Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA PROGRAM SARJANA 2012/2013 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA PROGRAM SARJANA 2012/2013 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI."— Transcript presentasi:

1

2 UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA PROGRAM SARJANA 2012/2013 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

3 Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

4 Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting : Input (data) PengolZahan data (Procces ) Informasi (output)

5  Komputer mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : ● Menerima input. ● Memproses input tadi sesuai dengan programmnya. ● Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan. ● Menyediakan output dalam bentuk informasi.

6  Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah : 1. Alat elektronik 2. Dapat menerima input data 3. Dapat mengolah data 4. Dapat memberikanZ informasi 5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program) 6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan 7. Bekerja secara otomatis

7 - Manfaat komputer - Banyak dipengaruhi oleh lingkungan dimana komputer itu digunakan dan skill pengguna komputer itu sendiri. Penerapan pada kehidupan sehari-hari  Manfaat Komputer pada bidang Graphics Desizgn. Contohnya adalah digunakan di perzcetakan, entertainment, bagian R & D, Enzgineering, Jasa Graphic Design, Perusahaan Fzurniture dll.

8  Manfaat Komputer pada bidang administrasi Spread Sheet dan Word Processor. Spread sheet : untuk mengerjakan pengolahan data dalam bentuk tabel, berbagai perhitungan matematika, grafik dll Word Processor : untuk mengerjakan pengolahan kata, surat menyurat, pembuatan makalah, skripsi, karya tulis, menyusun prosedur kerja dll.

9  Manfaat Komputer sebagai alat komunikasi mengirimkan teZxt atau tulisan saling berbicara (Voice) saling bertatap muka (dengan menggunakan webcam)

10  Dengan teknologi informasi lebih menekankan pada proses pengolahan data (informasi), yang dapat berupa masukan data (melalui perangkat keras), menyimpan (dalam CPU) dan menampilan data (print out) dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer. Sedangkan teknologi komunikasi lebih menekankan pada penggunaan media (seperti komputer) dalam menyampaikan informasi, tentunya dengan mengkomunikasi informasi tersebut secara efektif dan efisien.

11 Sejak dari tahun 1990an komputer sudah menjadi alat pembantu kita untuk kegiaatan sehari-hari. Dengan ini, hampir semua orang di dunia menggunakan komputer ataupun laptop. komputer dan internet dapat membuat tugas-tugas kita dengan cepat, effisien, d an effektif. Konklusinya adalah dengan adanya kombinasi antara komputer dan internet. Kegiatan sehari-hari kit dapat dibantu dengan membuatnya lebih mudah. Dan juga informasi tersedia dengan cepat untuk menambah ilmu pengetahuan.

12 CPU ( Central Processing Unit ) Fungsi utama melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatika dan logika Komponen CPU Motherboard Prosesor RAM Video card VGA Sound card Hardisk, Optical disk drive, Power suplay, Casing

13 Komputer Berdasarkan Data yang Diolah/ Sinyal Masukan. 1.Komputer Analog Contoh : contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. 2.Komputer DigitalZ Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal dan pakai. Contoh : Personal komputer 3.Komputer Hybrid komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital.

14 1. Special Purpose Computer Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Contoh : komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket. 2. General Purpose Computer komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum. Contoh : Personal Computer

15 1. Small Scale Computer komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. 2. Medium Scale Computer Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal. 3. Large Scale Computer Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

16 1. Mikro Komputer / Personal computer(PC) 2. Mini Computer 3. Small Computer / Snall-scale main frame computer 4. Medium Computer 5. Large Computer 6. Super Computer

17 1. Tower 2. Desktop 3. Portable 4. Laptop 5. Notebook 6. Komputer Sub 7. Notebook (handbook) 8. Palmtop (handheld)

18 Berdasarkan Generasi 1. Generasi I, tahun , menggunakan tabung hampa. 2. Generasi II, tahun , menggunakan transistor. 3. Generasi III, tahun , menggunakan IC (Integrated Circuit). 4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC).

19  Vannevar Bush Pencipta Memex, teknologi mekanik komputerisasi pertama. Sekarang memex kita kenal sebagai Keyboard.  Claude Shannon Beliau merupakan pencetus dan pencipta BTS ( Base Transmission Unit ), dan switching relay. Tanpa jasa beliau ini, kita ( para kaum muda ) tidak akan bisa berkomunikasi mobile / handphone pun tidak tercipta.  J.C.R. LickliderZ Beliau merupakan pencipta sekaligus pencetus simbol - simbol dalam teknologi jaringan ( networking ) dan dijadikan standar international. Tanpa jasa beliau, visio maupun software software sejenis yang kategori fungsinya untuk menggambar topology jaringan ( networking ) tidak akan pernah ada.  Paul Baran Pencipta sekaligus pencetus teknologi survivable communications networks yang saat itu merupakan bagian dari project SAGE RADAR DEFENCE SYSTEM. Teknologi ini sekarang dikenal dengan radar pertahanan militer.

20 Ted Nelson Beliau merupakan pencetus ide tentang world wide electronic publishing system yang kemudian dikembangkan oleh TIm Berners-Lee's menjadi teknologi world wide electronic publishing system, yang sekarang dikenal dengan . tanpa jasa serta ide dari beliau, teknologi berikut turunannya seperti mail server tidak akan tZercipta. Leonard Kleinrock Menemukan sekaligus menciptakan teknologi network measurement center. Teknologi yang dapat mengukur performance dari kemampuan suatu jaringan data ( networking ). Sekarang teknologi ini sudah banyak berkembang dan dikenal dengan istilah "Networking Monitoring". Lawrence Roberts Beliau merupakan pencetus dunia digital networking ( digital network communication ) atau yang dikenal dengan WAN ( world Area Network ). Kontribusi beliau tidak hanya di teknologi digital WAN, tetapi pencipta dari teknologi X.25 networking system. Steve Crocker Beliau merupakan penemu serta pencipta teknologi tertua sebelum teknologi yaitu RFC ( Request For Command ). RFC 1 dan terus dikembangkan hingga ratusan versi, teknologi RFC ini merupakan cikal bakal dari mailling list serta .

21  Jon Postel Kontribusi beliau adalah penemu multimedia conferencing, , jaringan digital data berpita lebar, serta jaringan data berkecepatan tinggi.  Vinton Cert Beliau merupakan penemu serta pencetus teknologi Packet Network Interconnection, atas dasar penemuan ini perkembangan indrusti networking khususnya dalam teknologi protocol jaringan berkembang pesat dan menjadi standar international sepanjang masa manusia. Sekarang penemuan ini dikenal dengan istilah TCP/IP.  Robert KaZhn Beliau merupakan pencetus sekaligus penemu teknologi network connectivity ( gateway ), error discovery, serta design black box. Teknologi gateway merupakan teknologi jaringan data yang memungkinkan antar jaringan yang berbeda dapat terkoneksi, terintegrasi serta berkomunikasi lintas data.  Christian Huitema Beliau bekerja di Microsoft taun 2000, beliau merupakan pencetus IPv6, Real Time Communication serta UPnP ( Universal Plug and Play ) yang sekarang banyak diterapkan dalam teknologi usb atao device portable, dimana kita bisa plug device tanpa perlu meng-install driver pendukungnya.


Download ppt "UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA PROGRAM SARJANA 2012/2013 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google