Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 TRIDHARMA Tridharma adalah sebuah kepercayaan yang tidak dapat digolongkan ke dalam agama apapun. Tridharma disebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 TRIDHARMA Tridharma adalah sebuah kepercayaan yang tidak dapat digolongkan ke dalam agama apapun. Tridharma disebut."— Transcript presentasi:

1 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 TRIDHARMA Tridharma adalah sebuah kepercayaan yang tidak dapat digolongkan ke dalam agama apapun. Tridharma disebut Samkau yang berarti harfiah tiga ajaran yakni: Taoisme, Buddhisme dan Konfusianisme. Tridharma lebih tepat disebut sebagai salah satu bentuk kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa sebagai hasil dari sinkretisme ketiga filsafat yang mempengaruhi kebudayaan Tionghoa dan sejarah Tiongkok sejak 2500 tahun lalu.

2 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag2 Sejarah Tri Dharma di indonesia Sebelum terbentuknya tri dharma, ada beberapa fase lahirnya ajaran ini yakni: 1. MASA KEBANGKITAN I: Berdirinya Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) di Batavia dengan tokohnya antara lain Lie Kim Hok, Phoa Keng Hek dan Yoe Tjai Siang. THHK mengajarkan Bahasa Tionghoa dan Agama Khong Hu Cu sebagai respons atas gencarnya misionaris Kristen. 2. MASA KEBANGKITAN II : 1950-AN HINGGA ORDE LAMA Berdirinya GSKI (Gabungan Sam Kauw Indonesia) 3. MASA ORDE BARU 14 Mei 1967 Berdirinya PTITD (Perhimpunan Tempat Ibadat Tri Dharma) 4. MASA ORDE REFORMASI 3 Januari > Berdirinya Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia Tridharma sebagai satu organ kesatuan hanya ada di Indonesia. Tridharma tidak pernah mempunyai hubungan ke negara lain,tridharma lahir karena dahsyatnya misi-misi Agama Nasrani yang berorientasi menyedot Umat Buddha keturunan Tionghoa pada akhir abad 19.

3 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 3 PANDANGAN DAN JALAN HIDUP UMAT BUDHA TRIDHARMA 1. THIAN Umat Buddha Tridharma percaya dan yakin atas adanya Tuhan Yang Maha Esa yang dikenal dengan nama Thian atau Tao Umat Buddha Tridharma percaya dan yakin atas adanya Tuhan Yang Maha Esa yang dikenal dengan nama Thian atau Tao 2. TEE: Kesadaran Lingkungan. 3. KUN: Undang-Undang dan Hukum. 4. CIN:Mensejahterakan Keluarga. 5. Su: Menghormati dan menghargai Guru atau Sumber Ilmu Pengetahuan 6. Lee: Menjunjung tinggi rasa dan tata susila. 7. Gi: Pribudi Luhur, Budi Pekerti Luhur, Kesetiakawanan Sosial dan Kegotongroyongan. 8. Liam: hidup bersihmenjaga kesucian rohani dan sederhana dalam kewajiban Tao. 9. Ti: meningkatkan martabat diri dan ke agungan tri dharma.

4 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag4 Macam-macam Organisasi tridharma indonesia 1. Majelis Agama Budha Tridharma Indonesia. 2. Pemuda Tridharma Indonesia. 3. Balai Kitab Tridharma Indonesia. 4. Insitut Pendidikan Tridharma. 5. Forum Bisnis Tridharma. 6. BRT. 7. Himastri. 8. Tridharmapala.

5 Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag5 Tempat ibadah agama tridharma  Klenteng adalah tempat ibadah untuk 3 aliran atau tri dharma yaitu budha, tao, khong hu cu, berbeda dengan wihara yang merupakan tempat ibadah agama budha. KLENTENG WIHARA


Download ppt "Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 TRIDHARMA Tridharma adalah sebuah kepercayaan yang tidak dapat digolongkan ke dalam agama apapun. Tridharma disebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google