Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CAHYO SUKARNO, 3352404558 Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Lahan Terhadap Pendapatan Petani di Kabupaten Demak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CAHYO SUKARNO, 3352404558 Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Lahan Terhadap Pendapatan Petani di Kabupaten Demak."— Transcript presentasi:

1 CAHYO SUKARNO, Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Lahan Terhadap Pendapatan Petani di Kabupaten Demak

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : CAHYO SUKARNO - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - cayoo_soul pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra.Murwatiningsih, MM - PEMBIMBING 2 : Prof.Dr.Rusdarti, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Lahan Terhadap Pendapatan Petani di Kabupaten Demak

4 Abstrak Pembangunan pertanian sebagai bagian integral dari pembangunan nasional mempunyai peranan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional Disamping itu juga harus mampu menerapkan strategi yang tepat dalam menjalankan usahanya. Permasalahan penelitian ini adalah Seberapa besar pengaruh modal terhadap pendapatan petani jambu air varietas delima di Kabupaten Demak? Seberapa besar pengaruh tenaga kerja terhadap pendapatan petani jambu air varietas delima di Kabupaten Demak? Seberapa besar pengaruh lahan terhadap pendapatan petani jambu air varietas delima di Kabupaten Demak? Seberapa besar pengaruh modal, tenaga kerja dan lahan terhadap pendapatan petani jambu air varietas delima di Kabupaten Demak ? Populasi dalam penelitian ini adalah Petani Jambu Air di Kabupaten Demak sebesar dengan sampel sebanyak 100 responden dan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Modal, Tenaga kerja, lahan dan pendapatan. Metode pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi.. Analisis data yang digunakan yakni analisis regresi. Hasil uji pengaruh modal terhadap pendapatan dengan signifikansi 0,000 artinya terdapat pengaruh modal terhadap pendapatan dengan kontribusi sebesar 42%. Hasil uji pengaruh tenaga kerja terhadap pendapatan dengan signifikansi 0,000 yang artinya terdapat pengaruh antara tenaga kerja terhadap pendapatan dengan kontribusi 20,34%. Hasil uji pengaruh lahan terhadap pendapatan dengan signifikansi 0,006 dan kontribusi sebesar 7,56% yang artinya ada pengaruh lahan terhadap pendapatan Petani jambu diharapkan lebih mengelola modal, tenaga kerja dan lahan secara proporsional untuk meningkatkan pendapatannya agar mampu mengelola usaha tani dengan baik.

5 Kata Kunci Modal, Biaya Tenaga Kerja, Lahan, Pendapatan petani

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dinas Pertanian, Kabupaten Demak. Dewi sahara, Dahya dan Amiruddin sya Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keuntungan Usahatani kakao di sulawesi tenggara. Sulawesi Tenggara: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Dewi sahara, Yusuf dan Sahardi Pengaruh faktor produksi pada usahatani lada Di sulawesi tenggara. Sulawesi Tenggara: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Herlambang dkk Teori, Analisis, Dan Kebijakan Ekonomi Makro.Jakata: Gramedia. Ida Ayu Putu Parwati Pendapatan Dan Faktor-Faktor YangMempengaruhi Produksi Usaha Ternak Kambing Dengan Laserpunktur. Bali : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Undip. Made Ratnada, Bambang L, dan Ujang S Balai Kontribusi perbaikan teknologi budidaya sayur- Sayuran terhadap pendapatan petani Lahan kering di kabupaten ende. Nusa Tenggara Timur: Jurnal Pengkajian Teknologi Pertanian. Mulyadi Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE. Nahriyanti Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Jagung. Jurnal Zootek, vol. 10. Simamora, Henry Akuntansi manajemen. Jakarta: Salemba Empat. Siswanto Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif Dan Operasional. Bandung: Bumi Aksara. Soekartawi, Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Produksi Cobb-Douglas. Jakarta: Rajawali. Soekartawi, Analisis Usahatani. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

7 Terima Kasih


Download ppt "CAHYO SUKARNO, 3352404558 Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Lahan Terhadap Pendapatan Petani di Kabupaten Demak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google