Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metode Penelitian Bahasa : Sebuah Pengantar 24 Februari 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metode Penelitian Bahasa : Sebuah Pengantar 24 Februari 2014."— Transcript presentasi:

1 Metode Penelitian Bahasa : Sebuah Pengantar 24 Februari 2014

2 Pembahasan Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Lambang Bahasa Langue & Parole (Saussure)

3 BAHASA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

4 Fungsi Bahasa Media/ Sarana Ide, pikiran, hasrat, keinginan Makna

5 Fungsi Bahasa Sebagai media atau sarana untuk menyampaikan sesuatu ide, pikiran, hasrat, dan keinginan. Sebagai media untuk menyampaikan suatu makna kepada seseorang baik secara lisan maupun secara tertulis.

6 LAMBANG BAHASA 言語記号(げんごきごう)

7 Pembagian (Ferdinand de Saussure) Signifiant - 能記 ( のうき ) Bentuk dan bunyi Signifie - 所記 ( しょき ) Makna yang terkandung dalam bentuk dan bunyi

8 Contoh 交通信号 記号 赤 青 黄色 能記 止まれ 進め 注意 所記

9 Contoh Lain 記号 木 能記 [k i] 所記 ‘pohon’

10 Kesimpulan Hubungan antara signifiant dan signifie bersifat arbitrer (manasuka). Hubungan antara [k i] dan ‘pohon’ sama sekali tidak ada aturan yang mengharuskan atau mengikat keduanya terjadi. Dengan adanya sifat manasuka, akan menjadi salah satu penyebab sulitnya mempelajari bahasa asing.

11 LANGUE & PAROLE (SAUSSURE)

12 2 Sisi Bahasa (F. De Saussure) Langue Bersifat abstrak Parole Bersifat konkret

13 2 Sisi Bahasa (Penjelasan) Langue Keseluruhan sistem dalam bahasa yang digunakan oleh suatu masyarakat sebagai alat komunikasi verbal. Bahasa yang diakui keberadaannya dan disepakati segala aturannya oleh para pemakainya. Parole Realisasi (perwujudan) dari pemakaian langue oleh setiap indivdu pada masyarakat tersebut dalam kondisi tertentu.

14 Keutamaan Langue 1.Suatu bahasa digunakan oleh masyarakat pemakainya, karena mereka mematuhi aturan atau kaidah bahasa tersebut. 2.Adanya kesamaan dalam memahami dan menggunakan suatu kata, meskipun ada dialek yang berbeda. 3.Adanya keseragaman dalam menggunakan bunyi ujaran ketika menggunakan bahasa tersebut, meskipun setiap individu ada perbedaannya.

15 Kesimpulan Langue dipandang sebagai hasil kesepakatan atau keseragaman dalam bunyi ujaran, kosakata, dan tata bahasa dalam suatu bahasa oleh para pemakai bahasa tersebut, sehingga dijadikan sebagai objek kajian linguistik.

16 Ada pertanyaan? Linguistik


Download ppt "Metode Penelitian Bahasa : Sebuah Pengantar 24 Februari 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google