Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Muhammad Nasir.  Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.  Resistor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Muhammad Nasir.  Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.  Resistor."— Transcript presentasi:

1 Muhammad Nasir

2  Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.  Resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari karbon.  Satuan resistansi dari suatu resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω (Omega)

3

4  Pada gambar menunjukkan dua buah resistor yang dirangkai secara seri.  Hambatan pegganti rangkaian resistor tersebut adalah : R T = R 1 + R 2  Dengan besarnya tegangan pada masing- masing resistor adalah : R V R = x V R T

5  Pada rangkaian seri, arus yang mengalir pada masing-masing resistor memiliki besar yang sama yaitu : V I = R T

6

7  Pada gambar menunjukkan dua buah resistor yang dirangkai secara paralel.  Hambatan pegganti rangkaian resistor tersebut adalah : R 1 R 2 V R = R1+R2  Dengan besarnya arus yang melewati setiap resistor adalah : V R I R = R  Pada rangkaian paralel 2 resistor, beda potensial diantara ujung-ujung resistor mempunyai besar yang sama.


Download ppt "Muhammad Nasir.  Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.  Resistor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google