Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SULISTYOWATI, 4101906170 upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii f smp negeri 1 bojong kabupaten tegal melalui model pembelajaran cooperative.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SULISTYOWATI, 4101906170 upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii f smp negeri 1 bojong kabupaten tegal melalui model pembelajaran cooperative."— Transcript presentasi:

1 SULISTYOWATI, upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii f smp negeri 1 bojong kabupaten tegal melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw ii dalam pokok bahasan persamaan linear satu variabel

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SULISTYOWATI - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - pmpd170 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii f smp negeri 1 bojong kabupaten tegal melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw ii dalam pokok bahasan persamaan linear satu variabel

4 Abstrak Ketuntasan belajar pada mata pelajaran matematika masih rendah, terutama pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Hal ini dibuktikan dengan melihat data pada tahun pelajaran 2005/2006 dan diperkuat dari hasil wawancara dengan siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses KBM, rendahnya tingkat ekonomi, dan proses KBM yang tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan meningkatkan mutu pembelajaran matematika pada umumnya dan khususnya akan meningkatkan hasil belajar siswa VII F terutama di SMP Negeri 1 Bojong. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel tahun pelajaran 2005/2006? Dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong. Penilitian ini juga diharapkan agar ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel dapat tercapai. Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil perhitungan diperoleh ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel adalah meningkat. Hal ini terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar dari 65,85% menjadi 75,61% dan meningkat lagi menjadi 85,37%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II perlu dilaksanakan dalam pelajaran matematika khususnya pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Hal ini karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel yang diterapkan pada kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong dapat meningkat.

5 Kata Kunci model pembelajaran JIGSAW, persamaan linear

6 Referensi Campbell, Bruce Teaching and Learning Trough, Multiple Inteligences. Jakarta: Intuisi Press. Depdiknas Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Dimyati dan Mudjiono Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Kagan, Spencer Cooperative Learning Resources for Teacher. Jakarta: Intuisi Press. Pandoyo, Dkk Matematika 1a untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas 7. Jakarta: Balai Pustaka. Rusoni, Elin Buku Pedoman Guru Madrasah Tsanawiyah Bernuansa Islam dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: BEP Dikjen Depag RI. Suyitno, Amin Petunjuk Praktis Penelitian Tindakan Kelas untuk Penyusunan Skripsi. Semarang: UNNES. Suyitno, Amin Pemilihan Model-model Pembelajaran Matematika dan Penerapannya di Madrasah Aliyah. Semarang: UNNES. Zain, Aswan dan B.D, Syaiful Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

7 Terima Kasih


Download ppt "SULISTYOWATI, 4101906170 upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii f smp negeri 1 bojong kabupaten tegal melalui model pembelajaran cooperative."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google