Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTRODUCTION PEMROGRAMAN MULTIMEDIA. DEFINISI MULTIMEDIA  Vendor PC: Suatu PC yang memiliki kapabilitas suara, DVD-ROM dan memiliki microprocessor multimedia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTRODUCTION PEMROGRAMAN MULTIMEDIA. DEFINISI MULTIMEDIA  Vendor PC: Suatu PC yang memiliki kapabilitas suara, DVD-ROM dan memiliki microprocessor multimedia."— Transcript presentasi:

1 INTRODUCTION PEMROGRAMAN MULTIMEDIA

2 DEFINISI MULTIMEDIA  Vendor PC: Suatu PC yang memiliki kapabilitas suara, DVD-ROM dan memiliki microprocessor multimedia superior.  Pelanggan: TV Kabel interaktif dengan menyedikan ratusan saluran digital atau pelayanan TV Kabel melalui koneksi internet kecepatan tinggi.  Ilmuwan Komputer (Pelajar): Aplikasi yang menggunakan bermacam- macam dukungan seperti teks, gambar, grafik, animasi, video, suara termasuk speech dan interaktif.

3 MENURUT PAKAR  Penempatan dalam Konteks (Hofsette, 2001): Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video & animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

4 EMPAT KOMPONEN PENTING  Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan kita.  Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.  Harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.  Multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide sendiri. (M. Suyanto, 2003)

5 MULTIMEDIA MERUPAKAN KOMBINASI DARI BENTUK KONTEN

6 KLASIFIKASI TIPE MEDIA  Captured media: jenis informasi yang ditangkap dari dunia nyata (misalnya still image, gambar bergerak, dan suara)  Synthesized media (disintesis): jenis informasi yang disintesis oleh komputer (misalnya teks, grafik dan animasi)  Discrete media: media yang melibatkan dimensi ruanf saja (misalnya still image, teks dan grafik). Media diskrit juga disebut sebagaii media statis atau media non-timebased atau media non-temporal  Continous media (timebased): media berbasis waktu (misalnya suara, gambar bergerak, dan animasi). Disebut juga media dinamis atau media berbasis waktu (media temporal)

7 KLASIFIKASI TIPE MEDIA Captured from real world Synthesized by computer Discrete or space-based Continuous or time-based Sound Photo Video Animation Graphics Origin Time/Space natureText

8 KARAKTERISTIK SISTEM MULTIMEDIA  Harus dikendalikan menggunakan komputer, pengguna dapat melihat, mendengar, dan melihat menggunakan sistem multimedia PC.  Terintegrasi, setidaknya diskrit satu dan satu media terus menerus dikombinasikan untuk presentasi informasi dan berbagi.  Informasi yang ditangani harus berupa digital, terdiri dari berbagai bentuk teks yaitu media, grafis, audio, video, dan animasi; dibuat, disimpan, diproses, dan ditransmisikan secara digital.  Antarmuka untuk pengguna akhir dapat mengizinkan interaktivitas, pengguna dapat menavigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi.

9 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Business  Interactive Multimedia Merchandising

10 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Business  Video Conferencing

11 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Business  Travel System

12 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Government  Web Portat

13 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Government  Layanan Publik

14 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Education  Computer Aided Learning  Virtual Campus

15 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Broadcasting dan Entertainment  Electronic Catalogue  Interactive Movie  On-Demand News or Movies  3D or animated movies  Video games  Virtual Reality dan Augmented Reality

16 CONTOH APLIKASI MULTIMEDIA  Health  Virtual Bedah  Organ Analysis


Download ppt "INTRODUCTION PEMROGRAMAN MULTIMEDIA. DEFINISI MULTIMEDIA  Vendor PC: Suatu PC yang memiliki kapabilitas suara, DVD-ROM dan memiliki microprocessor multimedia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google