Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag1 Agama Sikh Nama mahasiswa: Mulyanasari Nama mahasiswa: Mulyanasari Dosen: Siti Nadroh, M.Ag Dosen: Siti Nadroh, M.Ag.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag1 Agama Sikh Nama mahasiswa: Mulyanasari Nama mahasiswa: Mulyanasari Dosen: Siti Nadroh, M.Ag Dosen: Siti Nadroh, M.Ag."— Transcript presentasi:

1 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag1 Agama Sikh Nama mahasiswa: Mulyanasari Nama mahasiswa: Mulyanasari Dosen: Siti Nadroh, M.Ag Dosen: Siti Nadroh, M.Ag

2 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag2 Agama Sikh

3 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag3 Pengertian Agama Sikh Sikh berarti murid, dan Sikha berrati murid atau pengikut Sikh. Ada jjuga yang mengartikan Sikh sebgai “suatu masyarakat agama di India dan Pakistan” atau “ suatu sekte keagamaan yang bersal dari penyelewengan terhadap Brahmanis- Hinduisme.” agama Sikh dikatakan juga sebagai agama “sinkretis karena ia dirikan dengan maksud “memperdamaikan antara Islam dan Hinduisme”. Sikh berarti murid, dan Sikha berrati murid atau pengikut Sikh. Ada jjuga yang mengartikan Sikh sebgai “suatu masyarakat agama di India dan Pakistan” atau “ suatu sekte keagamaan yang bersal dari penyelewengan terhadap Brahmanis- Hinduisme.” agama Sikh dikatakan juga sebagai agama “sinkretis karena ia dirikan dengan maksud “memperdamaikan antara Islam dan Hinduisme”.

4 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag4 Sejarah Agama Sikh Agama Sikh berasal dari anak benua Indo- Pakistan, tepatnya diwilayah bagian Punjab. Agama sikh lahir dan mulai berkembang bersama waktunya dengan kelahiran agama protestan di Eropa, yaitu di akhir abad ke-19 masehi. Hingga sekarang daerah Punjab merupakan wilayahkediaman ssebagian besar pengikut agama Sikh atau Shika, yang menurut catatan paling akhir berjumlah 16 juta jiwa atau sekitar 2% dari seluruh penduduk kota India saat ini. Agama Sikh lahir sebagai reaksi terhadap agama Brahmana dan Hinduisme, sedangkan agama Protestan lahir sebagai reaksi terhadap eksistensi dan kekuasaan gereja katolik Roma di daratan Eropa.

5 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag5 Pendiri Agama Sikh Nanak adalah seorang yang dianggap sebagai pendiri agama sikh. dilahirkan pada tanggal 15 april 1469 di Talawandi Rai Bhoe Ayahnya, Metha Kalu, adalah seorang Patwari, atau akuntan desa, yang bekerja pada perusaan milik Rai Bular, seorang muslim, pemilik tanah yang luas didesa itu. Ibunya, Tripta adalah seorang Hindu yang fanatik. Mereka adalah keturunan suku khattri yang termasuk bangsa arya.

6 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag6 Akhir Hayat Guru Nanak Guru Nanak mnghabiskan sisa-sisa hidupnya dikartapur, tempat jama’ah-jama’ah besarnya selalu hadir untuk mendengarkan dia berkhotbah. Setiap orang yang melihat dan mendengar khotbahnya selalu terpesona oleh kesalehan dan kepribadiannya yang luar biasa, juga kesucian jiwanya yang sangat kentara dalam setiap tingkah lakunya. Guru Nanak meninggal pada tanggal 22 september 1539, Kartapur. Angrah adalah seorang pengikutnya yang setia yang telah ditunjuk oleh Guru Nanak sebagai penggantinya untuk mengajar umat.

7 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag7 Guru-guru Agama Sikh Guru Pertama: Nanak ( ) Guru Pertama: Nanak ( ) Guru Kedua: Angrah ( ) Guru Kedua: Angrah ( ) Guru Ketiga: Amar Das ( ) Guru Ketiga: Amar Das ( ) Guru Keempat: Ram Das ( ) Guru Keempat: Ram Das ( ) Guru Kelima: Arjun ( ) Guru Kelima: Arjun ( ) Guru Keenem: Har Gobind ( ) Guru Keenem: Har Gobind ( ) Guru Ketujuh: Har Rai ( ) Guru Ketujuh: Har Rai ( ) Guru Kedelapan: Hari Krishen ( ) Guru Kedelapan: Hari Krishen ( ) Guru Kesembilan: Tegh Bahadur ( ) Guru Kesembilan: Tegh Bahadur ( ) Guru kesepuluh: Govind Singh ( ) Guru kesepuluh: Govind Singh ( )

8 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag8 Perang Sikh Perang Sikh pertama ( ) terjadi ketika kaum sikh sudah melupakan persahabatan serta perjanjian dengan Inggris dan Inggris merasa dikhianati oleh kaum sikh, lalu Inggris mulai memperhitungkannya. Perang Sikh yang kedua ( ), kekalahan yang diderita kaum sikh yang pertama dari Inggris menimbulkan dendam yang sangat mendalam dikalangan mereka.

9 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag9 Lambang dan kuil emas agama Sikh

10 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag10 Ajaran-ajaran Agama Sikh Ajaran Nanak tentang Tuhan Tuhan itu adalah Maha Esa, kekal abadi, berdiri sendiri, dan tanpa rupa. Ajaran Nanak tentang manusia seluruh umat manusia adalah satu. Orang dimuliakan bukan karena ia anggota kasta ini atau itu, kepercayaan ini atau itu, melainkan karena ia adalah “manusia”. Ajaran Nanak tentang alam Alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan, dan tidak abadi.

11 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag11 Hari keagamaan dan kitab suci Agama Sikh

12 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag12 Sekian


Download ppt "Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag1 Agama Sikh Nama mahasiswa: Mulyanasari Nama mahasiswa: Mulyanasari Dosen: Siti Nadroh, M.Ag Dosen: Siti Nadroh, M.Ag."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google