Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI. Pengantar Analisis dan Perancangan  Pola Life cycle : menjadikan segala sesuatu tumbunh, menjadi dewasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI. Pengantar Analisis dan Perancangan  Pola Life cycle : menjadikan segala sesuatu tumbunh, menjadi dewasa."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI

2 Pengantar Analisis dan Perancangan  Pola Life cycle : menjadikan segala sesuatu tumbunh, menjadi dewasa setiap waktu dan akhirnya mati.  Pola Life cycle digunakan untuk sistem dasar komputer seperti subsistem pemrosesan data.  Pola Life cycle terdiri dari lima fase, Empat fase pertama untuk dikembangkan Satu fase terakhir untuk digunakan

3  Sitiap fase life cycle membutuhkan partisipasi dan kerjasama dari pemakai dan spesialis informasi.  Aktivitas mereka adalah mengatur beberapa tempat yang menguntungkan didalam perusahaan.  Pimpinan bertindak sebagai eksekutif sebagai kontrol dan pengawasan.  Pada tingkat yang lebih rendah bertindak sebagai panitia SIM yang mengatur semua lifecycle.

4  1. Fase Perencanaan Mendifinisikan masalah Penunjukan yang objektif Sistem analis memimpin studi SIM dan mengemukakaan pelaksanaannya pada manager. Jika manager menyetujui maka “alat kontrol” dibuat.

5  2. Fase Analisis Menunjukkan kebutuhan pemakai informasi Memenentukan tingkat penampilan sistem untuk kebutuhan organisasi Analis sistem menyiapkan proposal dan desain sistem yang akan dipakai.

6  3. Fase Desain Penentuan perosesan dan data yang dibutuhkan oleh sistem baru. Pemilihan konfigurasi terbaik dari hardware. Implementasi proposal akan mengijikan manager untuk memutuskan apakah fase implementasi akan dilakukan.

7  4. Fase Implementasi Melibatkan beberapa spesialis informasi Mengubah desain dari bentuk kertas menjadi satu dalam hardware, software dan data. Penyediaan fasilitas, pengguna yang berpendidikan, proses cutover sistem yang baru.

8  5. Fase Penggunaan Audit memimpin pelaksanaanya untuk menjamin bahwa sistem benar-benar dikerjakan. Dilakukan pemeliharaan sistem.

9  Sistem Life cycle adalah sebuah metodologi.  Karena pengaruh kebutuhan pengembangan yang cepat maka digunakan computer aided software engineering (CASE) dan Prototyping.

10  Fase-fase lifecycle dalam perusahaan misalnya : SLC daftar penggajian Aliran keuangan model SLC Laporan penjualan model SLC  Setiap SLC merupakan peryataan rencana perusahaan bagi sumber informasi (pelaksanaan rencana strategis).

11 Partisipasi dalam Lifecycle  Partisipasi dari spesialis informasi seperti : Analis sistem Database administrator Spesialisasi jaringan Programer Spesialis lainya

12 Manajemen Lificycle  Sistem lifecycle diatur oleh manager unit pelayanan informasi  Dibantu oleh manager analis sistem, programing dan operasi.  Perkembangan terbaru, tanggung jawab diletankkan dilevel tertinggi, atau bahkan pada level terendah.

13 Tanggung Jawab Eksekutif  Ketika sistem emiliki nilai potensial strategis atau  Berpengaruh pada seluruh organisasi, pimpinan atau komite eksekutif mungkin memutuskan untuk mengawasi proyek SI.

14

15 Panitia Acara SIM  Beberapa perusahaan membentuk komite khusus dibawah level komite eksekutif.  Komite khusus menerima tanggung jawab mengawasi proyek  Komite khusus menyediakan bimbingan, petunjuk, dan kontrol yang terus menerus  Komite khusus tersebut disebut “Panitia Acara”

16  Panitia Acara SIM berlangsung terus menerus, dan memiliki fungsi : Menghasilkan kebijakan yang menjamin dukungan komputer untuk strategi perusahaan Menyediakan kontrol keuangan Memecahkan konfil yang muncul sehubungan dengan prioritas penggunaan komputer.

17 Pimpinan proyek  Tidak seperti panitia Acara SIM, tim proyek akan dibubakan setelah pelaksanaan selesai.  Dalam gambaran kita, kita asumsikan bahwa sistem lifecycle dikontrol oleh “panitia acara SIM” yang bekerja sama dengan “tim proyek”.


Download ppt "ANALISIS DAN PERANCANGAN PROYEK KOMPUTERISASI. Pengantar Analisis dan Perancangan  Pola Life cycle : menjadikan segala sesuatu tumbunh, menjadi dewasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google