Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ILUSTRASI ANALISA TRANSAKSI MODUL 3. Ikthisar Transaksi Tentukan apakah akun aktiva, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, atau beban terpengaruh oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ILUSTRASI ANALISA TRANSAKSI MODUL 3. Ikthisar Transaksi Tentukan apakah akun aktiva, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, atau beban terpengaruh oleh."— Transcript presentasi:

1 ILUSTRASI ANALISA TRANSAKSI MODUL 3

2 Ikthisar Transaksi Tentukan apakah akun aktiva, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, atau beban terpengaruh oleh suatu transaksi. Untuk setiap akun yang terpengaruh oleh suatu transaksi, tentukan apakah akun tersebut mengalami kenaikan atau penurunan. Tentukan apakah kenaikan atau penurunan yang terjadi dalam suatu transaksi dicatat sebagai debit atau kredit.

3 Proses Posting Akun Standar Mula-mula tanggal transaksi dimasukkan Jumlah ayat jurnal dicatat. Untuk referensi masa mendatang Nomor halaman jurnal dicatat dalam kolom referensi posting (Ref.Post) akun bersangkutan, Nomor akun dicatat dalam kolom Ref.Post dari jurnal

4 1 DesNayla Enterprise membayar sewa bulan Desember sebesar €800. Perusahaan pemilik kantor yang disewa Nayla Enterprise sekarang mewajibkan penyewanya untuk membayar pada awal bulan. Sebelumnya, pembayaran sewa dilakukan pada akhir bulan.. 1 Des Beban Sewa800 KAS800 (pembayaran sewa bulan Desember)

5 1 DesNayla Enterprise menerima tawaran dari pengecer lokal untuk menyewa tanah yang dibeli tanggal 5 November. Pengecer tersebut merencanakan menggunakan tanah itu sebagai tempat parkir bagi para karyawan dan pelanggannya. Nayla Enterprise setuju untuk menyewakan tanah itu kepada pengecer selama tiga bulan dengan sewa dibayar dimuka. Nayla Enterprise menerima €360 untuk sewa tiga bulan dimulai sejak 1 Desember. 1 Des KAS360 Sewa Diterima di Muka360 (Diterima pembayaran di muka sewa tanah selama 3 bulan)

6 4 DesNayla Enterprise membeli peralatan kantor secara kredit dari Executive Supply Co. seharga € DesNayla Enterprise membayar €180 untuk iklan surat kabar. 4 Des Peralatan Kantor1.800 Utang Usaha1.800 (pembelian peralatan kantor secara kredit) 6 Des Beban Rupa-rupa180 KAS180 (pembayaran iklan surat kabar)

7 11 Des Nayla Enterprise membayar utang usaha kepada kreditor sebesar € DesNayla Enterprise membayar resepsionis dan asisten paruh waktu sebesar €950 untuk dua minggu. 11 Des Beban Sewa400 KAS400 (pembayaran utang usaha ke kreditor) 13 Des Beban Upah950 KAS950 (pembayaran upah 2 minggu)

8 16 DesNayla Enterprise menerima pembayaran €3.100 dari pendapatan jasa selama setengah bulan pertama pada bulan Desember. 16 DesPendapatan jasa secara kredit selama paruh pertama bulan Desember adalah € Des Beban Sewa3.100 Pendapatan Jasa3.100 (pembayaran jasa dari pelanggan) 16 Des Piutang Usaha1.750 Pendapatan Jasa1.750 (Pendapatan jasa secara kredit)

9 21 DesNayla Enterprise menerima pembayaran utang dari pelanggan sejumlah € DesNayla Enterprise membayar €1.450 untuk pembelian perlengkapan 21 Des KAS650 Piutang usaha650 (pembayaran piutang jasa dari pelanggan) 23 Des Perlengkapan1.450 KAS1.450 (pembelian perlengkapan)

10 31 Des Nayla Medianty menarik €2.000 untuk keperluan pribadi. 31 Des Penarikan Nayla Medianty2.000 KAS2.000 (Nayla Medianty menarik kas utk keperluan pribadi)

11 Neraca Saldo (Trial Balance)

12 Konsep Materialitas (Materiality Concept) Kesalahan dapat ditangani dengan cara yang paling mudah Misal :Kesalahan beberapa dolar dalam pencatatan aktiva yang dinyatakan sebagai beban pada perusahaan yang memiliki aktiva jutaan dolar akan dianggap sebagai kesalahan yang tidak material dan tidak dibutuhkan koreksi.

13 Kesalahan yang tidak menyebabkan perbedaan dalam Neraca Saldo Transaksi yang tidak tercatat atau tidak diposting Pencatatan jumlah yang sama di sisi debit dan kredit tetapi salah Pencatatan transaksi yang sama lebih dari satu kali Posting transaksi secara benar sebagai debit dan kredit, tetapi ke akun yang salah

14 Cara Menemukan Kesalahan dalam Akun Melalui Prosedur Audit Secara tidak sengaja Dengan memeriksa Neraca Saldo

15 Kesalahan Kesalahan penyiapan neraca saldo Kesalahan dalam mencatat angka-angka ke neraca saldo Kesalahan penjumlahan kolom Saldo dimasukkan ke kolom yang salah atau diabaikan Debit diposting sebagai kredit, atau sebaliknya Jumlah yang dimasukkan ke suatu akun salah Posting debit / kredit diabaikan Kesalahan menghitung saldo Saldo dimasukkan ke kolom akun yang salah Kesalahan-kesalahan yang Menyebabkan Ketidaksamaan Neraca

16 Koreksi Kesalahan KesalahanProsedur Koreksi 1.Ayat jurnal tidak benar tetapi tidak diposting 2.Ayat jurnal sudah benar tetapi diposting secara keliru 3.Ayat jurnal tidak benar dan sudah diposting Coret kesalahan tersebut dan cantumkan judul atau jumlah yang benar Coret kesalahan tersebut dan lakukan posting yang benar Buatlah jurnal koreksi dan posting untuk mengoreksi

17 Analisis Horizontal Laporan Laba Rugi


Download ppt "ILUSTRASI ANALISA TRANSAKSI MODUL 3. Ikthisar Transaksi Tentukan apakah akun aktiva, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, atau beban terpengaruh oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google