Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

X. RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT GAMBARAN UMUM RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT DIVERSIFIKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "X. RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT GAMBARAN UMUM RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT DIVERSIFIKASI."— Transcript presentasi:

1 X. RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT GAMBARAN UMUM RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT & TEORI PORTOFOLIO MODERN TUGAS TERSTRUKTUR

2 GAMBARAN UMUM RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT Karakteristik pengembalian-risiko dari masing2 penyaluran kredit dalam portofolio adalah penting bagi FI, tetapi status pengembalian- risiko seluruh portofolio penyaluran kredit, dengan beberapa risiko penyaluran kredit individual yang terdiversifikasi, mempengaruhi eksposur risiko keseluruhan kredit.

3 GAMBARAN UMUM RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT Untuk itu penggunaan model portofolio penyaluran kredit dalam membentuk batas konsentrasi maksimum (kredit) bagi bisnis tertentu atau sektor2 peminjam menjadi potensial. Model portofolio pinjaman ada yang dikembangkan oleh regulator.

4 MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT Dua model sederhana yang dikembangkan oleh FI untuk mengukur konsentrasi risiko kredit dalam portofolio penyaluran kredit yang secara murni model subyektif: 1. Analisis migrasi, 2. Batas2 konsentrasi.

5 MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT Analisis migrasi: suatu metode untuk mengukur risiko konsentrasi penyaluran kredit berdasarkan pemeringkatan kredit perusahaan dalam sektor2 khusus untuk penurunan2 tidak biasa. Jika peringkat kredit sejumlah perusahaan dalam suatu sektor turun dengan jumlah yang besar daripada biasanya, FI membatasi pinjaman kepada sektor itu.

6 MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT Batas2 konsentrasi: pembentukan batas2 eksternal atas ukuran penyaluran kredit maksimum yang dapat disalurkan bagi peminjam individu. FI menentukan batas2 konsentrasi atas proporsi dari portofolio penyaluran kredit yang dapat diberikan kepada beberapa pelanggan tunggal dengan menilai portofolio sekarang peminjam, rencana bisnis unit operasinya, proyeksi ekonomi ekonom, & perencanaan strategiknya.

7 MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT FI membentuk batas2 konsentrasi untuk mengurangi eksposur terhadap industri tertentu & meningkatkan eksposur kepada yang lain. Ketika dua kinerja kelompok industri berkorelasi secara tinggi, FI dapat membentuk batas agregatif kurang daripada jumlah dari dua batas industri individual.

8 MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT FI juga secara khusus membentuk batas2 geografis. Batas konsentrasi = [Kerugian maksimum sebagai persentase kapital x (1/Tingkat Kerugian)]. Meskipun model batas konsentrasi mempunyai deal potensial yang besar, tetapi ketersediaan data & problema implementasi lain seringkali mencegah pencapaian potensialnya ini.

9 DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT & TEORI PORTOFOLIO MODERN Jika manajer FI memiliki kredit & obligasi yang diperdagangkan secara luas sebagai aset2, maka dapat menghitung pengembalian & risiko dengan model diversifikasi portofolio. Setelah menghitung seri pengembalian sekuritas individual, manajer FI dapat menghitung pengembalian yang diharapkan & risikonya: R p =  X i R i.

10 DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT & TEORI PORTOFOLIO MODERN  p 2 =  X i 2  i 2 +   X i X j  ij. Pelajaran mendasar atas teori portofolio modern (MPT): dengan mengambil keunggulan atas ukurannya, FI dapat mendiversifikasi sejumlah risiko kredit yang dapat dipertimbang- kan sesuai dengan pengembalian atas aset2 yang berbeda yang berkorelasi tidak sempurna.

11 DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT & TEORI PORTOFOLIO MODERN Diversifikasi portofolio FI terbaik adalah portofolio yang memenuhi syarat: 1. Dengan risiko minimum akan menghasilkan pengembalian tertentu, 2. Dengan risiko tertentu akan menghasilkan pengembalian tertinggi. Kebanyakan manajer portofolio menginginkan dilema pengembalian-risiko dalam pikiran, mereka menginginkan untuk menerima risiko lebih jika mereka dikompensasi dengan pengembalian diharapkan lebih tinggi.

12 CreditMetrics CreditMetrics diperkenalkan pertama kali oleh J.P. Morgan & kolega sponsornya pada Model ini menerapkan teori portofolio dan metodologi nilai-pada-risiko (VAR) untuk mengevaluasi risiko kredit yang menjangkau instrumen2 & portofolio instrumen2 ini, termasuk kredit2 tradisional, komitmen2, & kertas kredit; instrumen pendapatan tetap, kontrak komersial (kredit dagang & piutang); & instrumen derivatif.

13 CreditMetrics Pendekatan CreditMetric’s menguantifikasi risiko kredit adalah berbeda dengan pendekatan tradisional. Pendekatan tradisional biasanya hanya mempertimbangkan dua pernyataan dunia: gagal bayar atau tidak gagal bayar.

14 CreditMetrics Pendekatan dua-pernyataan-dunia ini ber- usaha untuk menangkap masing2 risiko kredit keseluruhan kredit berdasar hanya pada probabilitas gagal bayar atau pemulihan penuh pada interval yang bervariasi atas masa berlakunya kredit. Pendekatan ini tidak memungkinkan untuk perubahan2 segera dalam nilai pinjaman dalam portofolio sebagai “kualitas” kredit atas perubahan2 kredit.

15 CreditMetrics CreditMetrics mengestimasi nilai porto- folio pada risiko yang berkaitan dengan kejadian2 kredit yang melibatkan pening- katan & penurunan grade pemeringkat-an kredit, seperti gagal bayar (menga-dopsi kerangka kerja mark-to-market). Pendekatan ini juga menggunakan estimasi perubahan2 kualitas kredit jangka panjang daripada pengamatan pada beberapa periode sampel terakhir.

16 CreditMetrics Creditmetrics: probabilitas bahwa perhitungan kembali nilai pasar atas kreditnya dalam kondisi peningkatan/ penurunan grade pemeringkatan yang berbeda, meliputi gagal bayar, penimbang masing2 nilai pasar baru dengan probabi- litas historis atas kejadian & kemudian menghitung gejolak atau ukuran nilai- pada-risiko atas perubahan dalam nilai pasar kredit tsb.

17 CreditMetrics CreditMetrics menilai nilai individu & portofolio pada risiko yang berkaitan dengan kredit dalam tiga langkah: 1. Ia menentukan profil eksposur dari setiap item dalam suatu portofolio. 2. Ia menghitung masing2 gejolak instrumen dalam nilai yang disebabkan oleh kemungkinan peningkatan grade, penurunan grade, & gagal bayar.

18 CreditMetrics 3. Ia mempertimbangkan korelasi antara perubahan2 dalam nilai item individu dalam langkah 2 & mengombinasikan gejolak instrumen individu dengan untuk memberikan gejolak portofolio agregat. Teori portofolio merupakan alat yang menarik, khususnya bagi para manager reksadana yang menginvestasi dalam aset2 yang diperdagangkan secara luas.

19 Aplikasi Parsial atas Teori Portofolio Model berdasarkan volume kredit: aplikasi langsung atas teori portofolio modern seringkali sulit untuk lembaga depositori yang kekurangan informasi harga pasar aset karena beberapa aset-seperti kredit- tidak dibeli atau dijual dalam pasar yang mantap. Data volume pinjaman cukup mungkin tersedia yang memungkinkan para manager untuk mengonstruksi modifikasi atau penerapan parsial atas MPTuntuk menganalisis semua eksposur konsentrasi atau risiko kredit FI.

20 Aplikasi Parsial atas Teori Portofolio Data volume kredit meliputi: 1. Laporan segera bank komersial, & 2. Data atas kredit nasional dipangsakan. Data ini selanjutnya menyediakan patokan pasar dengan mana suatu bank individual dapat membandingkan alokasi internal miliknya dengan pinjaman silang sektor2 pinjaman utama seperti pinjaman real estate dan C&I,

21 Aplikasi Parsial atas Teori Portofolio Model berdasarkan rasio kerugian kredit: dalam model ini melibatkan estimasi risiko kerugian kredit sistematis atas sektor atau industri khusus relatif terhadap risiko kerugian kredit portofolio kredit total bank. Risiko kerugian sistematis dapat diestimasi dengan regresi seri-waktu yang berkelanjutan atas tingkat kerugian tiga bulanan dalam sektor ke-I atas tingkat kerugian tiga bulanan portofolio pinjaman total bank.

22 Aplikasi Parsial atas Teori Portofolio Risiko kerugian sistematis dapat diestimasi dengan persamaan: [kerugian sektoral dalam sektor ke-i/ Pinjaman untuk sektor ke-i] =  +  i [Kerugian pinjaman total/Pinjaman total].

23 TUGAS TERSTRUKTUR Credit Risk: Loan Portfolio Risk Halaman Nomor: 2, 3, 4, 5, 6, 8, 12, 14, 15, 18. Selamat mencoba!


Download ppt "X. RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT GAMBARAN UMUM RISIKO PORTOFOLIO PENYALURAN KREDIT MODEL2 SEDERHANA RISIKO KONSENTRASI PENYALURAN KREDIT DIVERSIFIKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google