Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I. Pengolahan data, informasi dan pengetahuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I. Pengolahan data, informasi dan pengetahuan."— Transcript presentasi:

1 M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I

2 Pengolahan data, informasi dan pengetahuan

3 Menurut Alan Turing “Jika sebuah mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain,dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia)”.

4 Menurut Paul Y. Gloess “ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sebuah mesin seolah-olah memiliki kecerdasan dalam memecahkan suatu masalah yang diberikan kepadanya”

5 Menurut H. A. Simon “ Inteligensia buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas”

6 Menurut Rich and Knight “Inteligensia Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”

7 KECERDASANPENGETAHUAN PEMIKIRAN PERKIRAAN PENGERTIANPENGAJARAN INTELIGENSIA BUATAN

8 1. Langkah-langkah mandiri dan teridentifikasi 2. Potongan program merupakan potongan informasi 3. Pengaturan cara kerja otomatis 4. Informasi yang digunakan relevan

9 Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]: 1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama) 2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah) 3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

10 1. Belajar dari pengalaman 2. Memecahkan hal yang bersifat kontradiksi 3. Merespon situasi baru dengan cepat 4. Menggunakan alasan untuk memecahkan problem secara efektif 5. Berurusan dengan situasi membingungkan 6. Memahami dengan cara rasional 7. Menerapkan pengetahuan untuk memanipulasi Lingkungan 8. Mengenali elemen penting pada suatu situasi

11 Membuat sebuah sistem yang dapat: a. Berkomunikasi b. Memahami komunikasi dan gambaran visual c. Mempelajari dan menyempurnakan pengetahuan d. Membuat keputusan dan memperlihatkan karakter manusia

12 ALAMIBUATAN Tidak permanenbersifat permanen Lebih sulitLebih mudah diduplikasikan dan disebarkan Lebih mahalLebih murah Tidak konsistenBersifat konsisten Sulit didokumentasiDapat didokumentasi Bekerja berdasarkan kemampuan berpikir Bekerja lebih cepat Bekerja menurut situasi dan kondisi Bekerja lebih baik

13 a. Kreatif b. Aktif c. Produktif

14 Bahasa Pemrograman Konvensional Bahasa Pemrograman Kecerdasan Buatan Komputasi bersifat manipulasi teks dan bilangan Berupa simbol, konsep, aturan, relasi. Algoritma prosedural sebagai pemecahan masalah Bahasa deskriptif (menggambarkan fakta dan relasi- relasi yang diketahui). Menentukan urutan langkah kepada pemecahan. Searching/heuristic dipakai untuk pemecahan. Kesimpulan yang deterministik secara keseluruhan Tidak diketahui jika kumpulan algoritma bertemu Tipe data karakter dan angkaTipe data atom, obyek, listing program Konsep bahasa pemrograman konvensional v.s bahasa pemrograman Kecerdasan Buatan.

15 Bahasa Pemrograman Konvensional Bahasa Pemrograman Kecerdasan Buatan Peubah terdeklarasi sebelumnya dan bertipe Tidak perlu pendeklarasian sebelumnya (peubah tipe tertentu dapat dibuat jika diperlukan dalam proses) Peubah berdimensi tetapDimensi dari struktur data dapat berkembang atau menyusut menurut proses pemecahan Representasi informasi yang pasti/tepat Representasi informasi yang tidak pasti Jawaban eksak/pasti/tepat yang dicari Jawaban memuaskan seperti apapun dicaris Konsep bahasa pemrograman konvensional v.s bahasa pemrograman Kecerdasan Buatan.

16 a. Sistem Pakar (Expert System) “suatu sistem yang dirancang untuk meniru keahlian seorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah”. b. Pengolahan Bahasa Alami(Natural Language Processing) “Pembuatan program yang memiiki kemampuan untuk memahami bahasa manusia”. Bentuk representasi berupa suara atau tulisan.

17 c. Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) “Pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan”. d. Robotika dan Sistem Sensor “Sistem atau alatyang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis”

18 e. Computer Vision “Ilmu yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali objek yang diamati atau diobservasi”. f. Intelligent Computer-Aided Instruction “Komputer yang digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar”. g. Game Playing “kegiatan yang kompleks yang berisi peraturan, play, dan budaya”

19 Turing Test (metode pengujian kecerdasan) : metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing. Pemrosesan Simbolik : menyelesaikan masalah tidak didasarkan sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis,tetapi bersifat simbolik.

20 Heuristic :Strategi untuk melakukan proses pencarian (search) problem secara selektif mengarah ke solusi kemungkinan sukses paling besar. Penarikan Kesimpulan (Inferencing): kemampuan berfikir(reasoning) termasuk proses penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik atau metode pencarian lainnya.

21 Pencocokan Pola (Pattern Matching): Metode yang menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses dalam hubungan logik atau komputasional.

22 SELESAI…..


Download ppt "M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I. Pengolahan data, informasi dan pengetahuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google