Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AINUN NAJIB, 6250404019 Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AINUN NAJIB, 6250404019 Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi."— Transcript presentasi:

1 AINUN NAJIB, Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AINUN NAJIB - NIM : PRODI : Ilmu Keolahragaan - JURUSAN : Ilmu Keolahragaan - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - ainun_ pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Soekardi, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Drs. Djanu Ismanto, MS. - TGL UJIAN :

3 Judul Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi

4 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar motivasi pemain, pelatih, dan pengurus yang berada di klub-klub divisi satu Pengcab PSSI kabupaten Batang dalam mempersiapkan untuk mengikuti kompetisi Pengcab PSSI Kabupaten Batang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar motivasi klub-klub sepakbola divisi satu pengurus cabang (pengcab) PSSI kabupaten Batang dalam mengikuti kompetisi. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif, adapun sumber data dalam penelitian ini berdasarkan data yang ada di klub-klub divisi satu pengurus cabang (pengcab) PSSI kabupaten Batang. Data tersebut berupa dokumen yang ada di klub divisi satu pengcab PSSI kabupaten Batang dan hasil wawancara dengan pengurus serta anggota klub. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang dimiliki klub-klub divisi satu pengcab PSSI kabupaten Batang tergolong dalam kategori tinggi. Motivasi untuk pemain menunjukkan skor 17.50% faktor fisiologis, 22.50% faktor bakat, 12.50% faktor aktualitas diri, 15.00% faktor kompetisi, 12.50% faktor penghargaan, 7.50% faktor kondisi lingkungan, dan 5.00% faktor tuntutan. Sedangkan, motivasi pelatih dan pengurus, yaitu 3.06% aspek prinsip motivasi, 20.04% aspek herarki motivsi, 26.72% aspek karakteristik motivasi, dan 23.38% fungsi motivasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah motivasi yang dimiliki klub-klub divisi satu pengcab PSSI Kabupaten Batang tergolong dalam kategori tinggi untuk menghadapai kompetisi. Tingginya motivasi dipengaruhi oleh beberapa faktor dan aspek motivasi. Saran yang dapat diberikan peneliti antala lain: (1) pemain, pelatih, dan pengurus harus dapat saling memahami kebutuhan masing-masing, motivasi akan tumbuh jika saling melengkapi, (2) pelatih harus dapat menerapkan sistem latihan secara teratur dan membuat pemain merasa nyaman, (3) para praktisi dapat menggunakan penelitian ini untuk melakukan penelitian serupa dengan metode lain sehingga didapat alternatif metode lainnya.

5 Kata Kunci Motivasi klub-klub divisi satu pengcab PSSI kabupaten Batang, dan mengikuti kompetisi.

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktiek. Jakarta: Renika Cipta. Broto, Sudibyo Setiyo Psikologi Olahraga. Jakarta: PT Amen Kosong Amen. Darsono, Max Belajar Dan Perkembangan. Semarang: IKIP Semarang. Gunarsa, D Singgih Psikologi Olahraga. Jakarta: BPK Gunung Mulia Motivasi. Jakarta. Hadi, Strisno Metodologi Research. Yogyakarta:Andi Yogyakarta. Handoko, Martin Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius. Hardoyo Administrasi Penjas dan Organisasi Olahraga. Jakarta: DEBDIKNAS. Harsono Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3. Hasan, Cholifa Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-ihlas Irawan, Prasetyo Teori Belajar Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: DEPDIKBUD. Pratiknyo, Eri Metodologi Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Semarang. UNNES Purwanto,M. Ngalim Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rusda Karya. Sajoto Aspek Motivasi. Jakarta Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize. Sardiman Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Subarjan, Herman Motivasi Intrinsik. Jakarta. Sucipto Olahraga Pilihan Sepakbola. Semarang: IKIP Semarang. Sugianto Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: DEPDIKBUD Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Renika Cipta Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Renika Cipta. Sukatamisi Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo: Tiga Serangkai. Tuwu, Alimudin Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Yuanto, Viktor Eko Manajemen Persatuan Sepakbola Persatuan Indonesia Batang (PERSIBAT) Kabupaten Batang tahun Skripsi: UNNES Kamus Besar Bahasa Indonesia. Solo: Balai Pustaka.

7 Terima Kasih


Download ppt "AINUN NAJIB, 6250404019 Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google