Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEPRAMUKAAN MAKHBUB AJIB MUKTI (40213158) PGSD 4/4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEPRAMUKAAN MAKHBUB AJIB MUKTI (40213158) PGSD 4/4."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEPRAMUKAAN MAKHBUB AJIB MUKTI ( ) PGSD 4/4

2 Bentuk-bentuk api unggun antara lain : Api unggun asli Api unggun tiruan

3 API UNGGUN ASLI ADALAH API UNGGUN YANG BAHANYA DARI KAYU BAKAR ATAU BAHAN BAKAR LAIN YANG DAPAT MEYALA DENGAN BESAR DAN DISELENGGARAKAN DI TEMPAT TERBUKA.

4 API UNGGUN TURUAN ADALAH API UNGGUN YANG BAHANNYA DARI LAMPU LISTRIK, LAMPU TEPLOK ATAU LILIN.

5 sifat-sifat Api unggun antara lain : Api unggun resmi

6 API UNGGUN RESMI ADALAH API UNGGUN YANG DILAKSANAKAN UNTUK ACARA-ACARA RESMI, MISALNYA PELANTIKAN, ANGGOTA SATUAN DAN SEBAGAINYA. API UNGGUN DILAKSANAKAN DENGAN LEBIH KHIDMAT, SUASANA GEMBIRA AGAK DIKURANGI.

7 API UNGGUN BIASA ADALAH API UNGGUN YANG MERUPAKAN RANGKAIAN BAGIAN DARI KEGIATAN BESAR, MISALNYA PERSAMI, JAMBORE, RAIMUNA DAN SEBAGAINYA. API UNGGUN LEBIH BERSIFAT HIBURAN, SEHINGGA SUASANANYA LEBIH GEMBIRA. PARA PESERTA MENDAPATKAN KESEMPAATAN UNTUK MENAMPILKAN ATRAKSI SECARA SPONTANITAS DAN BEBAS NAMUN TETAP DALAM BATASAN NORMA-NORMA KESOPANAN DAN KETERTIBAN.

8 Macam-macam bentuk Api unggun antara lain : 1. Bentuk Piramida Segitiga3. Bentuk Pagoda Tegak 2. Bentuk Piramida Bujur Sangkar 4. Bentuk Pagoda Roboh 5. Bentuk Kursi

9 KAYU DISUSUN SEGITIGA SAMA SISI, MAKIN KEATAS SEGITIGANYA SEMAKIN KECIL, SEHINGGA DITENGAH TUMPUKAN KAYU TERDAPAT RONGGA. DIRONGGA TERSEBUT DITARUH BAHAN YANG MUDAH TERBAKAR, MISALNYA JERAMI, SEKAM YANG SUDAH DISIRAM MINYAK TANAH DAN SEBAGAINYA. RONGGA INILAH YANG NANTINYA AKAN DIJADIKAN SEBAGAI SUMBER API YANG PERTAMA. MODEL INI BIASANYA DIBUTUHKAN AWAT KECIL (BENDRAT) UNTUK MENJAGA AGAR TUMPUKAN KAYU TIDAK ROBOH.

10 MODEL YANG KEDUA ADALAH PIRAMIDA BUJUR SANGKAR. PADA DASARNYA MEMBUAT PIRAMIDA BUJUR SANGKAR CARANYA SAMA DENGAN BENTUK PIRAMIDA SEGITIGA, YANG MEMBEDAKKAN TERLETAK PADA BENTUK BENTUK PENYUSUNANNYA BERUPA BUJUR SANGKAR. PERLU DIINGAT. BAHWA MODEL PENYUSUNAN PIRAMIDA ADALAH MODEL YANG SEMAKIN KEATAS SEMAKIN RUNCING (MENGERUCUT). MODEL BUJUR SANGKAR DALAM PENATAAN KAYU UMUMNYA DI TIDURKAN. TIDAK DISUSUN KEATAS. (LIHAT GAMBAR BIAR LEBIH SELAS, TENTANG SUSUNAN KAYUNYA)

11 BENTUK PAGODA TEGAK MEMUNGKINKAN PERCAMPURAN KAYU BASAH DAN KAYU KERING, SEBAB, DIBENTUK INI MODELNYA KAYU BASAH DAN KERING DITATA TEGAK, PERTAMA-TAMA PEMBACA MEMBUAT GAWANG TERLEBIH DAHULU SEBAGAI TEMPAT PENYANDAR KAYU DARI BAHAN YANG TIDAK MUDAH TERBAKAR. LALU KAYU DISANDARKAN PADA GAWANG, MISALNYA KAYU/BAMBU BASAH. DALAM RONGGA ANTAR KAYU DITARUH BAHAN BAKAR YANG MUDAH TERBAKAR.

12 BENTUK PAGODA ROBOH ADALAH BENTUK YANG PALING SEDERHANA YANG MUNGKIN SAJA SERING PEMBACA PRAKTIKKAN KETIKA MEMBAKAR KAYU, TETAPI TIDAK MENYADARI BAHWA BENTUK TERSEBUT ADALAH BENTUK PAGODA ROBOH

13 BENTUK KURSI ADALAH BENTUK API UNGGUN YANG MUNGKIN SAJA PEMBACA JARANG TEMUI, SEBAB BENTUK INI BIASANYA DIGUNAKAN APABILA ANGIN BERTIUP KENCANG DARI SATU ARAH. LANGKAH MEMBUATNYA PUN TIDAK TERLALU SULIT ATAUPUN RUMIT, NAMUN, SEDIKIT MEMPERLUKAN KESABARAN

14 SYARAT-SYARAT TEMPAT API UNGGUN ANTARA LAIN : 1.MEDAN TERBUKA, MISALNYA LAPANGAN YANG CUKUP LUAS. 2.PERMUKAAN TANAH RATA. 3.TANAHNYA KERING. 4.SUASANA SEKITARNYA CUKUP TENANG. 5.TERLINDUNG DARI TIUPAN ANGINA KENCANG. 6.APABILA TEMPAT API UNGGUN BERUMPUT YANG BAGUS, MISALNYA TAMAN, MAKA RUMPUT DIPINDAHKAN DULU DARI TEMPAT NYALA API, ATAU DIBERI ALAS BATANG PISANG. 7.HINDARI BENDA LAIN IKUT TERBAKAR (HUTAN).

15 SEDANGKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DARI KEGIATAN API UNGGUN ANTARA LAIN : 1.MEMPERERAT PERSAUDARAAN. 2.MEMUPUK KERJASAMA (GOTONG ROYONG). 3.MENINGKATKAN RASA KEBERANIAN DAN PERCAYA DIRI. 4.MENCIPTAKAN SUASANA KEBEBASAN DAN KEGEMBIRAAN. 5.MEMUPUK KEDISIPLINAN. 6.MENGEMBANGKAN BAKAT.


Download ppt "PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEPRAMUKAAN MAKHBUB AJIB MUKTI (40213158) PGSD 4/4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google