Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si."— Transcript presentasi:

1 WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si

2 Study Plan Sebelum UTS Pengenalan Aplikasi Pemrograman J2ME Review function ( if, for, while ) Review OOP Objek-objek di Java:  Screen (Form, Alert, Textbox, List) + Ticker  Image, TextField, ChoiceGroup, Command CommandListener Menghubungkan antar class TEORI:  OOP, MIDLet, J2ME, CDC, CLDC, JVM, KVM, JDK, SDK Kita Berada Di sini Kita Berada Di sini By Fandi Susanto S.Si

3 Additional Contents By Fandi Susanto S.Si Double.parseDouble(String); Double.toString(double); Integer.parseInt(String); Integer.toString(int); function Random str1.equals(String); str1.equalsIgnoreCase(String);

4 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Untuk menggunakan Command, kita perlu:  Membuat dan mengisi objek Command  Membuat suatu class yang menggunakan interface CommandListener  Menambahkan objek Command ke dalam suatu Displayable  Mengeset CommandListener untuk Displayable tersebut  (Tentu saja) Membuat perintah yang akan dieksekusi oleh Command.

5 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Constructor dari objek Command:  Command(StrLabel,int CommandType,int priority); CommandType yang ada:  BACK  CANCEL  EXIT  HELP  ITEM  OK  SCREEN  STOP

6 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Untuk membuat suatu CommandListener, kita perlu menambahkan implements CommandListener pada class yang ingin dijadikan CommandListener Akan muncul error. Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan import terhadap CommandListener Dan kemudian menambahkan Abstract Method milik CommandListener ke dalam class:  void CommandAction(Command c,Displayable d) {}

7 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Kemudian kita perlu menambahkan Objek Command yang dibuat ke dalam Displayable (misalnya Form). Dan mengatur CommandListener Displayable tersebut.

8 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Setelah menambahkan command-command ke dalam Form, maka Command-command tersebut akan tampil di dalam Form. Dengan mengatur class CommandListener dari Form, maka setiap kali user memilih suatu Command, program akan menuju ke method CommandAction yang berada di dalam class CommandListener tersebut. Dengan c adalah Command yang dipilih Dan d adalah Displayable tempat Command tersebut berada.

9 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Terakhir, kita harus menentukan tindakan yang dilakukan oleh tiap-tiap Command.

10 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Priority pada bagian terakhir constructor objek Command menentukan urutan munculnya Command. Jika semua priority dibuat sama, maka urutan Command akan ditentukan berdasarkan urutan penambahan Command ke dalam Form.

11 Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si

12 Command dan TextField By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  txtAngka1, txtAngka2  cmdExit, cmdHitung  StringItem hasil Dengan ketentuan:  txtAngka1 dan 2 maxSizenya 10  hasil teksnya "Belum ada hasil" Jangan lupa setCommandListener(this)

13 Command dan TextField By Fandi Susanto S.Si Tambahkan perintah di atas pada CommandAction. Double.parseDouble(String) digunakan untuk mengconvert String menjadi double. Double.toString(double) digunakan untuk mengconvert double menjadi String.

14 Command dan ChoiceGroup POPUP By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  StringItem siX, siY dan siZ  TextField txtJawab  ChoiceGroup cgOperator  cmdExit, cmdRandom, cmdJawab, cmdNyerah Dengan ketentuan:  txtJawab maxSizenya 4  cgOperator tipenya POPUP

15 Command dan ChoiceGroup POPUP By Fandi Susanto S.Si Tambahkan:  prosedur acak();  fungsi solusi();

16 *Random dan Integer By Fandi Susanto S.Si Random rand = new Random()  Membuat sebuah objek Random. rand.nextInt(int batas)  Menghasilkan suatu int antara 0 dan batas. Integer.toString(int)  Mengkonversi int menjadi String. Integer.parseInt(String)  Mengkonversi String menjadi int

17 *Reminder switch By Fandi Susanto S.Si switch (expression) { case 0: ; break; case 1: ; break;. case n: ; break; default: ; break; } break; digunakan untuk keluar dari switch. Tetapi karena perintah return otomatis keluar dari fungsi, maka break; tidak wajib.

18 *Reminder procedure By Fandi Susanto S.Si void ( [arg1 [,arg2 [,arg3] ] ] ) {. } Sejumlah perintah/instruksi yang diwakili dengan satu instruksi saja.

19 *Reminder function By Fandi Susanto S.Si ( [arg1 [,arg2 [,arg3] ] ] ) {. return ; // dengan tipe data } Sejumlah perintah/instruksi yang diwakili dengan satu instruksi saja dan menghasilkan suatu nilai akhir.

20 Command dan ChoiceGroup POPUP By Fandi Susanto S.Si

21 *equals dan equalsIgnoreCase By Fandi Susanto S.Si Setiap string memiliki metode equals(String) dan equalsIgnoreCase(String) yang mengembalikan nilai berupa boolean true atau false. Perintah str1.equals(str2) membandingkan str1 dan str2. Jika sama maka akan bernilai true, jika salah maka bernilai false. Sedangkan str1.equalsIgnoreCase(str2) sama seperti equals, tetapi bersifat case sensitive.

22 Command dan ChoiceGroup MULTIPLE By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  ChoiceGroup cgNoHP  StringItem siDaftar  cmdExit, cmdKirim Dengan ketentuan:  cgNoHP tipenya MULTIPLE  siDaftar labelnya Daftar Kiriman:

23 Command dan ChoiceGroup MULTIPLE By Fandi Susanto S.Si Tambahkan ke dalam CommandAction: Reminder: isSelected(int) memeriksa apakah pilihan ke terpilih atau tidak.

24 Command dan DateField By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  TextField txtAcara  DateField dfTanggal  DateField dfWaktu  ChoiceGroup cgJadwal  cmdExit,cmdCatat,cmdHapus Dengan ketentuan:  cgJadwal tipenya MULTIPLE, dengal label: "Jadwal"

25 *Calendar By Fandi Susanto S.Si Calendar adalah suatu objek untuk mempermudah programmer dalam menggunakan objek tanggal.  Untuk membuat objek Calendar baru, kita gunakan Calendar.getInstance(); .setTime(Date) digunakan untuk mengubah tanggal. .get(Calendar.HOUR_OF_DAY) digunakan untuk mendapatkan jam pada .get(Calendar.MINUTE) digunakan untuk mendapatkan menit pada

26 *mengeset waktu pada DateField By Fandi Susanto S.Si Kode program:  dfWaktu.setDate(new Date((jam-7)* min*60000)); Digunakan untuk mengeset waktu ke waktu sekarang.  Argumen yang diterima oleh setDate adalah berupa objek Date  new Date menerima argumen long, yaitu jumlah milisekon sejak 1 Januari :00:00.  Oleh karena itu jumlah milisekon kita adalah jam* ditambah menit*  Tanggal system kita adalah UTC+7, sehingga untuk menyesuaikan jamnya, kita perlu mengurangi jam dengan 7.

27 Command dan DateField By Fandi Susanto S.Si Bersambung ke belakang

28 Command dan DateField By Fandi Susanto S.Si

29 Thank You For Your Attention Special Thanks:  Yoannita S.Kom (dan para pendahulunya) atas ilmunya. Reminders:  Dokumentasi class-class (properties, method dan contoh program) yang dipakai di Java ME dapat diakses lewat menu documentation pada start menu di folder WTK atau Java ME SDK. (Start  Java(TM) ME Platform SDK 3.0  Documentation) (Start  Sun Java (TM) Wireless Toolkit for CLDC  Documentation) By Fandi Susanto S.Si


Download ppt "WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google