Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HENI PURWATI, 2102407163 Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HENI PURWATI, 2102407163 Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono."— Transcript presentasi:

1 HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HENI PURWATI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - henyphe pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Drs. Sukadaryanto, M.Hum. - TGL UJIAN :

3 Judul Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono

4 Abstrak AY. Suharyono merupakan pengarang Jawa yang produktif dalam menulis cerita cekak, cerita sambung, dan esai. Karya-karyanya banyak yang dimuat dalam berbagai majalah berbahasa Jawa, salah satunya yaitu cerita sambung Sang Fotografer yang dimuat di majalah Panjebar Semangat. Dalam cerita sambung Sang Fotografer terdapat bahasa yang menarik karena sasaran dari cerita bersambung ini ditujukan untuk semua kalangan termasuk anak muda. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya bahasa yang terdapat dalam cerita sambung Sang Fotografer karya AY. Suharyono yang mencakup pilihan kata (diksi), pilihan kalimat, dan majas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan AY. Suharyono dalam cerita sambung Sang Fotografer. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika dengan metode struktural dilakukan dengan menganalisis gaya bahasa yang terdapat dalam cerita sambung Sang Fotografer yang meliputi diksi (pilihan kata), pilihan kalimat, dan majas. Dengan menganalisis gaya bahasa maka ciri khas penggunaan bahasa seorang sastrawan akan diketahui. Hasil dari penelitian ini adalah gaya bahasa dalam cerita sambung Sang Fotografer didominasi oleh pilihan kata atau diksi yang menggunakan kosakata bahasa asing. Penggunaan kosakata bahasa asing dalam cerita sambung Sang Fotografer ini berfungsi untuk memunculkan kesan yang modern. Saran bagi pembaca adalah hasil penelitian ini seyogyanya dapat dijadikan sebagai referensi bagi penelitian-penelitian karya sastra khususnya yang berkaitan dengan penggunaan gaya bahasa.

5 Kata Kunci Gaya Bahasa, AY. Suharyono, cerita sambung Sang Fotografer

6 Referensi Aminuddin Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algesindo Stilistika pengantar memahami bahasa dalam karya sastra (cetakan pertama). Semarang: IKP Semarang press Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Chaer, Abdul Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta Endraswara, Suwardi Metodologi penelitian sastra. Yogyakarta: Media Pressindo. Fitria, Suswati Feminisme dalam Cerita Sambung Sang Fotografer karya A. Y. Suharyono. Semarang: Skripsi FBS Universitas Negeri Semarang. Jabrohim Tinjauan Teoretik Tentang Semiotik. Dalam Diunduh 14 Juni Keraf, Gorys Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia. Kurniati, Endang Sintaksis Bahasa Jawa. Semarang: Griya Jawi. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Pradopo, Rachmat Djoko Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rustono Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press. Satriya, Tjatur Wisnu Sasangka, Sry Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta: Yayasan Paramalingua Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest Serba-serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Supriyanto, Teguh Kajian Stilistika Dalam Prosa. Yogyakarta: Elmatera Publishing. Teeuw, A Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusaka Jaya Girimukti Pasaka. Wedhawati, Sri Nardiati, Samid Sudira, dan Yohanes Tri Mastoyo Preposisi dalam Bahasa Jawa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Wellek dan Werren Teori Kesusastraan (diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.

7 Terima Kasih


Download ppt "HENI PURWATI, 2102407163 Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google