Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keluaran. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Keluaran. Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem. Keluaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keluaran. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Keluaran. Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem. Keluaran."— Transcript presentasi:

1 Keluaran. Oleh. Dr.Resna AS MPH.

2 Keluaran. Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem. Keluaran terdiri dari: Kuantitas / jumlah. Kualitas / mutu.

3 Kuantitas. Jumlah yg dihasilkan akan sangat tergantung pada; – Input / Masukan yg diterima. –Drop out selama berlangsungnya Proses. –Kemampuan mempertahankan standar mutu dari Keluaran.

4 Kualitas. Mutu/ Kwalitet, yg dihasilkan akan sangat tergantung pada; – Input / Masukan yg diterima. –Kesesuaian antara tujuan dengan berlangsungnya Proses. –Adanya Proses menjaga mutu yg terstandar. –Adanya standar mutu untuk setiap Keluaran yang dihasilkan. –Adanya pemeriksaan keluaran sesuai standar mutu yang ditetapkan.

5 Keluaran pada sistem Pel Kesehatan. Keluaran pada sistem Pel Kesehatan berupa; Kuantitas. Jumlah orang sehat ( general chek up) Jumlah pasien Jumlah penyakit pasien. Kualitas Jumlah pasien sembuh. Jumlah pasien terkontrol / terkendali. Jumlah pasien dirujuk. jumlah pasien meninggal.

6 Masukan & Keluaran pada Pel. Kes. variabelMasukanKeluaran. Kuantitas.Jumlah orang sehat Jumlah pasien Jumlah penyakit Yg dilayani / tidak. “ KualitasJumlah yg tidak sakit Jumlah yg sakit ringan Jumlah yg sakit sedang Jumlah yg sakit berat Yg Sehat / nilai abnormal Yg diberi obat / dirujuk. “ Yg meninggal.

7 Penilaian. Kedua variabel diatas, semua komponen yg ada pada Input & pada Out put, bisa dijadikan informasi untuk; – Menilai kinerja Pelayanan Kesehatan, terutama pada Proses. –Menilai Masukan yg datang, karena pada Pelayanan Kesehatan, kita tidak boleh menseleksi pasien, berdasarkan kondisi pasien, yg boleh menseleksi pasien berdasar kemampuan untuk melayani.

8 Penilaian lain. Penilaian diatas, merupakan penilaian kinerja pemberi pelayanan kesehatan (RS atau Klinik). Penilaian lain masih bisa dilakukan misalnya penilaian; Kepuasan pasien terhadap (bersifat subjektif); Pelayanan. Harga. Kebersihan. Petugas

9 Unsur lain setelah Keluaran. Unsur dari Sistem. 1.Masukan / Input. 2.Proses / Proces. 3.Keluaran / Output. 4. Hasil jadi / Outcome. 5.Dampak / Impact.

10 Visualisasi Unsur Sistem. Input.Proses.Output.Outcome.Dampak. Pasien.Diperiksa.Dapat obat.Sembuh. Bisa bekerja kembali. Angka kesakitan rendah Pelayanan pra pemeriksaan Pelayanan pemeriksaan Diberikan intervensi Partisipasi pasien minum obat. Banyak unsur lain, berperan serta, Negara lebih baik.

11 Input.Proses.Output.Outcome.Dampak. Pasien.Diperiksa.Dapat obat.Meninggal. Tidak bisa bekerja kembali. Angka kematian tinggi Pelayanan pra pemeriksaan Pelayanan pemeriksaan Diberikan intervensi Pengaruh unsur lain lebih dominan Negara lebih buruk.

12 TERIMAKASIH.


Download ppt "Keluaran. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Keluaran. Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem. Keluaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google