Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Definisi Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Definisi Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang."— Transcript presentasi:

1

2

3 Definisi Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan oleh perusahaan tersebut Alternative cost principle atau Opportunity cost principle merupakan salah satu konsep biaya produksi dimana, biaya produksi untuk suatu input tertentu adalah nilai yang harus dikorbankan/hilang dari alternatif produksi yang menggunakan input dimana input tersebut digunakan untuk memproduksi output tertentu.

4 1.Biaya eksplisit adalah pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan perusahaan atau dapat juga diartikan sebagai pengeluaran aktual (secara akuntansi) perusahaan untuk penggunaan sumber daya dalam proses produksi. 2. Biaya implisit adalah perkiraan pengeluaran (biaya) atas faktor produksi yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri atau dapat juga diartikan sebagai biaya ekonomi perusahaan atas penggunaan sumber daya yang ditimbulkan karena proses produksi.

5 1.Nilai Input yang digunakan oleh perusahaan 2.Teknik produksi yang tersedia untuk mengkombinasikan sumber /input agar diproduksi output

6 Jangka Pendek diartikan sebagai jangka waktu perencanaan yang sedemikian pendek sehingga produsen tidak mempunyai kesempatan(waktu) untuk mengubah berbagai alternatif penggunaan inputnya. Contohnya : energi, tenaga kerja, transportasi, bahan mentah dan bahan setengah jadi.

7 Ongkos Tetap (Fixed cost) Ongkos Alternatif untuk pembelian input- input tetap. Ongkos tetap total jangka pendek dari suatu perusahaan merupakan jumlah tetap untuk semua kemungkinan produksi.

8 Ongkos Variabel Total merupakan ongkos alternatif yang harus ditanggung oleh perusahaan untuk pembelian input variabelnya. Ongkos variabel total besar kecilnya bergantung pada output yang diproduksi. Semakin besar output produksi semakin besar pula input variabel yang digunakan sehingga semakin besar juga biaya yang dikeluarkan.

9

10

11

12 Biaya Rata-rata; Average Fixed Cost, AFC = TFC/Q Average Variabel Cost, AVC = TVC/Q Average Cost, Biaya Marjinal (Marginal Cost); MC = ∆TC/ ∆Q

13 Hubungan antara marginal cost dan total costs

14 Hubungan antara MC, AV, AVC

15 Periode perencanaan yang cukup panjang untuk suatu perusahaan sehingga mampu mengubah jumlah imput yang digunakan setiap unit waktu. Sehingga semua inputnya variabel.

16

17 Kurva SAC

18 Hubungan Kurva SAC dalam PembentukanKurva LAC

19 1. Increasing return to scale 2. Decreasing return to scale 3. Constant return to scale Berkaitan dengan skala pengembalian dalam proses produksi, terdapat tiga

20

21

22

23

24


Download ppt "Definisi Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google