Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISI DAN MISI BISNIS STIE GOTONG ROYONG CABANG CILEDUG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISI DAN MISI BISNIS STIE GOTONG ROYONG CABANG CILEDUG."— Transcript presentasi:

1 VISI DAN MISI BISNIS STIE GOTONG ROYONG CABANG CILEDUG

2 Petikan petikan penting Sebuah bisnis tidak didefinisikan berdasarkan namanya, deklarasi atau ayat-ayat pendirian perusahaan. Ia didefinisikan oleh misi bisnis. Hanya definisi yang jelas dari misi dan tujuan organisasi yang mungkin membuat tujuan bisnis yang jelas dan obyektif. Peter Drucker

3 Apa yang ingin kita capai?  Sebuah visi seharusnya menjawab pernyataan mendasar, “ Apa yang ingin kita capai?”

4 Apa bisnis kita?  Pertanyaan apa bisnis kita ? Adalah sama dengan bertanya Apa misi kita ?  Misi : a. Pernyataan jangka panjang tentang tujuan yg membedakan organisasi dgn organisasi serupa b. Pernyataan misi adalah deklarasi ttg alasan keberadaan sebuah organisasi c. Ia menjawab pertanyaan seputar apa bisnis kita d. Pernyataan misi yg jelas adalah penting utk perumusan tujuan dan formulasi strategi yg efektif.

5 Contoh pernyataan visi dan misi  Pernyataan Visi Rumah sakit Bellevue adalah PEMIMPIN dalam menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat kesehatan masyarakat tertinggi sepanjang hidup  Pernyataan Misi Rumah sakit Bellevue dengan rasa hormat, simpati, integritas, dan keberanian, menjunjung tinggi keunikan dan kerahasiaan pasien-pasien kami, karyawan dan masyarakat, serta progresif dalam mengantisipasi dan menyediakan jasa kesehatan untuk masa depan.

6 Visi versus Misi  Pernyataan misi menjawab pertanyaan “Apa bisnis kita ?”  Pernyataan visi menjawab pertanyaan “Apa yang ingin kita capai ?”  Laba adalah motivator perusahaan yg utama.  Laba dan visi digunakan untuk memotivasi pekerja secara efektif.

7 Proses Pengembangan sebuah Pernyataan Misi  Menyeleksi beberapa artikel tentang pernyataan misi, dan meminta seluruh manajer membacanya, artikel misi tersebut digunakan sbg latar belakang informasi.  Meminta para manajer sendiri utk menyiapkan pernyataan misi utk organisasi  Fasilitator, atau komite dari manajer tingkat atas, harus menyatukan pernyataan- pernyataan ini menjadi satu dokumen dan mendistribusikan rancangan pernyataan misi kepada seluruh manajer.  Permintaan utk memodivikasi, penambahan, dan penghilangan dibutuhkan kemudian, bersamaan rapat utk merevisi dokumen.

8 Alasan pentingnya pernyataan visi dan misi 1.Untuk memastikan tujuan dasar organisasi 2.Untuk memberikan basis, atau standar, untuk mengalokasikan sumber daya organisasi. 3.Untuk menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum. 4.Untuk menjadi titik utma bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah organisasi, serta mencegah mereka yang tidak sejalan untuk partisipasi lebih jauh dalam aktivitas organisasi.

9 5.Untuk memfasilitasi penerjemahan tujuan menjadi struktur kerja yang melibatkan penugasan hingga elemen tanggung jawab dalam organisasi. 6.Untuk memberikan tujuan dasar organisasi dan kemudian untuk menerjemahkan tujuan dasar ini menjadi tujuan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dievaluasi dan dikontrol.

10 Karakteritik pernyataan misi  Karakteristik pernyataan misi tidak sekedar pernyataan detai yg spesifik, pernyataan misi merupakan deklarasi sikap dan pandangan, meliputi : 1. Deklarasi sikap 2. Orientasi pelanggan 3. Deklarasi kebijakan sosial

11 Komponen Pernyataan Misi 1.Pelanggan –siapa pelanggan perusahaan? 2.Produk atau jasa-apa produk atau jasa utama perusahaan? 3.Pasar-secara geografis, dimana perusahaan berkompetisi? 4.Teknologi-apakah perusahaan menerapkan teknologi baru? 5.Perhatian dan keberlangsungan, pertumbuhan dan profitabilitas-apakah persahaan berkomitmen untuk pertumbuhan dan kondisi keuangan yang baik? 6.Filosofi-apa dasar-dasar kepercayaan, nilai, aspirasi, dan prioritas etika perusahaan? 7.Konsep diri- apakah kemampuan khusus untuk keunggulan kompetitif perusahperusahaanaan? 8.Perhatian akan citra public- apakah perusahaan responsive terhadap pemikiran social, masyarakat, dan lingkungan? 9.Perhatian akan karyawan- apakah karywan merupakan asset yang berharga bagi perusahaan?

12 Misi Pepsi Co Misi Pepsi Co adalah untuk meningkatkan nilai investasi pemegang saham kami. Kami melakukan ini melalui pertumbuhan penjualan, pengendalian biaya, dan sumber daya investasi yang bijak. Kami percaya keberhasilan bisnis kami tergantung pada penawaran kualitas dan nilai kepada konsumen dan pelanggan kami; menyediakan produk yang aman, sehat, efisien secara ekonomis, ramah terhadap lingkungan; dan memberikan hasil yg baik kepada investor kami sementara tetap berusaha mencapai standar integritas yang tinggi.

13 Ben & Jerrys Misi Ben & Jerrys adalah membuat, mendistribusikan, dan menjual es krim alami dengan kualitas terbaik dan produk-produk yang berhubungan dengan variasi luas dari rasa yg inovatif yg dibuat dari produk susu Vermont. Untuk mengoperasikan perusahaan dg basis finansial yg baik utk pertumbuhan laba, meningkatkan nilai pemegang saham kami, serta menciptakan peluang karir dan penghargaan finansial bagi para karyawan kami. Untuk mengoperasikan perush yg secara aktif mengakui peran penting yg dimainkan perush dlm struktur masyarakat dg melakukan cara inovatif utk memperbaiki kualitas hidup dari komunitas yg luas-lokal, nasional dan internasional.

14 Matriks evaluasi pernyataan misi

15


Download ppt "VISI DAN MISI BISNIS STIE GOTONG ROYONG CABANG CILEDUG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google