Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Persekutuan : Pendirian, Operasi dan Perubahan Keanggotaan Created by : Raisa Pratiwi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Persekutuan : Pendirian, Operasi dan Perubahan Keanggotaan Created by : Raisa Pratiwi."— Transcript presentasi:

1

2 Persekutuan : Pendirian, Operasi dan Perubahan Keanggotaan Created by : Raisa Pratiwi

3 DEFINISI : PERSEKUTUAN 1. Persekutuan adalah perikatan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan bisnis sebagai pemilik bersama dengan tujuan mendapatkan laba 2. Persekutuan adalah suatu perjanjian dengan mana dua orang atau lebih, mengikatkan diri untuk memasukkan sesuatu ke dalam Persekutuan dengan maksud untuk membagi keuntungan atau manfaat karenanya.

4 KESIMPULAN DEFINISI : Unsur Pokok Persekutuan : a.Gabungan atau asosiasi para sekutu (Orang / Badan Usaha) b.Pemilikan dan pengelolaan bersama c.Tujuan untuk mencari laba.

5 CARA PEMBENTUKAN PERSEKUTUAN a. Mendirikan persekutuan baru b. Mengubah/menggabungkan perusahaan perseorangan yang sudah berjalan/ada c. Mengubah pemilikan perusahaan persekutuan yang sudah ada

6 Business Combinations A business combination terjadi ketika dua atau lebih entitas usaha yang terpisah bergabung menjadi satu entitas usaha.

7 Reasons for Business Combinations/ Alasan penggabungan usaha Cost advantage/Manfaat biaya Lower risk/Resiko lebih rendah Fewer operating delays/ Penundaan operasi pengurangan Avoidance of takeovers/ Mencegah pengambilalihan Acquisition of intangible assets/ Akuisisi harta tdk berwujud Other reasons/alasan lainnya

8 The Legal Form of Business Combinations/Bentuk penggabungan badan usaha Business Combination Merger AcquisitionsConsolidation

9 The Legal Form of Business Combinations A B A Merger Merger: Penggabungan badan usaha dimana salah satu perusahaan yang bergabung akan terus hidup dan mengambil alih semua aktiva dan hutang perusahaan lain.

10 The Legal Form of Business Combinations AB C Consolidation Konsolidasi Didirikan sebuah perusahaan baru untuk mengambil alih semua aktiva dan hutang perusahaan yang telah ada sebelumnya yang bergabung.

11 The Legal Form of Business Combinations AB Hubungan afiliasi/akuisisi Masing-masing perusahaan masih tetap hidup dan tetap menjalankan kegiatan operasional, akan tetapi salah satu akan menguasai perusahaan yang lain ( Hubungan Induk dan Anak Perusahaan ). Acquisitions AB

12 11 Pengertian Persekutuan Secara umum Persekutuan dapat didefinisikan sebagai suatu gabungan atau asosiasi dari dua individu atau lebih untuk memiliki dan menyelenggarakan suatu usaha secara bersama dengan tujuan untuk memperoleh laba Berdasarkan luasnya tanggung jawab para sekutunya, persekutuan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu persekutuan firma (Fa), dan persekutuan komanditer (CV = Comanditair Vennotschap)

13 12 Karakteristik Utama Persekutuan Mutual Agency Limited Life Khusus untuk persekutuan firma, ditambah Un Limited Liability Interest In Partnership Participating In Partnership Profit

14 AKUNTANSI UNTUK PENDIRIAN PERSEKUTUAN Secara umum, saldo modal ditentukan proposional dari modal yang disetorkan masing- masing sekutu. Contohnya, jika A menyetorkan 70 persen dari aktiva bersih persekutuan bersama B, maka A akan memiliki 70 persen dan B 30 persen bagian modal, para sekutu bisa sepakat untuk persentase berapapun. Jadi sebelum mencatat modal awal, semua sekutu harus setuju atas penilain aktiva dan bagian modal masing – masing sekutu.

15 Ilustrasi Akuntansi Pendirian Persekutuan Alt, perusahaan perorangan, telah mengmbangakan beberapa peranti lunak untuk berbagai jenis komputer. Berikut adalah saldo dari akun-akun Alt pada tanggal 31 Desember K as3000 Persediaan7000 Peralatan Akm. Depresiasi-Peralatan5000 Kewajiban10000 Modal, Alt15000

16 Alt dan Blue setuju untuk membentuk persekutuan. Usaha Alt diaudit, dan aktiva bersihnya dinilai ulang. Hasil audit dan penilaian menyatakan bahwa ada kewajiban senilai $1.000 yang tidak tercatat, persediaan dinilai sebesar $9.000, dan peralatan memiliki nilai wajar $ Alt dan Blue menyiapkan dan menandatangani perjanjian persekutuan yang mencakup semua kebijakan operasi yang signifikan. Blue akan menyetorkan uang tunai sebesar $ untuk sepertiga kepemilikan modal Persekutuan AB mengambil alih semua usaha Alt, termasuk kewajibannya.

17 Jurnal untuk mencatat penyetoran modal awal pada pembukuan persekutuan adalah : 1 januari 2011 (1)Kas Persediaan9.000 Peralatan Kewajiban Modal, Alt Modal, Blue Pembentukan persekutuan bAB dengan penyetoran modal oleh Alt dan Blue. Jadi, modal persekutuan adalah $ Nb : Jumlah bagian modal masing – masing sekutu yang dicatat tidak harus sebanding dengan nmodal yg disetorkan. Para sekutu dapat saja sepakat membagi modal ama rata tanpa melihat jumlah modal yg disetorkan

18 Akuntansi untuk Operasi Persekutuan Akun dari Sekutu -Persekutuan bisa memiliki beberapa akun untuk masing – masing sekutu dalam pencatatan akuntansinya. Akun para sekutu (partners’ accounts) tersebut adalah sebagai berikut : Akun Modal Akun penarikan Akun Pinjaman

19 Akun Modal Investasi awal para sekutu, setoran modal selanjutnya, distribusi keuntungan atau kerugian, dan penarikan modal oleh sekutu dicatat dalam akun modal sekutu. Akun normal modal ada di kredit, pada saat modal didebit, disebut juga adanya kekurangan atau terkadang disebut defisit yang terjadi karena kerugian dan penarikan modal seorang sekutu melebihi modal yang yg disetor dan pembagian keuntungan. Defisit akan hilang dengan adanya penyetoran modal. Saldo dalam akun modal mencerminkan aktiva bersih sekutu pada persekutuan.

20 Akun Penarikan Persekutuan AB untuk penarikan kas sejumlah $3.000 oleh blue pada tanggal 1 mei 2011: 1 Mei 2011 (2) Penarikan, Blue3.000 Kas3.000 Penarikan $3.000 oleh Blue - Penarikan dalam bentuk selain kas harus dinilai sebesar nilai wajarnya pada tanggal penarikan.

21 Akun Pinjaman Mencatat pinjaman dari Alt kepada persekutuan senilai $4.000 dengan bunga 10% pada tanggal 1 juli 2011: 1 Juli 2011 (3) Kas4.000 Pinjaman dari Alt Mencatat pinjaman dari Alt. -Kewajiban kepada Alt dilaporkan dalam neraca persekutuan. Pinjaman dari seorang sekutu adalah transaksi dari pihak hubungan istimewa yang membutuhkan pengungkapan terpisah dalam catatan atas laporan keuangan, dan harus disajikan sebagai komponen terpisah, tidak digabung dengan pihak lainnya.


Download ppt "Persekutuan : Pendirian, Operasi dan Perubahan Keanggotaan Created by : Raisa Pratiwi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google