Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Kebebasan seperti waktu: agustinus (354-430)  Bisa dialami namun sulit untuk di definisikan.  Filsuf Perancis Henri Bergson (1859-1941)  “jadi kebebasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Kebebasan seperti waktu: agustinus (354-430)  Bisa dialami namun sulit untuk di definisikan.  Filsuf Perancis Henri Bergson (1859-1941)  “jadi kebebasan."— Transcript presentasi:

1  Kebebasan seperti waktu: agustinus ( )  Bisa dialami namun sulit untuk di definisikan.  Filsuf Perancis Henri Bergson ( )  “jadi kebebasan merupakan suatu fakta dan diantara fakta-fakta yang ditetapkan orang tidak ada yg lebih jelas”.

2  Beberapa arti kebebasan:  Kebebasan politik.  -kebebasan versus kekuasaan absolut (magna charta (1215) revolusi perancis (1789)  - kedaulatan di tangan rakyat (UUD 1945 pasal 1)  -kebebasan versus kolonialisme  - pembukaan UUD 1945

3  Bebas sama dengan kemauan sesuai dengan diri sendiri?  - orang cenderung mencampuradukan kebebasan dengan merasa bebas.  Contoh :  Mahasiswa libur vs bolos  Free sex bebas vs malah menjadi budak hawa nafsu  Liberalisme versus marxisme

4  Kebebasan fisik  Friedrich schiller: manusia diciptakan bebas dan dia tetap bebas, sekalipun lahir terbelenggu.  Kebebasan yuridis  Kebebasan yang diberikan oleh negara untuk menjamin hak sebagai warga negara.  Kebebasan psikologis  Kebebasan yang bermakna, yang memilih antara baik dan buruk dan kesetiaan terhadap pilihannya.

5  Kebebasan moral  - tindakan yang bebas secara psikologis  Kebebasan secara psikologis belum tentu bebas secara moral  Contoh: membaca pernyataan sambil ditodong senjata oleh teroris kemudian di siarkan.

6  Kebebasan eksistensial  - kebebasan dalam taraf otonom terhadap diri sendiri dan juga orang lain baik dalam pemikiran maupun tindakan  - bisa berkonotasi negatif maupun positif.  - contoh: tidak menjadi budak dari materi atau gadget yang digunakannya.

7  Kebebasan apakah negatif atau positif?

8  Jean paul satre: we are condemned to be free!  Kebebasan kita dibatasi oleh hal2 seperti:  1. faktor dari dalam: fisik, dan kelamin.  2. lingkungan  3. kebebasan orang lain.  4. generasi mendatang.

9  Apa hubungan antara determinasi dengan kebebasan?  Manusia mempunyai hati nurani dan rasio karenanya arah tindakannya (determinasi) terhadap kebebasan bukan hanya karena sebuah PENYEBAB namun juga karena MOTIF!

10  Tanggung jawab  Orang bertanggung jawab terhadap sesuatu yang DISEBABKAN olehnya. (masyarakat arkais)  Masa kini ditambahkan unsur kebebasan sbg syarat mutlak tanggung jawab.  Tujuannya untuk menghindari motif seperti: balas dendam, anarkisme dan magis.

11  Tingkatan tanggung jawab:  A. Ali mencuri tapi tidak tahu dia mencuri.  B. Budi mencuri karena dia seorang kleptomania  C. Cipluk mencuri karena dia pikir boleh u mencuri.  D. Jono mencuri karena diancam nyawanya oleh orang lain.  E. Eko mencuri karena hawa nafsu.

12  Tanggung jawab kolektif

13


Download ppt " Kebebasan seperti waktu: agustinus (354-430)  Bisa dialami namun sulit untuk di definisikan.  Filsuf Perancis Henri Bergson (1859-1941)  “jadi kebebasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google