Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB FE, UIEU, Jakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB FE, UIEU, Jakarta."— Transcript presentasi:

1 FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB FE, UIEU, Jakarta

2 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Pertemuan II Topik 1

3 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB)  Pengertian dan definisi SKB  Usaha dan pemanfaatan SKB  Kegunaan SKB bagi manajemen  Ciri-ciri SKB  Apa yg dapat diperbuat dari SKB

4 PENGERTIAN FS/SKB FEASIBILITY STUDY (FS) or Studi Kelayakan Bisnis (SKB)  Sebenarnya merupakan penilaian yang menyeluruh, untuk menilai keberhasilan suatu rencana proyek/BUSINESS PLAN yang akan dijalankan, layak? atau tidak?  Jika layak, GO dan jika Tidak NO GO

5 PENGERTIAN Feasibilty Study /SKB Keberhasilan proyek memiliki pengertian yang berbeda antara  Pihak yang berorientasi laba dan  Pihak yang tidak berorientasi laba semata. Namun sebenarnya, semua proyek pada dasarnya ditujukan untuk mencapai keberhasilan dalam suatu industrialisasi.

6 PENGERTIAN FS/SKB Oki, maka :  FS/SKB seyogyanya atau  Kasarnya (strongly) seharusnya dilakukan untuk mengurangi tingkat kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pembangunan industrialisasi suatu negara.

7 PENGERTIAN FS/SKB  Industrialisasi memiliki BENEFIT (manfaat-manfaat) yang sangat besar, akan tetapi didalamnya terdapat juga kemungkinan2 gagal untuk meraihnya, dapat saja terjadi, mengapa?  Karena kesalahan-kesalahan yang diambil suatu negara ybs (Policy)  Biasanya industrialisasi dilakukan negara ybs untuk mengejar pertumbuhan ekonomi.

8 PENGERTIAN FS/SKB Jadi, Jelasnya: Tujuan dilakukannya FS /SKB adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal (investment) yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan.

9 Pertemuan II Topik 2: KAITAN SKB DENGAN MANAJEMEN DAN KETIDAKPASTIAN

10 KAITAN SKB DENGAN MANAJEMEN DAN KETIDAKPASTIAN  Studi kelayakan sangat penting artinya bagi pihak manajemen.  Hal ini disebabkan karena fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya, yaitu sebagai fungsi : 1.Planing (perencanaan), 2.Organizing (pengorganisasian), 3.Recruitmen (pengadaan staff), 4.Directing (pengarahan) dan 5.Contolling (pengawasan).

11 KAITAN SKB DENGAN MANAJEMEN DAN KETIDAKPASTIAN  Kelima fungsi diatas, selalu ada dalam proses manajemen yang dijalankan oleh manajer untuk mencapai tujuan tertentu dalam organisasi /perusahaaan.  Studi kelayakan merupakan salah satu alat bentuk peramalan yang digunakan untuk menghadapi ketidakpastian di masa yad.

12 KAITAN SKB DENGAN MANAJEMEN DAN KETIDAKPASTIAN  Jadi, Jelasnya,???  Walaupun dalam SKB sudah memperhitungkan risiko-risiko, baik risiko bisnis ataupun risiko keuangan namun  Perusahaan tetap harus waspada dan tidak boleh menganggap studi kelayakan sebagai sesuatu yang mutlak akan terjadi.

13 Pertemuan II Topik 3 : KRITERIA KEPUTUSAN

14  Dalam penilaian proyek sehubungan dengan pengambilan keputusan dilaksanakannya suatu proyek atau tidak, terdapat beberapa kriteria keputusan.

15 KRITERIA KEPUTUSAN Pada dasarnya kriteria keputusan tersebut terdiri atas dua pendekatan yaitu:  pendekatan faktor-faktor dalam proyek secara individu  pendekatan nilai proyek secara keseluruhan Dalam praktek, kriteria profitabilitas komersial lebih dikenal dibandingkan dengan kriteria- kriteria yang lain karena prosedur perhitungannya yang mudah dan jelas serta sudah dikenal oleh masyarakat.

16 KRITERIA KEPUTUSAN  Walaupun kriteria profitabilitas ekonomi nasional kurang begitu dikenal, tetapi dalam kaitannya dengan penilaian sumbangan proyek terhadap perekonomian nasional, kriteria ini lebih mewakili dibandingkan dengan kriteria profitabilitas komersial karena memasukkan faktor-faktor lain yang sering tidak diperhitungkan dalam perhitungan profitabilitas komersial.

17 KRITERIA KEPUTUSAN  Untuk proyek-proyek besar, terutama yang dilakukan oleh pemerintah, umumnya kriteria penilainnya tidak lagi didasarkan semata-mata atas profitabilitas komersial melainkan dengan menggunakan kriteria yang lebih luas yaitu kriteria profitabilitas ekonomi nasional.


Download ppt "FEASIBILITY STUDY (FS) STUDI KELAYAKAN PROYEK/BISNIS (SKB) Disajikan oleh : Tim Dosen SKB FE, UIEU, Jakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google