Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Andrew Rio R Khozaini Ovilia Agustina Indira Artificial Intelligence.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Andrew Rio R Khozaini Ovilia Agustina Indira Artificial Intelligence."— Transcript presentasi:

1 Andrew Rio R Khozaini Ovilia Agustina Indira Artificial Intelligence

2 Apa itu AI? Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

3 Definisi AI menurut beberapa ahli: H.A. Simon (1987): "Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang - dalam pandangan manusia adalah- cerdas" Rich and Knight (1991): "Kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia"

4 Sejarah AI kecerdasan buatan termasuk bidang ilmu yang relatif muda. Pada tahun 1950-an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan Turing, seorang matematikawan Inggris pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebut kemudian dikenal dengan Turing Test, di mana si mesin tersebut menyamar seolah-olah sebagai seseorang di dalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Turing beranggapan bahwa, jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).

5 kecerdasan buatan sendiri dimunculkan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada Dartmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI. Pada konferensi tersebut juga didefinisikan tujuan utama dari Kecerdasan Buatan, yaitu: mengetahui dan memodelkan proses-proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia.

6 Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun , antara lain: 1. Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika 2. Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar dalam sebuah percakapan 3. ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

7 Ruang lingkup utama AI: Game Playing General Problem Solving Natural Language Recognition Speech Recognition Visual Recognition Robotics Sistem pakar

8 Perbandingan antara kecerdasan buatan dan kecerdasan alami Kecerdasan Buatan: - Lebih bersifat permanen - Lebih mudah diduplikasi & disebarkan - Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah - Dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. - Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia

9 Kecerdasan Alami: - Kreatif: manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun - Kecerdasan alami memungkinkan orang menggunakan pengalaman atau pembelajaran secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus berupa input-input simbolik. - Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.

10 Contoh kecerdasan buatan pada aplikasi komersial: Pertanian, komputer dapat mengkontrol robot yang melakukan kontrol terhadap hama, pemangkasan pohon, pemilihan hasil panen. Pabrik, komputer dapat mengkontrol ronot yang harus mengerjakan pekerjaan berbahaya dan membosankan, inspeksi dan maintenance pekerjaan. Kesehatan, komputer dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit, melakukan monitoring kondisi pasien, memberikan treatment yang cocok.


Download ppt "Andrew Rio R Khozaini Ovilia Agustina Indira Artificial Intelligence."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google