Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN PANCASILA Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN PANCASILA Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN PANCASILA Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila

2 PREVIEW - Dasar-dasar yuridis, historis, kultural, dan filosofis - Tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan Pancasila - Kompetensi yang diharapkan dari kuliah Pendidikan Pancasila.

3 Landasan Historis Proses Bangsa Indonesia Kerajaan  Penjajah  Kemerdekaan  Reformasi Asal nilai-nilai Pancasila tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri, atau bangsa Indonesia sebagai kausa materialis Pancasila.

4 Landasan Kultural - Ada Ratusan Suku yang Berada di Indonesia. - Setiap Suku memiliki budaya yang berbeda, tetapi nilai-nilai yang terkandung dalam budaya itu semuanya sama. Nilai-nilai kenegaraan dan kemasyarakatan yang terkandung dalam sila-sila Pancasila  nilai-nilai kultural yang dimiliki melalui proses refleksi filosofis para pendiri negara.

5 Landasan Yuridis - UU No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 39 “Isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan.” - SK Mendiknas RI, No.232/U/ Surat Keputusan No.38/DIKTI/Kep/2002.

6 Landasan Filosofis - Pancasila sebagai dasar filsafat negara dan pandangan filosofis bangsa Indonesia. - Suatu keharusan moral untuk secara konsisten merealisasikan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

7 Tujuan Pendidikan Pancasila 1. Beriman dan takwa kepada Tuhan YME 2. Berkemanusiaan yang adil dan beradab 3. Mendukung persatuan bangsa 4. Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu/golongan 5. Mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan social dalam masyarakat.

8 Pengertian Pancasila Secara Etimologis - Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta dari India. Panca artinya lima Syila artinya batu sendi, alas, dasar Syiila artinya peraturan tingkah laku yang baik/senonoh

9 Pancasyiila menurut Budha merupakan lima aturan (five moral principle). - Larangan membunuh, - Mencuri, - Berzina, - Berdusta dan - Larangan minum-minuman keras

10 Secara Historis Kapan Disahkannya Pancasila? Oleh Siapa? Bagaimana Proses Terbentuknya?

11  Tanggal 18 Agustus 1945, disahkan UUD 1945 termasuk Pembukaannya.  Proses Terbentuknya 1. Mr. Muhammad Yamin (Pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945). 2. Soepomo (Pada sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945)

12 3. Ir. Soekarno, (Pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945) 4. Piagam Jakarta (Pada tanggal 22 Juni 1945 diadakan sidang oleh 9 anggota BPUPKI (Panitia Sembilan)

13 Secara Terminologis (Istilah) Dalam Pembukaan UUD 1945 yang ditetapkan tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI. 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Persatuan Indonesia 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

14 REVIEW 1. Apa saja yang menjadi dasar pendidikan Pancasila? 2. Bagaimana pengertian Pancasila dalam ajaran Budha? 3. Siapa Saja Yang Mengusulkan Lima Dasar Negara?


Download ppt "PENDIDIKAN PANCASILA Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google