Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN & ADMINISTRASI Manajemen & Administrasi dapat diartikan sama, kadang dapat diartikan berbeda Dalam arti sama: merupakan kata sinonim Ortosky.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN & ADMINISTRASI Manajemen & Administrasi dapat diartikan sama, kadang dapat diartikan berbeda Dalam arti sama: merupakan kata sinonim Ortosky."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN & ADMINISTRASI Manajemen & Administrasi dapat diartikan sama, kadang dapat diartikan berbeda Dalam arti sama: merupakan kata sinonim Ortosky (1984: 1-2): “The term administration and management do not have precise meanings. Administration and management are frequently treated as synonymous and interchangable term”

2 Dalam arti berbeda: Kedudukan administrasi (dlm arti luas) lebih tinggi dari pada manajemen. Administrasi menentukan kebijakan ke mana organisasi akan dibawa. Manajemen merumuskan bagaimana melaksanakan kebijakan yang telah digariskan oleh administrator. MANAJEMEN & ADMINISTRASI

3 Administrasi menentukan “what” dan “policy-making” Manajemen menentukan “how” dan “policy executing” Dlm arti sempit, administrasi berkenaan dengan pekerjaan ketatausahaan MANAJEMEN & ADMINISTRASI

4 ADMINIS TRATOR MANAJER SUPERVISOR TENAGA OPERASIONAL Gb. Kedudukan Administrasi dan Manajemen

5 Pimpinan puncak organisasi, yaitu adminstrator. Administrator menentukan what dan policy making. Pimpinan puncak organisasi, yaitu adminstrator. Administrator menentukan what dan policy making. Manajer adalah pembantu administrator. Manajemen menentukan how atau membuat policy executing. Manajer adalah pembantu administrator. Manajemen menentukan how atau membuat policy executing. Supervisor adalah orang yang memberi bimbingan dan pengawasan kepada tenaga operasional agar dapat bekerja secara profesional. Supervisor adalah orang yang memberi bimbingan dan pengawasan kepada tenaga operasional agar dapat bekerja secara profesional. Tenaga operasional adalah pegawai yang menjalankan tugas operasional organisasi dalam mencapai tujuan. Tenaga operasional adalah pegawai yang menjalankan tugas operasional organisasi dalam mencapai tujuan.

6 Kast & Rosenzweig (1979:7): Kast & Rosenzweig (1979:7): “Administration often has had the connotation of governmental or other nonprofit organization. How ever management has been regulated to business enterprises”.

7 MANAJEMEN PENDIDIKAN Pengertian Manajemen Pengertian Manajemen Manajemen adalah proses pengelolaan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Pengelolaan yang baik harus menggunakan fungsi-fungsi manajemen. Pengelolaan yang baik harus menggunakan fungsi-fungsi manajemen.

8 1. Perencanaan (planning) 2. Pengorganisasian (organizing) 3. Penggerakan (actuating) 4. Pengontrolan (controlling) FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

9 Sumber Daya, meliputi: Sumber Daya, meliputi: 1. Man 2. Money 3. Materials 4. Methods 5. Machines 6. Markets 7. Minute Sumber daya yang dikelola dapat dikelompokkan menjadi sumber daya manusia dan non manusia. Sumber daya yang dikelola dapat dikelompokkan menjadi sumber daya manusia dan non manusia. SUMBER DAYA

10 Ada dua kriteria, yaitu: Ada dua kriteria, yaitu: 1. Efektif 2. Efisien F. Drucker: Effectiveness is the foundation of success; efficiency is a minimum condition for survival after success has been achieved. Effeciency is concerned with doing things right. Effectiveness is doing the right things. KRITERIA PENCAPAIAN TUJUAN

11 Bila dalam organisasi hanya pekerjaan yang betul (sesuai rencana) dikerjakan, maka akan muncul efektivitas. Bila dalam organisasi hanya pekerjaan yang betul (sesuai rencana) dikerjakan, maka akan muncul efektivitas. Bila cara yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang betul itu tepat, maka akan menghasilkan efisiensi. Bila cara yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang betul itu tepat, maka akan menghasilkan efisiensi. Lanjutan….

12 Manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian (pengelolaan) sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

13 SUMBER DAYA PENDIDIKAN 1. MAN Dalam pendidikan dapat berupa kelompok pimpinan, pengajar, karyawan pendidikan. 2. MONEY Sumber daya ini sama untuk seluruh aktivitas manajemen, karena setiap aktivitas manajemen dalam semua bidang sama-sama menggunakan uang untuk pembiayaan proses kerja dalam mencapai tujuan.

14 3. MATERIALS Pengertian material dalam manajemen pada umumnya adalah bahan mentah yang akan diproses menjadi produk tertentu. Oleh karena itu dalam bidang pendidikan material ini adalah siswa dan kurikulumnya. 4. MACHINES Dalam MP adalah peralatan kerja serta sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses pendidikan.

15 5. METHOD Metode kerja merupakan cara-cara yang digunakan untuk proses produksi. Dalam MP metode ini adalah prosedur dan mekanisme kerja MP, dan metode dalam proses belajar mengajar. 6. MARKET Dalam MP adalah masyarakat pengguna lembaga pendidikan, dan masyarakat pengguna lulusan lembaga pendidikan, atau pasar kerja.

16 7. MINUTE Minute adalah waktu. Waktu perlu dikelola dengan baik (manajemen waktu).

17 RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN 1. MANAJEMEN TINGKAT NASIONAL 2. MANAJEMEN TINGKAT REGIONAL 3. MANAJEMEN TINGKAT LOKAL 4. MANAJEMEN TINGKAT INSTITUSIONAL


Download ppt "MANAJEMEN & ADMINISTRASI Manajemen & Administrasi dapat diartikan sama, kadang dapat diartikan berbeda Dalam arti sama: merupakan kata sinonim Ortosky."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google