Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAGEMENT Oleh. Dr.Resna AS. MPH.. Definisi. Manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan sekelompok orang secara teraoganisir, yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAGEMENT Oleh. Dr.Resna AS. MPH.. Definisi. Manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan sekelompok orang secara teraoganisir, yang."— Transcript presentasi:

1 MANAGEMENT Oleh. Dr.Resna AS. MPH.

2 Definisi. Manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan sekelompok orang secara teraoganisir, yang terdiri dari Perencanaan, pengorganisasisan, pergerakan pelaksanaan, dan pengendalian sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien.Manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan sekelompok orang secara teraoganisir, yang terdiri dari Perencanaan, pengorganisasisan, pergerakan pelaksanaan, dan pengendalian sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien. Manajer adalah orang yang menjalankan manajemen.Manajer adalah orang yang menjalankan manajemen.

3 Fungsi Manajer. 1.Planning. 2.Organizing. 3.Staffing. 4.Budgeting. 5.Directing. 6.Coordinating. 7.Controling. 8.Reporting.

4 Sumber daya. 1.Men, Sumber daya manusia. 2.Money, anggaran yang dibutuhkan. 3.Materials, bahan yang diperlukan. 4.Machines, alat yang dipergunakan. 5.Methode, cara yang digunakan dalam beraktivitas. 6.Marketing, pemberitahuan adanya pelayanan. (dalam produksi, pemasaran hasil produksi)

5 Jenis Managemen Jenis managemen banyak tetapi yang sering dipakai adalah :Jenis managemen banyak tetapi yang sering dipakai adalah : MANAGEMENT BY OBJECTIVE. MBO adalah managemen yang menekankan bahwa manajer bekerja sama dengan para anggotanya, dimana tugas dan tanggung jawab dirumuskan secara jelas dalam bentuk Sasaran, yang harus terukur pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan.MBO adalah managemen yang menekankan bahwa manajer bekerja sama dengan para anggotanya, dimana tugas dan tanggung jawab dirumuskan secara jelas dalam bentuk Sasaran, yang harus terukur pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan.

6 Managemen sebagai Sistem. Ada yang mengenggap Managemen sebagai Sistem; dengan Masukannya Sumber daya.Ada yang mengenggap Managemen sebagai Sistem; dengan Masukannya Sumber daya. Prosesnya ; Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling).Prosesnya ; Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling). Keluarannya adalah proses pelayanan atau proses membuat barang.Keluarannya adalah proses pelayanan atau proses membuat barang.

7 Masukan. Masukan ManagemenMasukan Managemen Yang dimaksud dengan masukan (Input) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan yang diperlukan untuk dapat berfungsinya sistem tersebut. Unsur Masukan, adalah Suberdaya (6 M) yg terdiri dari;Unsur Masukan, adalah Suberdaya (6 M) yg terdiri dari; Man, money, material, machines, method, minute.Man, money, material, machines, method, minute.

8 Proses Proses managemen.Proses managemen. Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi untuk mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan. Menurut George R.Terry, proses terdiri dari Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling).

9 Keluaran. Keluaran pada managemen.Keluaran pada managemen. Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem tsb dan menjadi Proses pada Sistem lain.Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem tsb dan menjadi Proses pada Sistem lain. Keluaran terdiri dari:Keluaran terdiri dari: Jenis Pelayanan yang diberikanJenis Pelayanan yang diberikan Proses Produksi untuk memberikan nilai tambah pada barang.Proses Produksi untuk memberikan nilai tambah pada barang.

10 Disini kita harus membedakan secara jelas, suatu Sistem dan Managemen sebagai Sistem.Disini kita harus membedakan secara jelas, suatu Sistem dan Managemen sebagai Sistem. Hal ini9 diperlukan untuk mencegah tumpang tindihnya suatu perencanaan.Hal ini9 diperlukan untuk mencegah tumpang tindihnya suatu perencanaan.

11

12

13

14

15 Sistem & Manajemen. (Jasa Pelayanan Kesehatan.) Input Pasien (satu) Proses. Pel. Kes. Manajemen Sumber daya. Man. Money. Minute. Metode. Material. Perencanaan Pengorganisasian Pelaksanaan Penilaian / Evaluasi. Output. Sembuh Lingkungan (RUMAHSAKIT) F.B. DM> sam pah

16 Sistem & Manajemen. (Barang, hasil produksi.) Input Bahan mentah (banyak) Proses. Proses produksi (menberi nilai tambah) Manajemen Sumber daya. Man. Money. Minute. Metode. Material. Perencanaan Pengorganisasian Pelaksanaan Penilaian / Evaluasi. Output. Barang jadi. (satu) Lingkungan (PABRIK ) F.B. M sam pah

17

18

19 TERIMA KASIH


Download ppt "MANAGEMENT Oleh. Dr.Resna AS. MPH.. Definisi. Manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan sekelompok orang secara teraoganisir, yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google