Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Inventarisasi : kelompok-kelompok pelaku dan kegiatan yang telah dilakukan (di lingkungan/paroki/kevikepan/keuskupan : territorial/kategorial; dan di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Inventarisasi : kelompok-kelompok pelaku dan kegiatan yang telah dilakukan (di lingkungan/paroki/kevikepan/keuskupan : territorial/kategorial; dan di."— Transcript presentasi:

1

2  Inventarisasi : kelompok-kelompok pelaku dan kegiatan yang telah dilakukan (di lingkungan/paroki/kevikepan/keuskupan : territorial/kategorial; dan di lingkungan sekolah)  Pengolahan Data  Menumbuhkan gerakan baru dalam hal Terlibat Berbagi Berkat: (baru di semua tempat maupun baru untuk tempat tertentu) dengan cara : sosialisasi gerakan alternatif melalui Kolasi di Kevikepan

3  Teks inspirasi: 1 Tes. 5:18 “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus” Dari Panitia Tahun Syukur KAS 2010

4 1. Syukur atas habitus baru dengan pelaksanaan Ardas Syukur atas 70 tahun KAS 3. Syukur atas Tahun Imam – Menghayati kekudusan (19 Juni Juni 2010)

5 Konsep tahun syukur: apa yang mau disyukuri dan ditawarkan? Penyadaran gerak di kelompok kategorial/ fungsional dan teritorial: memberi apresiasi rasa syukur atas segala kebaikan yang telah dibuat dan dialami oleh umat. Tidak harus dengan hal-hal baru, namun memberi makna dan memberi informasi dari pelbagai hal yang telah dilaksanakan.

6  Meliputi : 1. Kegiatan yang sudah dilaksanakan 2. Kegiatan yang akan dilaksanakan

7 Situasi sosial kemasyarakatan yang perlu mendapat perhatian secara umum maupun khusus, misalnya :  Pilwalkot – Pilkada Kabupaten  Daerah rawan bencana di masing-masing tempat yang perlu disadari dan diantisipasi  Global warming dan perubahan iklim terkait sikap hidup manusia yang membutuhkan kesadaran dan tindakan nyata sebagai upaya mewujudkan keutuhan ciptaan

8  Kelanjutan fokus pastoral untuk mewujudkan Habitus Baru berdasarkan semangat Injil.  Gereja mempunyai tanggung jawab untuk ambil bagian secara nyata dalam usaha menciptakan kesejahteraan bersama berdasarkan prinsip-prinsip bonum commune, misalnya serius menggarap Credit Union.  Potret kesulitan umat dari panitia APP KAS

9  Membentuk tim peduli…………  Gerakan Advokasi dan animasi-edukasi di berbagai bidang oleh tim peduli  Gerakan berbagi dari umat untuk umat di berbagai bidang : - lingkungan hidup :  menanam/ menyumbang/diberi - kesehatan : anjangsana; tim belarasa; dan “asuransi”

10 - Mental-spiritual (Keluarga) : gerakan peduli keluarga bermasalah (kunjungan  pendampingan) - Pemberdayaan (Sosial ekonomi )

11 - Bidang Pendidikan : (Melanjutkan)  Gerakan berbagi 5 roti dan 2 ikan, tiap tanggal 7 di sekolah-sekolah Katolik, penggeraknya MPK dan BKS masing-masing Kevikepan dengan pedoman yang lebih jelas dan terbuka (Mohon segera disosialisasikan lagi dan didengungkan sebagai gerakan solidaritas nyata di masing- masing sekolah).  Pengembangan gerakan peduli pendidikan melalui kotak peduli pendidikan di paroki-paroki yang hasilnya dikelola oleh Tim Peduli Pendidikan Kevikepan. Dengan harapan masing-masing paroki telah memperhatikan pendidikan dengan usaha nyata. Perlu paradigma baru dalam pola pendidikan.

12  Pemikiran-pemikiran untuk membangun gerakan di bidang tertentu; dari umat untuk umat se- Keuskupan Agung Semarang.

13  Gerakan berbagi yang mudah dibuat (sehari-hari) : - jimpitan o Membuat perhitungan kebutuhan keluarga (untuk satu tahun) – 10% dari belanja keluarga disumbangkan (bisa juga dianggarkan 10%lebih banyak dari kebutuhan)

14  Konteks kota Magelang : anak-anak jalanan semakin bertambah dan akan makin banyak dg pembangunan jalan raya Mgl  Para seminaris : diajak utk peduli kpd orang miskin  perlu kerjasama dengan pihak-pihak lain  Belanja Rokok : 10% disumbangkan

15  Lingkungan hidup : gerakan membuat “luwangan” kecil/lubang biopori di pekarangan rumah, dsb. Untuk peresapan air guna mengurangi bahaya banjir serta meningkatkan kesuburan tanah

16  Catatan untuk gerakan penghijauan : selama ini jumlah tanaman yg hidup hanya sekitar 50% - perlu diperhatikan pihak yang memelihara.  Perlu gerakan menabung

17  Gerakan berbagi perlu dimaknai sebagai gerakan untuk melawan konsumerisme/hedonisme  managemen ekonomi/keuangan (keluarga/paroki) berkaitan dengan pembuatan RAPB

18  HAK : Kabupaten Magelang Setelah Gus Dur meninggal: ada gerakan “merajut merah putih” lintas agama  pengumpulan koin

19  Persiapan pemilu 2014 untuk DPD  penyiapan kader katolik dan sosialisasi; bisa didahului dengan sarasehan dll  Disediakan buku pegangan/panduan untuk gerakan berbagi: berisi spiritualitas gerakan berbagi  Berbagi > pertama-tama adalah kasih, keterlibatan dalam hidup orang lain. Penghayatan religiusitas dalam hidup. Sehingga ada keseimbangan (gerakan, persaudaraan, spiritualitas)

20  Semangat berbagi (ada pd ibu-ibu) sering menjadi beban, khususnya pd bulan-bulan baik.  saat mempunyai “gawe”, tidak perlu menerima sumbangan; shg tidak membebani orang lain.

21  Masih banyak orang perlu dibantu. Kendala: dana terbatas (app/dana papa miskin)  fokus pada OMK  Melanjutkan program rehap rumah (dg melibatkan banyak umat)

22  Gerakan karitatif dilanjutkan menjadi habitus  Dana papa miskin (15% kolekte /persembahan) dimonitor penggunaannya sbg wujud semangat berbagi.  5% dari dana papa miskin dikelola bersama di tingkat keuskupan untuk fokus terntu, misal: sbg bantuan untuk orang sakit.

23

24  Pemaparan Data : Rangkuman - yang telah terlaksana - yang direncanakan (dari TEPAS 2010)  Inspirasi : - keprihatinan - alternatif gerakan  Tanggapan umum (pemikiran gerakan untuk seluruh umat : tingkat kevikepan /keuskupan)


Download ppt " Inventarisasi : kelompok-kelompok pelaku dan kegiatan yang telah dilakukan (di lingkungan/paroki/kevikepan/keuskupan : territorial/kategorial; dan di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google