Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGIKA. Jika anda mahasiswa Informatika maka anda tidak sulit belajar Bahasa Java. Jika anda tidak suka begadang maka anda bukan mahasiswa Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGIKA. Jika anda mahasiswa Informatika maka anda tidak sulit belajar Bahasa Java. Jika anda tidak suka begadang maka anda bukan mahasiswa Informatika."— Transcript presentasi:

1 LOGIKA

2 Jika anda mahasiswa Informatika maka anda tidak sulit belajar Bahasa Java. Jika anda tidak suka begadang maka anda bukan mahasiswa Informatika. Tetapi, anda sulit belajar Bahasa Java dan anda tidak suka begadang. Jadi, kalau begitu anda bukan mahasiswa Informatika. Apakah kesimpulan dari argumen di atas valid? Alat bantu untuk memahami argumen tsb adalah Logika

3 Banyak teorema dalam Ilmu Komputer/Informatika yang membutuhkan pemahaman logika. Contoh: 1. Syarat cukup graf dengan n simpul mempunyai sirkuit Hamilton adalah derajat tiap simpul  n/2. 2. T(n) =  (f(n)) jika dan hanya jika O(f(n)) =  (f(n)).

4 Bahkan, logika adalah jantung dari algoritma dan pemrograman. Contoh: if x mod 2 = 0 then x:=x + 1 else x:=x – 1

5 Aristoteles, peletak dasar-dasar logika

6 Logika berhubungan dengan benar (true) dan salah (false). Logika merupakan dasar dari semua penalaran (reasoning) di dalam ilmu pengetahuan. Penalaran didasarkan pada hubungan antara pernyataan (statements). Ilmu pengetahuan apa pun dapat dipahami karena penalarannya sesuai dengan logika manusia.

7 Di dalam logika, kita hanya meninjau kalimat yang dapat ditentukan benar atau salah  proposisi. Proposisi: kalimat deklaratif yang bernilai benar (true) atau salah (false), tetapi tidak keduanya. Contoh 1. Semua pernyataan di bawah ini adalah proposisi: (a) 13 adalah bilangan ganjil (b) Soekarno adalah alumnus UB. (c) = 2 (d) 8  akar kuadrat dari (e) Ada monyet di bulan (f) Hari ini adalah hari Rabu (g) Untuk sembarang bilangan bulat n  0, maka 2n adalah genap (h) x + y = y + x untuk setiap x dan y bilangan riil

8 Contoh 2. Semua pernyataan di bawah ini bukan proposisi (a) Jam berapa kereta api Argo Bromo tiba di Gambir?  kalimat tanya (b) Isilah gelas tersebut dengan air!  kalimat perintah (c) x + 3 = 8  kalimat terbuka (tergantung pada nilai x) (d) x > 3  kalimat terbuka (tergantung pada nilai x) Kesimpulan: Proposisi adalah kalimat berita

9 Pernyataan yang melibatkan peubah (variable) disebut predikat, kalimat terbuka, atau fungsi proposisi Contoh: “ x > 3”, “y = x + 10” Notasi: P(x), misalnya P(x): x > 3 Predikat dengan quantifier:  x P(x) Kalkulus proposisi: bidang logika yang berkaitan dengan proposisi Kalkulus predikat: bidang logika yang berkaitan dengan predikatr dan quantifier

10 Sebuah proposisi bisa berbentuk: a. atomik (tunggal) Contoh: Pemuda itu tinggi b. majemuk (konektor: dan, atau, tidak) Contoh: - Pemuda itu tinggi dan tampan - Ia dihukum 5 tahun atau didenda 10 juta - Hari ini tidak libur c. bersyarat Contoh: - Jika nilai UAS bagus maka nilai akhir A - Jika suhu mencapai 80  C, maka alarm berbunyi - Hujan turun jika dan hanya kelembaban udara tinggi - Anda tidak dapat terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu jika anda berusia di bawah 17 tahun kecuali kalau anda sudah menikah.

11

12

13 p: Budi naik kelas q: Budi dibelikan sepeda motor p → qp → q pqp → q pq pq pq pq

14 Invers

15 p: Budi naik kelas q: Budi dibelikan sepeda motor ~p → ~q pq ~p~q~p → ~q

16 Konvers

17 p: Budi naik kelas q: Budi dibelikan sepeda motor q → pq → p pqq → p

18 Kontraposisi

19 p: Budi naik kelas q: Budi dibelikan sepeda motor ~q → ~p pq ~p~q~p → ~q


Download ppt "LOGIKA. Jika anda mahasiswa Informatika maka anda tidak sulit belajar Bahasa Java. Jika anda tidak suka begadang maka anda bukan mahasiswa Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google