Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Peserta didik dapat mengidentifikasi teks  Peserta didik dapat menjawab isi teks  Peserta didik dapat mengabstraksi teks.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Peserta didik dapat mengidentifikasi teks  Peserta didik dapat menjawab isi teks  Peserta didik dapat mengabstraksi teks."— Transcript presentasi:

1

2  Peserta didik dapat mengidentifikasi teks  Peserta didik dapat menjawab isi teks  Peserta didik dapat mengabstraksi teks

3 1. Membaca intensif teks 2. Menemukan gagasan utama tiap paragraf 3. Mereproduksi teks yang lebih ringkas

4 1. Berlian mempunyai indeks refraksi paling tinggi, sehingga dapat memantulkan cahaya dengan menyilaukan. 2. Apabila terkena panas dan oksigen bebas, akan terkonversi menjadi dioksida yang relatif tidak reaktif sehingga digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran. 3. Karbon dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu karbon murni dan karbon yang terikat secara kimiawi. 4. Sedangkan grafit memiliki tingkat kekerasan lebih rendah dari berlian. 5. Karbon jenis kedua dapat ditemukan batu bara dan petroleum (organik) dan gamping dan bubuk pengembang kue (anorganik). Berlian terbentuk dari atom yang terikat dan sangat kuat.

5 Kohesi leksikal= Kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kosakata. Kohesi leksikal dapat berupa penggabungan sinonim, antonim, dan hiponim.

6 1. Konjungsi, contoh: Akan tetapi, baik berlian maupun grafit mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi. 2. Repetisi (mengulang kata), contoh :Karbon unsur nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam bentuk karbon murni. 3. Sinonim, contoh: Benda di dunia dapat dikelompokkan atas dasar persamaan dan perbedaannya. Semua benda di dunia dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. 4. Antonim, contoh: Semua benda di dunia dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. 5. Ekuivalen (kata yang saling menggantikan) Komodo akan menggigit binatang mangsanya, lalu membuntutinya sampai binatang itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi. Spesies binatang melata ini terkadang bertindak sebagai binatang kanibal. 6. Hiponim (kata khusus) dan hipernim (kata umum) Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. 7. Penggunakan kata ganti Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut

7 1. Tidak mengulang kata yang memiliki makna yang sama (bertele-tele). contoh: Mereka saling bersalam-salaman. Meskipun berbeda, tetapi berlian dan grafit 2. Penalaran logis dan tidak ambigu Contoh: Bagi yang membawa kopor harap dimasukkan ke dalam bagasi bus. Saya suka batuk kalau musim dingin. 3. Struktur kalimat harus betul dan minimal subjek dan predikat Sehingga berlian dapat memantulkan cahaya dan dapat menyilaukan. 4. Diksi (pilihan kata) harus baku Berlian termasuk benda non konduktor. 5. EyD (penulisan huruf, kata dan tanda baca) Pada suhu rendah semua bentuk karbon lembek tetapi pada suhu tinggi karbon akan bersenyawa dengan oksigen dalam proses oksidasi.

8  Lengkapilah teks yang rumpang!

9 1. Struktur teks 2. Kaidah teks


Download ppt " Peserta didik dapat mengidentifikasi teks  Peserta didik dapat menjawab isi teks  Peserta didik dapat mengabstraksi teks."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google