Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AYU PUSPITASARI, 3201405037 AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PENERAPAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 12 SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AYU PUSPITASARI, 3201405037 AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PENERAPAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 12 SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 AYU PUSPITASARI, AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PENERAPAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 12 SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AYU PUSPITASARI - NIM : PRODI : Pendidikan Geografi - JURUSAN : Geografi - FAKULTAS : Ilmu Sosial - Ayupi_maniez pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Tukidi - PEMBIMBING 2 : Drs. Suroso, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PENERAPAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 12 SEMARANG

4 Abstrak Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tidak hanya mengandung nilai edukasi yang bersifat mencerdaskan siswa, tetapi melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial diharapkan dengan sendirinya para siswa akan cermat dalam melakukan pekerjaan, akan kritis dan konsisten dalam bersikap, akan jujur, dan lain sebagainya.Metode diskusi menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS karena selama ini pelajaran IPS masih dianggap pelajaran yang monoton dan membosankan serta bersifat hafalan atau bahkan kajian IPS kurang sesuai dengan realita dan perkembangan masyarakat. Salah satu solusi atau cara agar tujuan pembelajaran IPS dapat tercapai adalah dengan mengorganisasikan siswa ke dalam pembelajaran yang lebih bermakna dan menyentuh kehidupan siswa yaitu dengan menggunakan metode diskusi. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah seberapa besar tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada penerapan metode diskusi di SMP Negeri 12 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada penerapan metode diskusi di SMP Negeri 12 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 12 Semarang sebanyak 763 siswa yang terdiri dari 21 kelas. Sampel diambil kelas VII G, VIII B dan IX D sebanyak 113 siswa. Variabel yang diteliti adalah aktivitas belajar siswa dalam metode diskusi yang terdiri dari empat sub variabel yaitu aktivitas berbicara, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis dan aktivitas mental. Data yang diperoleh dari observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa dalam metode diskusi pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 12 Semarang masih dalam kategori rendah, hal ini ditunjukan dengan adanya rata-rata mean hanya mencapai 25,8 dengan prosentase 59,3%. Rendahnya aktivitas belajar siswa ini ditunjukan dari rendahnya aktivitas berbicara dan aktivitas menulis siswa, meskipun aktivitas mendengarkan dan aktivitas mental siswa sudah tinggi. Melihat bahwa aktivitas belajar siswa dengan metode diskusi pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 12 Semarang masih rendah, terutama aktivitas berbicara dan menulisnya maka disarankan kepada guru untuk memberikan peluang atau kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya dan berpendapat. Guru juga harus mampu mengajarkan kepada siswa bagaimana menulis laporan hasil diskusi dengan benar.

5 Kata Kunci Aktivitas Belajar, Metode Diskusi, Ilmu Pengetahuan Sosial

6 Referensi Ali M Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa Anni, Chatarina Tri Psikologi Belajar. Semarang : UNNES PRESS. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Darsono, Max Belajar Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. Hamalik, Oemar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Mulyasa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. Nazir, Moh Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia. Palupiningsih, Tri Skripsi: Pengaruh Kreativitas Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2007/2008. UNNES Prabowo, Yudha Skripsi: Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Metode Diskusi Kelompok dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Kab.Grobogan Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009. UNNES Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Saripudin, W Konsep dan Masalah Pengajaran Ilmu Sosial di Sekolah Menengah, Jakarta: Depdikbud. Slameto Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. Sudjana, N Metode Statistika. Bandung : Tarsito. Sugiyono Statistia Untuk Penelitian. Bandung : alfabeta Surachmad, Winarno Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito Syah, Muhibbin Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Syaifuddin, Azwar Reabilitas dan Validitas, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Trianto Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. antara-guru-dan-orangtua-dalam-meningkatkan-aktivitas

7 Terima Kasih


Download ppt "AYU PUSPITASARI, 3201405037 AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PENERAPAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 12 SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google