Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADINDA SURYA ADI, 2401404003 Manusia dan Kerusakan Alam Sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Lukis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADINDA SURYA ADI, 2401404003 Manusia dan Kerusakan Alam Sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Lukis."— Transcript presentasi:

1 ADINDA SURYA ADI, Manusia dan Kerusakan Alam Sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Lukis.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ADINDA SURYA ADI - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Rupa - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - dinda_k2917ck pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Nur Rokhmat, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Mujiyono, S.Pd., M.Sn. - TGL UJIAN :

3 Judul Manusia dan Kerusakan Alam Sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Lukis.

4 Abstrak Menurut penulis permasalahan yang menyangkut tentang manusia dan alam seakan tiada habisnya. Tujuan penulis menyusun Proyek Studi ini adalah sebagai sarana untuk menuangkan perasaan penulis melalui karya seni lukis, meningkatkan kemampuan penulis dalam bidang seni lukis, dan menyuguhkan tragedi-tragedi alam yang sedang terjadi di sekitar kita sesuai dengan interpretasi penulis, melalui karya seni lukis. Media yang paling banyak digunakan penulis adalah cat akrilik di atas kanvas. Sedangkan media-media lain adalah sebagai faktor pendukung saja. Teknik berkarya penulis menjadi sebuah karya seni lukis melalui tahapan-tahapan perealisasian ide di atas kertas, pemindahan skets kasar ke dalam kanvas, pengolahan gambar skets menjadi gambar jadi dan finishing. Sedangkan proses berkaryanya meliputi pengumpulan sumber data, pengolahan ide dengan skets, pengolahan teknis, pengolahan akhir dan penyajian karya lukis. Karya seni lukis yang dibuat merupakan karya seni lukis dengan pendekatan surealisme. Pemilihan warna dengan penggunaan susunan warna monokromatik, yang terdapat pada subyek lukisan dan warna kontras pada background lukisan memperkuat center of interest pada subyek lukisan. Secara keseluruhan dari kedua belas karya lukis ini mengemukakan tentang segala permasalahan manusia terhadap alam. Subyek yang terlihat adalah subyek manusia dan subyek alam, yang dilukiskan dengan pendekatan surealisme. Keseimbangan yang digunakan kebanyakan adalah keseimbangan asimetris, walaupun ada yang simetris pada beberapa karya. Pemilihan warna juga lebih banyak menggunakan susunan warna monokromatik.

5 Kata Kunci Manusia, Kerusakan alam, Lukis

6 Referensi Bahari, Nooryan Kritik Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bastomi, Suwadji Seni Kriya Seni. Semarang: Unnes Press. Carssirer, Ernst Manusia dan Kebudayaan : Sebuah Esai Tentang Manusia. Jakarta : PT Gramedia. Hamzah, M. Husain Rifa’i Potret Manusia Ankabutisme. Surabaya: Fa. Pustaka Progresif. Hidayat, Bambang Bencana Mengancam Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. Kartika, Sony Darsono Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains. Mamannoor, Nurcahyo Ambang Cakrawala. Seni Lukis Amang Rahman Jubair. Jakarta: Yayasan Kembang Jati. Marianto, M Surealisme Yogyakarta. Yogyakarta: Merapi Mulliono M, Anton Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Musyarofah Goresan Lewat Imaji Surealistik. Jakarta: Laras. Prawira, Sulasmi Darma Warna sebagai Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Depdikbud. Raharjo, J. Budhy Buku Sumber: Himpunan Materi Pendidikan Seni, Seni Rupa. Bandung: CV. Yrama. Rondhi, Moh dan Anton Sumartono “Tinjauan Seni Rupa I” : Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Sahman, Humar Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang. IKIP Semarang. Press. Soetjipto, Katjik, Sejarah Perkembangan Seni Lukis Modern. Jakarta: Depdikbud Sunaryo, Aryo “Nirmana”. Hand Out, jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Semarang Sunaryo, Aryo “Nirmana 1”. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Triyanto : “Pengantar Estetika” : Bahan Ajar Tertulis. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. Didownload tanggal 12 Juli bencanaalam. html

7 Terima Kasih


Download ppt "ADINDA SURYA ADI, 2401404003 Manusia dan Kerusakan Alam Sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Lukis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google