Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA 1) tema, 2) amanat, 3) tokoh, 4) alur (plot), 5) latar (setting), 6) sudut pandang, dan 7) gaya bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA 1) tema, 2) amanat, 3) tokoh, 4) alur (plot), 5) latar (setting), 6) sudut pandang, dan 7) gaya bahasa."— Transcript presentasi:

1 UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA 1) tema, 2) amanat, 3) tokoh, 4) alur (plot), 5) latar (setting), 6) sudut pandang, dan 7) gaya bahasa.

2 1. Tema -Gagasan, ide, atau pikiran utama yang mendasari suatu karya sastra -dinyatakan secara eksplisit dan implisit -tema sentral dan ada tema sampingan -pengarang dipengaruhi oleh faktor minat pribadi, selera pembaca, dan keinginan penerbit atau penguasa

3 2. Amanat Amanat adalah pesan utama yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya. Disampaikan secara eksplisit dan implicit Dapat berupa jawaban terhadap tema yang sudah ditentukan.

4 3. Penokohan Individu ciptaan atau rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakuan dalam berbagai peristiwa cerita. Tokoh Sentral: protagonis – antagonis Tokoh bawahan adalah tokoh-tokoh yang mendukung tokoh sentral Tokoh tambahan dan tokoh lataran

5 4. Alur Alur adalah urutan atau rangkaian peristiwa dalam cerita Alur linear - Alur Kausal Alur tematik

6 Struktur alur prosa 1) paparan (exposition), 2) rangsangan (inciting moment), 3) gawatan (rising action). 4) tikaian (conflict), 5) rumitan (complication), 6) klimaks. 7) leraian (falling action), 8) selesaian (denouement).

7 Membangun alur Faktor kebolehjadian Faktor kejutan Faktor kebetulan Kombinasi Hindari digresi

8 5. Latar Latar tempat Latar waktu Latar sosial budaya

9 6. Sudut pandang Sudut pandang merupakan cara memandang untuk menghadirkan tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu sudut pandang orang pertama (first person point of view) sudut pandang orang ketiga (third person point of view)

10 Sudut pandang orang pertama Digunakan untuk laporan saksi Apa yang dilihat, apa yang dilakukan, apa yang terjadi

11 Sudut pandang orang ketiga ‘dia’, narator adalah seorang yang berada di luar cerita Pertama, ‘dia’ mahatahu Kedua, ‘dia’ sebagai pengamat

12 7. Gaya bahasa Gaya bahasa adalah teknik pengolahan bahasa oleh pengarang dalam upaya menghasilkan karya sastra yang hidup dan indah. Gaya bahasa dapat menciptakan suasana yang berbeda-beda: berterus terang, satiris, simpatik

13 Terima Kasih


Download ppt "UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA 1) tema, 2) amanat, 3) tokoh, 4) alur (plot), 5) latar (setting), 6) sudut pandang, dan 7) gaya bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google