Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ovulasi hingga Implantasi (Perkembangan Minggu Pertama ) Mutiara Budi Azhar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ovulasi hingga Implantasi (Perkembangan Minggu Pertama ) Mutiara Budi Azhar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya."— Transcript presentasi:

1 Ovulasi hingga Implantasi (Perkembangan Minggu Pertama ) Mutiara Budi Azhar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya

2 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama2 Daur Ovarium Wanita mulai mengalami daur bulanan/siklus menstruasi pada masa pubertas. Siklus ini diatur oleh hipothalamus. Hipothalamus menghasilkan gonadotropin releasing hormon (GnRH) yang memicu hipofisis anterior untuk menghasilkan hormon-hormon gonadotropin: follicle stimulating hormon (FSH) dan luteinizing hormon (LH).

3 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama3

4 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama4 Daur Ovarium – Lanjutan 2 Pada awal setiap daur ovarium 5-15 folikel primordial akan berkembang di bawah pengaruh FSH. Hanya satu dari folikel-folikel itu yang mampu berkembang menjadi oocyt, sedangkan yang lain berdegenerasi (atretik) dan digantikan oleh jaringan ikat, membentuk corpus atreticum. Sel-sel folikuler dan sel-sel teka yang terbentuk selama pertumbuhan sel-sel folikel akan menghasilkan hormon estrogen.

5 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama5 Daur Ovarium – Lanjutan 3 Hormon estrogen tersebut berfungsi:  Menyebabkan endometrium masuk ke fase folikuler atau fase proliferatif;  Merangsang hipofisis untuk mengeluar- kan LH. Lonjakan luteinizing hormon ini penting untuk dan untuk tahap akhir pematangan folikel dan merangsang ovulasi.

6 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama6 Ovulasi Pada hari-hari menjelang ovulasi:  folikel de Graff membesar cepat  oocyt primer menyelesaikan meiosis pertamanya  muncul tonjolan setempat dan degenerasi permukaan ovarium dan pada apeksnya tampak titik avaskuler, stigma. Kelemahan daerah penonjolan tersebut, peningkatan tekanan intrafolikuler, dan kontraksi dinding ovarium akan mendorong oosit keluar.

7 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama7 Ovulasi – Lanjutan 2 Oosit bersama sel granulosa di sekelilingnya dari daerah kumulus ooforus, terlepas dan hanyut meninggalkan ovarium (ovulasi). Beberapa sel kumulus ooforus menyusun diri di sekeliling zona pelusida membentuk korona radiata. Pada saat ovulasi ini pembelahan meiosis pertama selesai, dan oosit sekunder memulai pembelahan meiosis ke-2.

8 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama8 Ovulasi – Lanjutan 3 Ovulasi terjadi secara konstan 14+1 hari sebelum haid yang akan datang Apabila tidak terjadi conceptio maka oocyt akan mati.

9 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama9

10 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama10 Perubahan dalam ovarium setelah ovulasi Setelah ovulasi, sisa sel folikuler pada dinding folikel yang pecah mendapatkan vaskularisasi dari pembuluh darah di sekitarnya corpus rubrum. Dibawah pengaruh LH, sel ini akan mengalami reorganisasi menjadi sel-sel luteal yang pada akhirnya membentuk corpus luteum dan menghasilkan progesteron. Progesteron bersama-sama estrogen menyebabkan mukosa uteri memasuki tahap progestasi sebagai persiapan implantasi mudigah (nidasi).

11 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama11 Perubahan dalam ovarium setelah ovulasi-Lanjutan 2 Bila sepsi corpus luteum bertahan 3-4 bulan dan akan berkembang corpus luteum kehamilan (graviditas) Sel luteal akan mengasilkan progesteron Fungsi progesteron mempertahankan kehamilan hingga akhir bulan ke-4, saat komponen trofoblas dari plasenta dirasa cukup untuk mengambil alih peran sel luteal.

12 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama12 Perubahan dalam ovarium setelah ovulasi-Lanjutan 3 Bila tidak terjadi sepsi maka corpus luteum hanya dapat bertahan selama 9 hari. Kemudian korpus luteum akan degenerasi, disebut korpus luteum menstruasi (corpus albicans). Pada saat ini progesterone melonjak turun yang menyebabkan pendarahan haid menjadi cepat.

13 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama13 Perjalanan oosit Sesaat sebelum ovulasi, fimbrae tuba fallopi (tuba uterina) mulai menutupi permukaaan ovarium dan tuba fallopi mulai berkontraksi secara ritmik. Oocyt masuk ke dalam tuba oleh usapan fimbrae dan oleh gerakan bulu-bulu getar pada lapisan epitel. Setelah berada dalam tuba, oocyt dengan segera terdorong ke rongga rahim oleh kontraksi dinding otot. Oocyt akan sampai di rongga rahim dalam waktu 3-4 hari.

14 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama14

15 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama15 Fertilisasi Terjadi dalam ampula tuba fallopi. Sebelum terjadi fertilisasi spermatozoa yang telah sampai di saluran kelamin wanita harus mengalami reaksi-reaksi presepsis yaitu: –Kapasitasi, –Reaksi akrosom

16 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama16 Fertilisasi – Lanjutan 2 Fase fertilisasi (sepsis) terdiri dari:  Penembusan corona  Penembusan zona pellusida,  Penyatuan oosit dan membrane sel.

17 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama17 Tanggapan sel telur setelah sperma memasuki oocyt:  Reaksi kortikal dan zona, terlepasnya butir-butir kortikal oocyt  Melanjutkan pembelahan meiosis II,oocyt menyelesaikan meiosisII-nya segera setelah spermatozoa masuk.  Penggiatan metabolik sel telur, faktor yang diperkirakan dibawa oleh spermatogenesis yang berhubungan dengan awal embryogenesis.

18 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama18 Fertilisasi – Lanjutan 3 Hasil utama dari fertilisasi adalah:  Pengembalian menjadi jumlah kromosom diploid lagi  Penentuan jenis kelamin  Dimulainya pembelahan

19 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama19 Pembelahan Zigot Morulla Blastokista

20 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama20

21 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama21 Hari mm Hari mm

22 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama22 Hari mm

23 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama23 Pembentukan Blastokista Ketika morulla memasuki rahim cairan mulai menembus zona pellusida dan masuk ke dalam ruang antarsel yang ada di massa sel dalam berangsur-angsur ruang antarsel menyatu sehingga terbentuklah rongga disebut juga blastocoel,mudigah pada saat ini dikenal dengan blastokista. Massa sel dalam embrioblast Massa sel luar trofoblast Zona pellusida pada saat ini sudah menghilang sehingga implantasi dapat dimulai.

24 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama24

25 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama25

26 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama26 Rahim pada saat implantasi Uterus atau dinding rahim adalah tempat implantasi Terdiri dari tiga lapisan yaitu endometrium miometrium perimetrium Endometrium merupakan selaput lendir bagian dalam yang terdiri dari dua strata yakni:  stratum basale  stratum fungsional

27 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama27.. Myometrium adalah lapisan tebal yang terdiri dari otot polos Dapat memanjang (saat hamil) dan memendek ketika partus menghasilkan oxytoxin untuk kontraksi dinding rahim. Perimetrium merupakan lapisan terluar dan tersusun dari jaringan ikat. Fase perubahan uterus:  Fase menstruasi  Fase proliferasi  Fase Sekretorik

28 28

29 Mutiara Budi AzharPerkembangan Minggu Pertama29 TERIMA KASIH


Download ppt "Ovulasi hingga Implantasi (Perkembangan Minggu Pertama ) Mutiara Budi Azhar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google