Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society ) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society ) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian."— Transcript presentasi:

1

2 Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society ) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu- individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan- hubungan antar entitas-entitas.

3 Masyarakat adalah Sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

4 Daftar Istilah : * Peran Agama Kristen: Kesempurnaan agama Kristen (teleiox- teleios/complete) menurut kesakasian Alkitab ialah dengan melakukan apa yang diimani (“ Kamu lihat bahwa iman bekerja sama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna”.

5 Yak. 2:22 bd Mat. 19:21, Kol. 4:12, Yak. 1:4, 25, 1 Yoh. 4:17. Iman dan perbuatan merupakan 2 hal yang hanya bisa dibedakan namun tidak bisa di- pisahkan (Yak.2) Artinya, mengimani apa yang diyakini diwujudkan dengan meng- aminkan dalam setiap tindakan. * Masyarakat beradab dan Sejahtera: masy yg secara jujur hidup dlm kenyataan:

6 1. Mengakui persamaan derajat dan persa – maan antara sesama manusia 2. Saling mencintai sesama manusia 3. Mengembangkan sikap tenggang rasa 4. Tidak semena-mena terhadap org lain 5. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan 6. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan 7. Berani membela kebenaran

7 * Hak Asasi Manusia : Hak-hak yang telah dimiliki seseorang sejak ia lahir dan merupakan pemberian dari Tuhan. HAM ini tertuang dalam deklarasi kemer- dekaan Amerika Serikat (Declaration of Independece of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, spt pada pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1.

8 Beberapa contoh HAM: - Hak untuk hidup - Hak untuk memperoleh pendidikan - Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain - Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama - Hak untuk mendapatkan pekerjaan.

9 * Demokrasi Berasal dari 2 kata Demos  rakyat Kratos/cratein  Pemerintahan. Dapat diartikan “pemerintah rakyat”. Demokrasi adalah : bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara utk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.

10 Uraian Substansi Kajian 1. Agama yang Memanusiakan Manusia Peradapan masa kini sangat membutuhkan agama dengan paradigma moral, yaitu agama yang sanggup menggairahkan inisiatif umat dalam pemberdayaan demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang beradap dan sejahtera.

11 Agama dengan paradigma moral yaitu Agama yang memiliki visi memanusiakan manusia seutuhnya. Paradigma ialah : model interpretasi atau model pemahaman dengan kredibilitas ilmiah. Intinya adalah agama harus menjadi berkat bagi masyarakat.

12 2. Agama yg Memperjuangkan Beradab dan Sejahtera. Ajaran Kristus untuk mewujudkan mas – yarakat yang beradab dan sejahtera secara eksplisit terdapat dalam hukum kasih. kasih sebagai ajaran utama agama Kristen Dalam 1 Kor. 13:13 Rasul Paulus menye- butkan kasih sebagai yang terbesar di ban- dingkan dengan iman, pengharapan.

13 Keberadaan orang beriman di tengah masyarakatnya bukanlah suatu kebetulan semata. Berdasarkan ajaran Injil, kebera – daan setiap orang beriman tidak terlepas dari mengemban tugas panggilan (Mat. 5:13 -16). Panggilan untuk menjadi garam dan terang dunia.

14 Pemaknaan aktualisasi pemberdayaan sebagai 'garam dan terang' melalui tritugas panggilan, yaitu: Marturia, Koinonia, dan Diakonia. Tritugas ini pada intinya adalah suatu panggilan pemberdayaan, menjadikan individu sebagai pribadi yang bebas dan merdeka berdasarkan ketaatannya pada Tuhan

15 a. Bersaksi Gereja modern mencatat Amanat pewar – taan Injil-holistik (eksistensial) merupakan aktualisasi tugas yang disampaikan Tuhan Yesus kepada para murid pada waktu itu (Mat. 28:19-20 band. Mrk. 16:15 Kis. 1:8). Kesaksian yang holistik/totalitas sesuatu yang diajarkan Tuhan Yesus sendiri,

16 Yesus mengajarkan `kasih' sebagai hukum yang terutama dan pertama. Kasih adalah inti yang menyemangati isi batiniah iman yang benar dalam Kitab Perjanjian Lama, yang ditekan – kan kembali oleh Yesus dalam Perjanjian Baru.

17 b. Melayani Calvin meyakini diakonia sebagai sesuatu yang gerejawi sifatnya, khususnya berke- naan pelayanan yaitu. - Mengurus orang miskin dan - Menyelenggarakan pelayanan bagi orang sakit. Pelayanan diakonia dalam sejarah gereja berkembang pada abad 19 seiring dengan

18 memudarnya anggapan bahwa gereja hanya mengurusi perkara-perkara rohani. Fungsi pelayanan yang semacam itu secara eksplisit tersirat dalam pengajaran Tuhan Yesus antara lain Matius 23, Matius 7:21, Lukas 4 :18. Qleh karena itu, sebagai gereja yang Kristokratif maka gagasan diakonia sesuatu yang sangat penting dan menentukan.

19 c. Bersekutu Ajaran tentang bersekutu dalam Alkitab dikenal dgn istilah Koinonia –> bersekutu bhs Yunani merupakan sendi kehidupan gereja yang diartikan sebagai tugas dan panggilan yang lebih bersifat internal (I Ptr. 1:9-10).

20 Kegiatan persekutuan ini antara lain dalam bentuk ibadah, sekolah minggu, katekisasi maupun berbagai acara lainnya seperti pembinaan dalam keluarga. Dalam hubungan ini sejak ribuan thn lalu dilakukan peribadahan setiap hari Minggu -> dominggo – bahasa Portugis - yaitu Tuhan).

21 Jemaat Melalui Ibadah Persekutuan Pembinaan Pelayanan Penginjilan

22 Membangun Mengharmoniskan Memberdayakan Menyalurkan Karunia Memobilisir Jemaat

23 Ibadah PelayananPembinaan Persekutuan Penginjilan

24 Berpusat, Seimbang, Dinamis, Seutuhnya, Bertumbuh & Maksimal


Download ppt "Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society ) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google