Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP-KONSEP MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK. 2 Apakah yang dimaksud dengan manajemen sektor publik? Dalam sektor publik, manajemen berarti cara mengeksekusi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP-KONSEP MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK. 2 Apakah yang dimaksud dengan manajemen sektor publik? Dalam sektor publik, manajemen berarti cara mengeksekusi."— Transcript presentasi:

1 KONSEP-KONSEP MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK

2 2 Apakah yang dimaksud dengan manajemen sektor publik? Dalam sektor publik, manajemen berarti cara mengeksekusi atau mengimplementasikan sesuatu, misalnya merealisasikan kebijakan publik. Tidak ada satupun kebijakan publik yang akan berubah ke arah yang lebih baik tanpa ada eksekusi kebijakan yang sesuai. Dengan demikian, untuk menghasilkan kebijakan publik yang baik, pengelolaan harus dilakukan terhadap sumberdaya manusia, regulasi dan kapital. “Implementasi perlu dipelajari sebagai bentuk realisasi ide (the analytical equivalent of original sin).”

3 3 Trade-offs, Imbangan (Balancing) dan Tekanan (Tensions) Akuntabilitas (mengikuti aturan) Vs fleksibilitas (menyelesaikan pekerjaan) Manajemen sektor publik berbeda dengan manajemen swasta – faktor-faktor yang penting meliputi bagaimana dan dimana manajemen diimplementasikan Manajemen publik baru Vs manajemen publik lama – perubahan, tantangan Organisasi, bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan dan bagaimana cara melakukan/menyelesaikan pekerjaan tersebut Teori Manajemen Vs kehidupan manajer Manajemen Vertikal Vs Manajemen Horisontal Manajemen pada berbagai level (tinggi atau rendah)

4 4 Birokrasi dan Administrasi Publik  Revolusi Industri – birokrasi sebagai metode industri yang berpindah ke perkantoran  Pertumbuhan negara dan aktivitas negara pada kondisi aman, serta perlunya mengelola pertumbuhan tersebut  Perlunya politik yang netral  Peter Drucker menyebutkan bahwa ide perlunya manajemen sektor publik muncul pada periode 1930-an  Frederick Taylor pertama kali mempelajari sektor publik  Mayo Clinic  digunakan sebagai contoh aplikasi manajemen pada sektor publik  Kata manajer mulai muncul di Amerika Serikat pada awal 1900-an  Konferensi Manajemen yang Pertama diadakan pada tahun 1922 di Praha  Dalam perkembangannya, manajemen sektor publik saat ini banyak diaplikasikan pada bidang-bidang pemerintahan, sekitar pemerintahan (near government), quasi government, serta organisasi-organisasi non-profit

5 Untuk melihat file lengkapnya silahkan menghubungi kami di


Download ppt "KONSEP-KONSEP MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK. 2 Apakah yang dimaksud dengan manajemen sektor publik? Dalam sektor publik, manajemen berarti cara mengeksekusi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google