Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IDENTITAS BUKU Adapun buku yang digunakan sebagai referensi dalam penyusunan laporan bab ini yaitu dengan identitas sebagai berikut :  Judul Buku: Political.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IDENTITAS BUKU Adapun buku yang digunakan sebagai referensi dalam penyusunan laporan bab ini yaitu dengan identitas sebagai berikut :  Judul Buku: Political."— Transcript presentasi:

1

2 IDENTITAS BUKU Adapun buku yang digunakan sebagai referensi dalam penyusunan laporan bab ini yaitu dengan identitas sebagai berikut :  Judul Buku: Political Socialization (second edition)  Pengarang: Gabriel A. Almond, James D.Coleman, dan Lucian W. Pye  Tahun Terbit: 1977  Penerbit: By Little Brown & Company Limited  Tempat Terbit: Amerika Serikat

3 SOSIALISASI POLITIK BERKAITAN DENGAN ASAL-USUL SOSIAL PRIBADI DAN PANDANGAN POLITIK. KEHIDUPAN POLITIK SUATU BANGSA MEMILIKI PERBEDAAN DAN PERSAMAAN DALAM TINDAKAN POLITIK, PERASAAN POLITIK, DAN EVALUASI KEBIJAKAN PARA PEMIMPIN

4 PLATO DAN MACHIAVELLI TELAH MENEKANKAN PENTINGNYA MENGHINDARI SENTIMEN DI ANTARA MASYARAKAT SEBAGAI BAHAN PENTING UNTUK MENJAGA KESATUAN POLITIK DAN KETERTIBAN, TUJUAN MASING- MASING DICARI DALAM KONTEKS ZAMANNYA PLATO POLITIK PROPAGANDA SENSOR MACHIAVELLI MENJELASKAN TENTANG BAGAIMANA BERTINDAK ATAS PERINTAH KESETIAAN RAKYATNYA RASA HORMAT

5 PLATO DAN MACHIAVELLI TELAH MENEKANKAN PENTINGNYA MENGHINDARI SENTIMEN DI ANTARA MASYARAKAT SEBAGAI BAHAN PENTING UNTUK MENJAGA KESATUAN POLITIK DAN KETERTIBAN, TUJUAN MASING-MASING DICARI DALAM KONTEKS ZAMANNYA BEBERAPA INDIVIDU BERPARTISIPASI SECARA AKTIF DALAM KEHIDUPAN POLITIK. MEREKA MENGIKUTI PERTEMUAN-PERTEMUAN POLITIK, MENGHUBUNGI PEJABAT PUBLIK, DAN PENGALAMAN KETERLIBATAN POLITIK MEREKA DALAM BERBAGAI CARA.

6 PLATO MAUPUN MACHIAVELLI SAMA-SAMA MENGEMBANGKAN BAGAIMANA PARA PEMIMPIN POLITIK DALAM SUATU BANGSA HARUS BERTINDAK UNTUK MEMPROMOSIKAN DUKUNGAN DAN KESETIAAN TERHADAPNYA. LEMBAGA-LEMBAGA SOSIAL SERING MENGAMBIL PERAN DALAM MEMBENTUK PANDANGAN- PANDANGAN DALAM MASYARAKAT.

7 PEMIMPIN PENDIDIKAN UMUMNYA MEMILIKI PANDANGAN YANG TELAH DITETAPKAN DALAM MEMBENTUK MASA DEPAN WARGA NEGARA SEBAGAI BAGIAN DARI TUGAS MEREKA. MEREKA JUGA BERUSAHA MEMPENGARUHI MASYARAKAT UNTUK SETIA TERHADAP TATANAN YANG ADA LEMBAGA-LEMBAGA KEAGAMAAN TELAH MENGGUNAKAN PENGARUH MEREKA UNTUK MEMBENTUK NILAI-NILAI POLITIK ORANG MEMPERCAYAINYA. KELOMPOK-KELOMPOK KEAGAMAAN MENGANJURKAN SUATU ALTERNATIF KEPADA REZIM YANG TELAH BERKUASA

8 PERHATIAN TERKINI UNTUK SOSIALISASI POLITIK, DUA GARIS KEBUTUHAN KONSEP INI TELAH DIGUNAKAN UNTUK MENGANALISIS PROSES DAN KARAKTERISTIK SISTEM PENYELIDIKAN SOSIALISASI POLITIK TELAH DIDORONG OLEH KEINGINAN UNTUK MEMAHAMI BASIS BERBAGAI POLA PANDANGAN POLITIK INDIVIDUAL

9 PENGA LAMAN SEBAG AI TAHAP AWAL BAGI ORANG DEWAS A DALAM MENEN TUKAN SIKAP POLITIK NYA PENYEL IDIKAN SOSIALI SASI POLITIK DIKEMB ANGKA N SEBAG AI SALAH SATU CARA UNTUK MENGE KSPLOR ASI MASAL AH POLITIK. SOSIALI SASI POLITIK DIPAND ANG DARI SUDUT PANDA NG SISTEM POLITIK, SOSIALISASI POLITIK DIPANDANG SEBAGAI SARANA UNTUK MENGEMBANGKAN DUKUNGAN UNTUK SISTEM POLITIK.

10 SOSIALISASI POLITIK JUGA MERUPAKAN PENDEKATAN UNTUK MEMAHAMI PERBEDAAN DALAM PERSPEKTIF POLITIK YANG ADA DI ANTARA KONSTITUEN NEGARA YANG SAMA.

11 PENDIDIKAN POLITIK ADALAH AKTIFITAS YANG BERTUJUAN UNTUK MEMBENTUK DAN MENUMBUHKAN ORIENTASI- ORIENTASI POLITIK PADA INDIVIDU IA MELIPUTI KEYAKINAN KONSEP YANG MEMILIKI MUATAN POLITIS, MELIPUTI JUGA LOYALITAS DAN PERASAAN POLITIK, SERTA PENGETAHUAN DAN WAWASAN POLITIK YANG MENYEBABKAN SESEORANG MEMILIKI KESADARAN TERHADAP PERSOALAN POLITIK DAN SIKAP POLITIK.

12 SOSIALISASI POLITIK MERUPAKAN SOSIALISASI ATAU PENYULUHAN ADALAH SEBAGAI SUATU ILMU SOSIAL YANG MEMPELAJARI CARA-CARA DAN PROSES PERUBAHAN PADA MANUSIA DAN MASYARAKAT AGAR PERUBAHAN TERSEBUT SESUAI DENGAN APA YANG DIHARAPKAN. MENAMBAH PENGERTIAN MENINGKATKAN KESADARAN MERANGSANG DAN MEYAKINKAN SI PENERIMA PENYULUHAN BAHWA MEREKA MAMPU DAN BERUNTUNG BILA MELAKSANAKAN PESAN SI PENYULUH. TUJUAN

13 SOSIALISASI POLITIK DAPAT DIGOLONGKAN DALAM DUA PERSPEKTIF UMUM. PERTAMA, DISEBUT PERSPEKTIF PENGAJARAN (THE TEACHING PERSPECTIVE) YANG MENGGAMBARKAN SOSIALISASI POLITIK SEBAGAI PROSES MELALUI MANA ORIENTASI-ORIENTASI POLITIK DIAJARKAN. KEDUA, PERSPEKTIF BELAJAR (THE LEARNING PERSPECTIVE) YANG MENEKANKAN PADA AKTIVITAS INDIVIDU UNTUK BELAJAR SENDIRI.

14 SOSIALISASI POLITIK BERKAITAN DENGAN ASAL- USUL SOSIAL PRIBADI DAN PANDANGAN POLITIK. SOSIALISASI POLITIK ADALAH PROSES INTERNALISASI NILAI, PENGENALAN DAN PEMAHAMAN, PEMELIHARAAN DAN PENCIPTAAN, SERTA PROSES EKSTERNALISASI NILAI-NILAI DAN PEDOMAN POLITIK DARI INDIVIDU/KELOMPOK KE INDIVIDU/KELOMPOK YANG LAIN. LEMBAGA-LEMBAGA SOSIAL SERING MENGAMBIL PERAN DALAM MEMBENTUK PANDANGAN-PANDANGAN DALAM MASYARAKAT.

15 SOSIALISASI POLITIK DIPANDANG SEBAGAI SARANA UNTUK MENGEMBANGKAN DUKUNGAN UNTUK SISTEM POLITIK. SOSIALISASI POLITIK MEMPUNYAI TUJUAN: MENAMBAH PENGERTIAN, MENINGKATKAN KESADARAN MERANGSANG DAN MEYAKINKAN SI PENERIMA PENYULUHAN BAHWA MEREKA MAMPU DAN BERUNTUNG BILA MELAKSANAKAN PESAN SI PENYULUH. AGEN SOSIALISASI POLITIK YAITU KELUARGA, SEKOLAH DAN MEDIA.


Download ppt "IDENTITAS BUKU Adapun buku yang digunakan sebagai referensi dalam penyusunan laporan bab ini yaitu dengan identitas sebagai berikut :  Judul Buku: Political."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google