Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MAHAR DWI PUSPITA, 6450405137 Efektivitas Metode Diskusi Kelompok untuk Mengurangi Sikap Negatif Masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MAHAR DWI PUSPITA, 6450405137 Efektivitas Metode Diskusi Kelompok untuk Mengurangi Sikap Negatif Masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja."— Transcript presentasi:

1 MAHAR DWI PUSPITA, Efektivitas Metode Diskusi Kelompok untuk Mengurangi Sikap Negatif Masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MAHAR DWI PUSPITA - NIM : PRODI : Kesehatan Masyarakat - JURUSAN : Ilmu Kesehatan Masyarakat - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - puspita pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. ER Rustiana, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Bambang BR, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Efektivitas Metode Diskusi Kelompok untuk Mengurangi Sikap Negatif Masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun 2009

4 Abstrak Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah metode diskusi kelompok efektif untuk mengurangi sikap negatif masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara tahun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode diskusi kelompok untuk mengurangi sikap negatif masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara tahun Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan controlgroup pretest-posttest-design. Populasi berjumlah 2426 orang. Sampel berjumlah 70 orang diperoleh dengan metode proportionate stratified random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, yang masing-masing berjumlah 35 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan t-test berpasangan dan t-test tidak berpasangan. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa metode diskusi kelompok efektif dalam mengurangi sikap negatif masyarakat terhadap ODHA (orang dengan HIV/AIDS) di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara tahun 2009, dengan nilai p value sebesar Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok efektif untuk mengurangi sikap negatif masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara tahun Maka saran yang diajukan adalah (1) bagi petugas kesehatan di Kabupaten Banjarnegara agar selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat dan penyuluhan kepada ODHA (orang dengan HIV/AIDS); (2) perlu diadakan penelitian lanjutan untuk penanggulangan penyakit HIV/AIDS dan yang berhubungan dengan promosi kesehatan (Promkes)

5 Kata Kunci Diskusi Kelompok, Sikap terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS)

6 Referensi Achmad Sujudi, 2002, Laporan Eksekutif Menteri Kesehatan RI Tentang Penanggulangan HIV/AIDS Respon Menangkal Bencana Nasional, id.pdf, diakses 7 April Ahmad Shams Madyan, 2009, AIDS Dalam Islam, Bandung: Mizan Pustaka Anam Masrur Ba’ali, 2006, HIV/AIDS Kita Bisa Kena Kitapun Bisa Cegah, Yogyakarta: Nuansa Aksara. Anne Febri Hanany, 2007, Perbedaan Daya Tangkap Siswa Terhadap Materi Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut antara Metode Penyuluhan dengan Media Kartu Cerdas dan Flipchart (Studi pada Siswa Kelas III SDN Sendang Mulyo 02 dan 06 Tahun Ajaran 2006/2007), Skripsi S-1, Universitas Negeri Semarang. Argyo Demartoto, ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), mp;Ite mid=102, diakses 7 April Bhisma Murti, 2001, Prinsip dan metode Riset Epidemiologi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Danny Irawan Yatim, 2002, Dialog Seputar AIDS, Jakarta: Rasindo. Denny Riana, 2006, HIV/AIDS dan Kemanusiaan, (http://www.ranesi.nl/spesial/hiv_aids_1981_2006/hiv_aids_dan_kemanus iaan061129), diakses 7 April Depkes RI, 1995, Buku Panduan Penyuluhan HIV/AIDS Bagi Tenaga Kesehatan, Jakarta: Depkes RI. Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, 2008, Profil Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Banjarnegara : Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. Ircham Machfoedz dan Eko Suryani, 2006, Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan, Yogyakarta: Fitramaya. KPA, Strategi Nasional Penanggulangan HIV dan AIDS , (http://spiritia.or.id/Dok/stranas07-10.pdf), diakses 7 April Made Putri Ayu Rasmini, 2006, Pahami HIV/AIDS Hentikan Stigma Pada ODHA,http://www.cybertokoh.com/mod.php?mod=publisher&op=viewart icle&artid=2009, diakses 7 April Nursalam dan Ninuk Dian Kurniawati, 2007, Asuhan Keperawatan pada Pasien Terinfeksi HIV/AIDS, Jakarta: Salemba Medika. Saifuddin Azwar, 2001, Validitas dan Reliabilitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offiset. _______, 2003, Sikap Manusia : teori dan pengukurannya, Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar. Singgih Santoso, 2001, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: PT. Gramedia. Soekidjo Notoatmodjo, 2002, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta. _______, 2003, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta: PT Rineka Cipta. _______, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta. _______, 2005, Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Rineka Cipta. Sopiyudin Dahlan, 2004, Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan, Jakarta: Bina Mitra Press. Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cipta. Trisni Winarsih, 2005, Perbedaan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dan Sikap Seks Pranikah antara yang mengikuti ceramah dan Diskusi Kelompok (Studi pada siswa kelas 2 MAN III Yogyakarta), Skripsi S-1, Universitas Diponegoro. Uha Suliha, dkk., 2003, Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan, Jakarta: Buku Kedokteran.

7 Terima Kasih


Download ppt "MAHAR DWI PUSPITA, 6450405137 Efektivitas Metode Diskusi Kelompok untuk Mengurangi Sikap Negatif Masyarakat terhadap ODHA di Desa Kertayasa Kecamatan Mandiraja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google