Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apakah itu bahasa? Pengertian Bahasa Sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apakah itu bahasa? Pengertian Bahasa Sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi,"— Transcript presentasi:

1

2 Apakah itu bahasa?

3 Pengertian Bahasa Sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasikan diri Harimurti Kridalaksana. Kamus Linguistik (1983)

4 Ciri-ciri Bahasa Abdul Chaer : Sistem Berwujud lambang Berupa bunyi Arbitrer Bermakna Konvensional Unik

5 KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

6 Kedudukan Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

7 Ini berarti bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional; kedudukannya berada diatas bahasa-bahasa daerah. Selain itu di dalam Undang-undang Dasar 1945 tercantum pasal khusus (Bab XV, pasal 36 ) mengenai kedudukan bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa bahasa negara ialah bahasa Indonesia.

8 Dengan kata lain, ada dua macam kedudukan bahasa Indonesia. Pertama, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional sesuai dengan Sumpah Pemuda 1928; Kedua, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.

9 Fungsi Bahasa Alat Komunikasi Ekspresi berpikir

10 Tujuan Mahir Berbahasa Lebih mengenal diri sendiri Lebih dalam memahami orang lain Belajar mengamati dunia sekitar lebih cermat Mengembangkan suatu proses berpikir yang jelas dan teratur

11 Ragam Bahasa UNSUR TULIS LISAN Lawan Bicara Unsur Gramatikal (S-P-O-K) Kondisi, situasi, ruang dan waktu Kosa kata Ada di depan/langsung Tidak selalu dinyatakan Terikat terbatas Tidak harus ada Dinyatakan Tidak terikat Tidak terbatas

12 yang baik dan benar

13 Penggunaan bahasa sesuai dengan situasi dan kondisi Bahasa Indonesia yang baik

14 Penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah EYD Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Tata Bahasa Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia yang benar

15 Buku Sumber Gani, Ramlan A dan Mahmudah Fitriyah ZA. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta : PITK Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.

16


Download ppt "Apakah itu bahasa? Pengertian Bahasa Sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google