai akal sehat.

9 LATIHAN SOAL 1.Mana dibawah ini yang termasuk sifat wajib rasul a.Shidiq,amanah b.Shidiq,kitman c.Baladah,khioyanah d.Fatonah,kadzib 2.Apakah arti dari sifat wajib rasul “shidiq”? a.Berbohong b.Benar c.Salah d.Tidak dapat dipercaya

10 3.Maksud dari sifat wajib rasul yang fatonah adalah? a.Rasul termasuk golongan orang-orang bodoh b.Rasul termasuk orang-orang yang tidak dapat dipercaya c.Rasul termasuk orang-orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi d.Rasul termasuk golongan orang-orang yang tidak terpelajar

11 KUNCI JAWABAN 1.Jawaban nomor 1 : A 2.Jawaban nomor 2 : B 3.Jawaban nomor 3 : C

12 A.Sidhiq (benar) -setiap Rasul selalu benar dalam berbicara dan perbuatan beliau. وَلَوْ تَقَوَّلَ عَلَيْنَا بَعْضَ الْأَقَاوِيلِ (44) لَأَخَذْنَا مِنْهُ بِالْيَمِينِ (45) ثُمَّ لَقَطَعْنَا مِنْهُ الْوَتِينَ (46) “dan sekiranya dia (muhammad) mengada-adakan sebagian sebagian perkataan atas nama kami, pasti kami pegang dia dengan tangan kananya, kemudian kami potong pembuluh jantungnya (QS Al-Haqqh:44-46)

13 Amanah (dapat dipercaya) -maksudnya adalah kejujurang yang dimiliki para rasul, dan kepercayaan orang-orang kepadanya, sehingga umat manusia menaruh kepercayaan padanya. قَدْ نَعْلَمُ إِنَّهُ لَيَحْزُنُكَ الَّذِي يَقُولُونَ فَإِنَّهُمْ لَا يُكَذِّبُونَكَ وَلَكِنَّ الظَّالِمِينَ بِآَيَاتِ اللَّهِ يَجْحَدُونَ “sungguh kami mengetahui bahwa apa yang mereka katakan itu menyedihkan hatimu (muhammad), janganlah bersedih hati, karena sebenarnya mereka bukan mendustakan engkau, tetapi orang-orang zalim itu mengingkari ayat-ayat Allah (QS al-An`am:33)

14 C. Tabligh (melaksanakan tugas) Maksudnya, para rasul tetap melaksanakan tugasnya (menyampaikan wahyu) walaupun kaum-kaumnya menentang ajaran yang dibawa oleh mereka قَالَ رَبِّ إِنِّي دَعَوْتُ قَوْمِي لَيْلًا وَنَهَارًا (5) فَلَمْ يَزِدْهُمْ دُعَائِي إِلَّا فِرَارًا (6) وَإِنِّي كُلَّمَا دَعَوْتُهُمْ لِتَغْفِرَ لَهُمْ جَعَلُوا أَصَابِعَهُمْ فِي آَذَانِهِمْ وَاسْتَغْشَوْا ثِيَابَهُمْ وَأَصَرُّوا وَاسْتَكْبَرُوا اسْتِكْبَارًا (7)

15 D. Fathanah (Cerdas) Maksudnya, para rasul memiliki kecerdasan yang tinggi dalam menghadapi musuh-musuhnya


Download ppt "Standar Kompetensi Meningkatkan Iman kepada Rasul Allah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google