Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan."— Transcript presentasi:

1 I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.

2 PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukkan Multimedia mencakup: Monitor Video, Synthesized Band dan Karya seni manusia  Sistem Multimedia dimulai pada akhir 1980-an, dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple tahun 1987 dan Pengumuman IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan Video Adapter Card badi PS/2.  Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke Multimedia

3 DIFINISI MULTIMEDIA  Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)  Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 3l3m3n, yaitu: Suara, Gambar dan Teks( MCCromick, 1996).  Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini dapt audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk., 2002)  Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)

4 MENGAPA MULTIMEDIA PENTING?  Karena digunakan sebagai salah satu alat untuk bersaing bagi peruhaaan.  Pada Abad ke-21 ini multimedia segera menjadi ketrampilan dasar yang sama pentingnya dengan ketrampilan membaca.  Multimedia memiliki kelebihan dapat menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.  Multimedia akan membantu meratakan zaman informasi kejutaan orang yang belum memakai komputer.

5 KARIR DALAM BIDANG MULTIMEDIA  Bidang pemasaran  Animasi  Perekaman CD/DVD  Perencanaan Kunstruksi Multimedia  Disain Isi Multimedia  Front Ending  Disain game, grafik, instruksional, interface, kios, presentasi  DisPelayanan Online  Scientifik Modeling  Penulis Naskah, Storyboard, simulasi, sound track  Produksi Video

6 MULTIMEDIA PC  Merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia.  Sistem komputer ini harus mamu mengontrol pemakaian dari beberapa media sehingga memenuhi kriteria penyajian tampilan gambar dan suara yang cukup memadai.  Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer yang memiliki CD-ROM Drive atau DVD Drive, dan menjalankan 8 bit dan 16 bit waveform audio recording dan play back, sistesis suara MIDI, MPEG movie watching, dengan prosessor berkecapat cukup dan RAM cukup besar agar dapat memainkan dan berinteraksi dengan media ini secara real time serta harddiak cukup besar

7 Obyek Teks  Merupakan bentuk multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan.  Paling dekat dengan kita dan paling banyak dilihat  Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita  Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia, misalnya: Game membutuhkan teks lebih sedikit dibandingkan dengan Ensiklopedi

8 Enam (6) Jenis Obyek Multimedia 1. Teks 2. Grafis 3. Bunyi 4. Video 5. Animasi 6. Software

9 ANIMASI  Merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar  Macam-Macam Animasi Animasi Sel: merupakan material yang digunakan untuk membuat Film gambar bergerak pada saat awal. (Sekarang material fil dibuat dari asetat bukan celluloid) Animasi Frame: Bentuk animasi yang paling sederhana dengan menampilkan gambar yang berbeda-beda dalam waktu yang cepat sehingga kelihatan bergerak, contohnya untuk film: 24 frame per dertik Animasi Sprite:serupa dengan teknik animasi tradisional yaitu: obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam

10 Macam-Macam Animasi(lanjutan)  Aanimasi Lintasan (Path Animation): adalah animasi yang bergerak sepanjang garis Kurva yang anda tentukan sebagai lintasan.  Animasi Spline: adalah representasi matematis dari Kurva, bila obyek bergerak biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk Kurva.  Aniamasi Vector: Serupa dengan animasi sprite tetapi menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite  Animasi Karakter: merupakan sebuah cabang khusus animasi seperti dalam film kartun dimana gerakannya serempak misalnya kaki mulut dan mata bergerak dalam waktu bersamaan  Computation Animation:Menggerakkan Obyek di layar dengan memvariasikan koordinat x dan y-nya  Morphing: Animasi yang mengubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Contoh Iklan Simba mengubah Singa menjadi Obyek Tape`

11 Sofware Multimedia  Ada banyak aplikasi yang dibuat khusus untuk pengolahan dan memproduksi obyek multimedia  Software ini dapat temukan di Internet misalnya di website: www.iisd.ca/lingkages/

12


Download ppt "I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google