Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Multimedia dan Hypermedia. Multimedia • Kombinasi teks, foto, audio, video, animasi dan grafis yang diolah sedemikian rupa untuk tujuan tertentu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Multimedia dan Hypermedia. Multimedia • Kombinasi teks, foto, audio, video, animasi dan grafis yang diolah sedemikian rupa untuk tujuan tertentu."— Transcript presentasi:

1 Multimedia dan Hypermedia

2 Multimedia • Kombinasi teks, foto, audio, video, animasi dan grafis yang diolah sedemikian rupa untuk tujuan tertentu

3 Hypermedia • Struktur yang saling terkait dalam multimedia yang dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi interkatif dengan user/pengguna dimana interaksi ini dapat dinavigasikan atau diarahkan ke tautan konten baru

4 Tipe multimedia dan hypermedia dalam pembelajaran • Authoring tools: Software presentasi • Authoring tools: Sistem produksi dan editing video • Authoring tools: Sistem pembuat hypermedia • Authoring tools: Sistem virtual reality (VR)

5 Penggunaan software presentasi • Memproyeksikan pengajaran guru di kelas Guru menggunakan aplikasi presentasi untuk memfokuskan perhatian siswa pada materi dan memandu siswa dalam pencatatan materi. • Memproyeksikan latihan-latihan Guru meminta siswa mengeja kata, kosa kata baru, dll. • Memproyeksikan project/penelitian siswa

6 Penggunaan software presentasi • Memproyeksikan materi tes untuk dinilai Guru meminta siswa untuk mengidentifikasikan foto- foto dari obyek dan selanjutnya dilakukan penilaian visual atas hasil identifikasi. • Memproyeksikan tutorial/prosedur Guru mengajarkan materi tentang Grammar atau prosedur bagaimana mengerjakan sesuatu. • Memproyeksikan laporan buku (book reports) Siswa diminta untuk menjelaskan apa saja yang telah dia baca dari suatu buku teks dan membuatkan ringkasannya.

7 Penggunaan software video • Presentasi project/penelitian siswa • Video pengajaran guru di kelas • Video portofolio (kumpulan karya) siswa • Video simulasi problem-solving/decision- making • Dokumentasi kegiatan sekolah • Pengajaran bagaimana memproduksi video

8 Aplikasi virtual reality • Aplikasi yang memunculkan gambar/bentuk 3 dimensi sehingga terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan

9 Aplikasi virtual reality  3-D models Tipe ini membuat replika 3D dari suatu obyek dan lokasi. Lalu produk ini ditampilkan pada layar komputer.  QuickTime VR (QTVR) Dimungkinkan dengan menggunakan QuickTime VR Authoring Studio dari Apple Computer. Dengan QTVR, seorang guru/siswa dapat membuat pemotretan dengan sudut lalu dirangkai menjadi panoramic view yang tidak bertepi.

10

11 • Menampilan foto-foto (imaging) untuk keperluan virtual field trip. • 3-D models untuk mengilustrasikan bagaimana sistem bekerja. • Immersion learning environments untuk eksplorasi dan latihan.

12 Prosedur pembuatan multimedia dan hypermedia 1. Lakukan kajian terhadap produk hypermedia/multimedia pihak lain. 2. Lakukan riset terlebih dahulu. 3. Gunakan storyboard. 4. Kembangkan frame/segmen rekaman video/hasil shooting kamera. 5. Tambahkan link, button dan/atau script atau bagian- bagian lain pembentuk produk hypermedia. 6. Lakukan pengujian dan revisi produk bersama siswa.

13 Problem Statement • Ada anggapan Multimedia dan Hypermedia membuat guru menjadi tidak kritis dan kreatif karena semua yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar telah tersedia. Bagaimana pendapat anda dengan anggapan tersebut? Jelaskan dan uraikan pendapat anda

14 Materi minggu depan • Definisi dan karakteristik ILS (Integrated Learning System) • Komponen, Kriteria pemilihan, keuntungan dan keterbatasan serta masalah terkait ILS


Download ppt "Multimedia dan Hypermedia. Multimedia • Kombinasi teks, foto, audio, video, animasi dan grafis yang diolah sedemikian rupa untuk tujuan tertentu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google